You are here
Home > INFO & TIPS > Travelling atau Traveling? Benar yang Mana? Perbedaannya Apa Sih?

Travelling atau Traveling? Benar yang Mana? Perbedaannya Apa Sih?

Kamu suka buat tulisan dengan kata travelling? atau buat hashtag di sosial media dengan kata #traveling. Eh, kok seperti berbeda sih? bagaimana tepatnya kamu mengeja kata ini?

Dua kata Travelling (dua L) dan Traveling (satu L) kadang membuat kita sedikit kebingungan, harus menggunakan yang mana? Apakah mereka adalah kata yang sama? atau berbeda? artinya sama atau tidak? atau fungsi pada kalimatnya yang membedakan? atau apanya?


Tulisan kali ini, kita akan sedikit membahas tentang semua pertanyaan itu, sehingga kamu tidak akan bertanya-tanya lagi atau menebak-nebak sendiri yang benar itu #travelling atau #traveling

More: Alasan kenapa harus menyelami indahnya bawah laut Indonesia


Perbedaan Travelling dan Traveling.

“Travelling and Traveling are both verb, obviously. To travel is to go from one place to another, as on a trip or journey”

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan arti sama sekali antara Travelling dan Traveling. Penggunaannya pada kalimatpun bisa saling bergantian. Tidak Berbeda.

Faktanya, perbedaan keduanya itu terletak pada dialeknya. Tidak ada perbedaan antara sense atau fungsinya, arti dari keduanyapun dapat digunakan secara bergantian.

Kapan harus menggunakan kata Travelling?

Meskipun berbedaan yang mendasar antara travelling dan traveling itu hanya berdasarkan dialek saja, tetapi kita akan tetap menjelaskan lebih dalam kenapa keduanya menjadi berbeda, dan kapan harusnya menggunakan travelling, dan kapan menggunakan traveling.

Travelling (dengan dua L) adalah ejaan yang lebih disukai di Inggris British atau United Kingdom dan lebih sering digunakan dari pada traveling (satu L). Grafik dibawah ini menujukan penggunakan enaajn Travelling dan Traveling (presentase dari semua kata yang digunakan) dalam buku-buku, jurnal, dan majalah yang menggunakan bahasa Inggris UK dari tahun 1880-2008.

Seperti yang terlihat di atas, Travelling (dengan dua L) mendominasi ejaan yang dipakai di Inggris UK, dengan perbadingan sekitar 4:1

Sekarang, kita lihat grafik dari Travelling dan Traveling pda periode waktu yang sama di sumber media cetak di Amerika, Hasilnya benar-benar terbalik.

.

Disinilah mulai terlihat perbedaan besar dalam penggunaan travelling dan traveling. Travelling lebih sering digunakan pada ejaan untuk audiens Inggris British, sedangkan Traveling untuk audiens Inggris Amerika.

Kapan harus menggunakan Traveling?

Seperti bisa kita lihat pada grafik di atas, traveling (dengan satu L) adalah ejaan yang lebih disukai dan sering digunakan pada ejaan dalam bahasa Inggris Amerika.

Telah dibahas bahwa alasan untuk popularitas, Amerika banyak menyingkat ejaan pada beberapa kata yang diambil dari bahasa Inggris UK, seperti Cancelled, menjadi Canceled.

Terlihat dari banyaknya ejaan yang “dipendekan” oleh Amerika pada kamus di tahun 1898. Amerika berusaha untuk menyederhanakan banyak ejaan Inggris yang dilihat sebagai sesuatu yang tidak perlu. Di sinilah mulai terlihat perbedaan antara Inggris UK dan Inggris USA. Seperti kata Colour menjadi color.

Intinya, jika kamu menulis dengan target orang Amerika, gunakanlah Traveling dengan menggunakan satu L saja.

Ingatlah Perbedaan antara Travelling dan Traveling

Salah satu cara gampang untuk mengetahui perbedaan dua kata ini adalah bila ejaannya lebih panjang biasanya adalah Inggris UK, kalau lebih pendek bisa jadi itu dari Inggris USA. Seperti Colour, itu ejaan Bahasa Inggris UK sedangkan Kalau Bahasa Inggris USA menggunakan color.

Hal ini juga berguna untuk membuat perbedaan antara travelling vs traveling, atau travelled vs traveled.

Kesimpulannya begini:

Jadi, apakah yang benar antara Travelling dan Traveling? Itu semua tegantung gaya mana yang ingin anda buat dan kepada siapa anda akan menyampaikannya.

Travelling: adalah ejaan yang disukai dan dipakai di Bahasa Inggris UK atau British.

Traveling: adalah ejaan yang disukai dan dipakai di bahasa Inggris USA atau Amerika.

Apakah kamu akan menggunakan travelling atau traveling, travelled atau traveled, preferensi yang sama sebenarnya masih berlaku.

 

Sumber: Writingexplained.org

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments