You are here
Home > INFO & TIPS > Pengen Liburan Tapi Tidak Punya Waktu Banyak, Staycation atau Holistay Saja Bray

Pengen Liburan Tapi Tidak Punya Waktu Banyak, Staycation atau Holistay Saja Bray

Liburan, telah bagian penting banget jaman sekarang, kamu tidak akan tahan kerja terus atau kuliah terus tanpa liburan. Ya kecuali kamu anaknya freak gitu.

Tapi masalahnya pergi liburan itu gak segampang itu bung, waktu dan uang masalah terbesar semua umat manusia yang pengen liburan.

Tapi tetep pengen liburan? sekarang kami punya solusinya, *jeng jeng!

Staycation, ya istilah ini mungkin sudah sering kamu dengar, atau istilah satunya, holistay.

Apaan sih tuh? Staycation itu dari kata stay dan vacation, bisa diartikan berlibur di tempat yang sama dengan tmpat tinggalmu. Kan biasanya liburan harus ke luar kota, ke luar daerah atau ke luar negeri, nah ini kamu bisa liburan hanya di kota sendiri.

Sama juga dengan holistay, yakni liburan di daerah atau tempat kamu saja, gak usah jauh jauh.

Pertama ini akan menghemat waktu, karena tidak butuh perjalanan jauh, dan kedua tentunya menghemat uang, karena pergi tidak jauh.

Muncul sih pertama kali di Amerika, kala Amerika mengalami krisis keuangan, tetapi masyarakatnya tetap ingin berwisata, nah, munculah ide staycation atau holistay ini.

Tetap masuk ke konsep berwisata.

Free-Photos / Pixabay

Konsep berwisata yang harus kita pahami adalah, bahwa berwisata itu sebuah kegiatan yang dilakukan manusia dengan senang ke sesuatu yang berbeda. Nah, berbeda disini bisa tentang tempat yang berbeda, waktu yang berbeda, atau kegiatan yang berbeda.

Asal kamu bisa keluar dari konsep yang berbeda, kamu sudah berwisata. Kamu biasanya bekerja, kemudian keluar dari kebiasaan itu untuk santai santai di hotel, itu suday staycation, walau di kota yang sama.

Kamu biasanya kuliah, kemudian kamu melakukan kegiatan yang berbeda, bersepeda, keluar mencoba kuliner, lari pagi di tempat keren di tempatmu, kamu sudah holistay.

Masuk ke dalam wisata yang cerdas.

kegiatan berwisata tumbuh berbanding lurus dengan dampak negatifnya. Karena perpindahan dari perjalanan manusia yang berwisata membuat dampak negatif selalu muncul.

Dengan mengurangi perpindahanmu, memanfaatkan sesuatu yang dekat dari tempatmu, ini bagian dari kampanye smart tourism, yang dampaknya bisa besar terhadap lingkungan dan ekonomi.

Kegiatannya apa saja?

Kamu bisa menginap di hotel yang ada di kotamu, cari di online travel agent, short by the lowest price kalau mau, bisa deh menginap semalam sama sarapan pagi di hotel, kamu sudah keluar dari kebiasaan di rumah, dan menikmati mini liburan.

Kalau menginap terlalu ribet juga, kamu bisa sekedar berenang di kolam renang yang ada di rooftop hotel, sembari menikmati jus buah segar, sambil bersantai ria.

Atau kamu bisa mengambil sepedamu, pergi ke candi-candi atau atraksi keren di dekatmu, atau hunting foto di pasar tradisional, atau foto kota pas malam hari. Kamu sudah holistay.

Gak butuh waktu, dan tetap murah, dan kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan berwisatamu.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments