You are here
Home > INFO & TIPS > Tips Nyaman, Liburan Aman dengan Mobil Rental Buat Kamu

Tips Nyaman, Liburan Aman dengan Mobil Rental Buat Kamu

Berlibur ke kota atau destinasi wisata lain tentunya menyenangkan. Banyak hal yang harus kita persiapkan agar liburan kita bisa asik, disamping pemilihan objek wisata, restoran, dan hotel, pemilihan lokal transportasi juga penting peranannya.

Dari berbagai macam jenisnya, rental mobil memang bisa menjadi pilihan kalau liburanmu mau yang aman dan nyaman bersama keluarga.

Rent is Too Damn High Car Jimmy McMillan
https://www.flickr.com/photos/shankbone/

Memilih dan memutuskan untuk menyewa mobil memang gampang-gampang gak gampang. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatiin, biar liburanmu bisa keren.

Nah, berikut, kita kita bakal ngasih tips memilih mobil rental ketika liburan agar perjalananmu lancar, nyaman, dan yang terpenting adalah aman dari kang Karman Mustakim, sang Direktur Smart Driving Institute, semoga berguna.

Pertama, pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan itinerary kegiatan wisatamu dan kantongmu. Liburan ke Bromo dan city tour di Denpasar tentunya berbeda jenis mobilnya, dan selalu sesuaikan dengan bujet kamu. 🙂

A Soviet copy of the 1957 Chevy
https://www.flickr.com/photos/jurvetson/

Kedua, lakukan perbandingan dengan beberapa usaha rental. Walaupun kemungkinan harga sewanya relatif sama, tetapi fasilitas dan pelayanan tambahannya bisa beda-beda. Contohnya:

a. Batas waktu pemakaian, rental yang satu mungkin akan mengenakan biaya tambahan ketika terlambat mengembalikan, sementara yang lainnya menganggap itu sebagai toleransi.

rental mobil bandung
https://www.flickr.com/photos/mcbr/

b. Batas waktu pengembalian kendaraan yang fleksibel, jadi, tidak akan memaksa anda memacu kendaraan secepat mungkin, menhindari penalti atau biaya tambahan, ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ducky at Nurburg
https://www.flickr.com/photos/ajoh198/

c.  Apakah rental mobil menyediakan penggantian mobil jika tiba tiba mobil yang kamu sewa mogok atau bermasalah di jalan.

Ocean Drive Sea Kayak Jeep
https://www.flickr.com/photos/chrisgold/

d. Apakah ada tambahan fasilitas lain, seperti GPS, bonus bahan bakar, atau tambahan lainnya.

日産レンタカー
https://www.flickr.com/photos/alberth2/

Kemudian, Pastikan surat-surat kendaraan yang kamu sewa lengkap dan tidak bermasalah agar perjalananmu tidak terganggu kalau ada pemeriksaan di jalan.

 

Selanjutnya, tidak ada salahnya menanyakan jenis asuransi ke pihak penyewa, jenis asuransi yang meng-cover mobil itu, apakah all-risk? yang berarti semua jenis kerusakan ditanggung asuransi, jadi kamu tinggal bayar own-risk, atau jenis asuransi TLO atau total loss only yaitu asiransi akan bertanggung jawab kalau ,obil hilang, atau mobil mengalami kerusakan dengan total 80%. #ribetnya

2012 Toyota Avanza On Tow In Malacca
https://www.flickr.com/photos/thienzieyung/

Ceklah kelengkapan standar berupa tools kit dan emergency kit. Perlengkapan standar seperti P3K, segitiga pengaman, dongkrak, kunci-kunci, termasuk kunci roda, obeng tang, dan sebagainya, termasuk ban cadangan. 

Steampunk Tools 2
https://www.flickr.com/photos/felishumanus/

 

Lakukan pengecekan sendiri pada fisik mobil, periksalah kondisi ban, apakah ketebalannya masih bagus? Ingat, kalau terjadi kecelakaan karena ban gundul, tanggung jawab tetap di kamu loh.

travel time
https://www.flickr.com/photos/skynoir/

Cek juga bagian bagian mobil, seperti lecet, goresan, atau kerusakan komponen lain yang bisa menjadi alasan pihak rental membebankan ganti rugi ke kamu, zonk kan?

[366 - day 35] - Car Wash
https://www.flickr.com/photos/jimsef/

Mintalah petugas rental melakukan pengecekan ulang terhadap beberapa hal, sepeti kondisi oli mesin, oli rem, pelumas, cairan pendingin radiator dan lainnya, dampingi petugasnya selama dia lagi ngecek mobil, biar ga tipu tipu.

gantioli
https://www.flickr.com/photos/

Lakukan uji coba atau test drive untuk mengetahui persis kinerja mobil, mulai dari rem, handling mobil. Bila kamu ngerasa ada sesuatu yang aneh atau kurang berkenan, jangan segan untuk melakukan penmintaan untuk mengganti unit mobil yang akan kamu sewa.

Travel
https://www.flickr.com/photos/aigle_dore/

Terakhir, kalau kamu sekalian mau sewa dengan sopirnya, pastikan juga tentang biaya tambahan yang akan dikenakan, seperti makan, tips, dan sebagainya. Tantang sopirnya, kalau rentalnya bagus, biasanya sopir-sopirnya juga berkompeten.

Travel
https://www.flickr.com/photos/aigle_dore/

 

Sudah jelas belum? langsung dicoba saja yah… Selamat berlibur.

 

Sebagian sumber dari Majalah Lionmag, Oktober 2011.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments