You are here
Home > NULIS NULIS > Tanpa Sadar, ada 10 Alasan Kamu Ingin Melakukan Kegiatan Wisata. Mana Alasanmu?

Tanpa Sadar, ada 10 Alasan Kamu Ingin Melakukan Kegiatan Wisata. Mana Alasanmu?

Awal ketika ingin melakukan perjalan wisata, tentunya ada dorongan yang muncul. Dorongan dari dalam diri sendiri, dan ada banyak dorongan itu, mulai dari ingin melepaskan diri dari rutinitas keseharian, ingin bermain, berinteraksi dengan pacar, saudara, sampai ke dorongan untuk bisa belajar budaya orang lain.

Kalau kamu kuliah pariwisata pasti chapter ini ada di dalam kuliahmu, ketika membahas tentang wisatawan atau tourism behavior gitu, ya kurang lebih melihat perilaku wisatawan yang ada. Kenapa dipelajari? ya karena dengan tahu apa perilaku dari setiap wisatawan, dari sanalah para pengembang destinasi wisata, pelaku industri pariwisata atau siapa saja yang bergerak di bidang kepariwisataan bisa mengambil langkah strategi untuk jadi acuan kedepannya. Ini kebanyakan adalah mata kuliah wajib, SKS-nyapun kadang besar 🙂

Banyak kajian dari dari fenomena wisatawan ini, karena pada prinsipnya setia kepala wisatawan mempunyai faktor pendorong sendiri, dari yang standar-standar saja, sampai ke yang tidak berstandar, unik, lucu, dan kadang anarkis.

Berbagai faktor pendorong seseorang melakukan perjalanan wisata menurut Ryan (1991) dalam Pitana (2005) secara garis besar pengelompokannya bisa kita lihat berikut ini. *Wuish, kayak mau nulis skripsi aja nih formatnya*

1. Escape: aktivitas ini disebabkan keinginanmu melepaskan diri dari lingkungan yang dirasakan membosankan, atau kejenuhan dari pekerjaan, kuliah, ataupun rutinitas harian.

Karimun Jawa
Bersabda.com

2. Relaxtion: keinginanmu ini untuk melakukan penyegaran fisik hati, dan fikiran, yang juga berhubungan dengan motivasi untuk escape di atas.

Karimun jawa
Bersabda.com

3. Play: keinginanmu untuk menikmati kegembiraan, melalui berbagai permainan, yang merupakan kemunculan kembali sifat kekanak-kanakan, dan melepaskan diri sejenak dari berbagai urusan yang ciyus.

Karimun jawa
bersabda.com

4. Strengthening family bond: keinginanmu untuk mempererat hubungan kekerabatan, khususnya dalam konteks (visiting, friends and relatives). Biasanya wisata ini dilakukan bersama-sama (Group tour)

Makan makan
bersabda.com

5. Prestige: keinginanmu menunjukkan gengsi (baca: sombong), dengan mengunjungi destinasi yang menunjukkan kelas dan gaya hidup, yang juga merupakan dorongan untuk meningkatkan status atau Social Standing.

Singapura
bersabda.com

6. Social interaction: keinginanmu untuk melakukan interaksi sosial dengan teman sejawat, atau dengan masyarakat lokal yang dikunjungi.

Karimun jawa
Bersabda.com

7. Romance: keinginanmu untuk bertemu dengan orang-orang yang bisa memberikan suasana romantis atau untuk memenuhi kebutuhan seksual.

Candi Ijo
Bersabda.com

8. Educational opportunity: keinginanmu untuk melihat suatu yang baru, memperlajari orang lain dan/atau daerah lain atau mengetahui kebudayaan etnis lain. Ini merupakan pendorong dominan dalam pariwisata.

Kotagede
Bersabda.com

9. Self-fulfilment: keinginanmu untuk menemukan diri sendiri, karena diri sendiri biasanya bisa ditemukan pada saat kita menemukan daerah atau orang yang baru.

Karimun Jawa
Bersabda.com

10. Wish-fulfilment: keinginanmu untuk merealisasikan mimpi-mimpi, yang lama dicita-citakan, sampai mengorbankan diri dalam bentuk penghematan, agar bisa melakukan perjalanan. Hal ini juga sangat jelas dalam perjalanan wisata religius, diving di Raja Ampat, Wakatobi, atau Karimun Jawa, sebagai bagian dari keinginan atau dorongan yang kuat dari dalam diri.

Karimun Jawa
Bersabda.com

 

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments