You are here
Home > JALAN JALAN > Pasar Paling Anti Mainstream di Indonesia ada di Tomohon, Sulawesi Utara. Kamu Berani?

Pasar Paling Anti Mainstream di Indonesia ada di Tomohon, Sulawesi Utara. Kamu Berani?

Pernah pergi ke pasar tradisional? Kalau kamu bukan dari kota metropolitan pasti sudah pernah, atau kalaupun kamu dari kota di kota besar dan anak yang sayang mama, pasti pernah sekali menemani ibu ke pasar tradisional.

Biasanya kalau anak muda pasti gengsi ke pasar tradisional, beceklah, bau ikan, panas, sumpek, dan sejuta alasan yang dibuat buat agak tidak jadi belanja ke pasar tradisional.

Masih ada keluhan lain kamu tentang pasar tradisional? Kalau sudah habis, kita akan mengenalkan ke kamu pasar paling ekstrim, setidaknya versi kami yang ada di Indonesia.

Pasti sudah pernah dengan Manado, atau Tomohon, salah satu kabupaten di Provinsi Sulut. Pasar terekstrim menurut kami ini, ada di Tomohon. Berani lihat? kita akan kasih beberapa foto kegiatan di Pasar Tomohon buat kamu yang berani. Kalau tidak, mending balik kanan aja. 🙂

Tidak ada maksud apapun dari penulisan artikel ini koq, hanya ingin menampilkan realitas budaya yang ada di Indonesia, masalah itu tidak sesuai dengan pandangan kamu, itu hak tiap orang. Tapi kalau kamu berani, kamu bisa datang langsung ke Tomohon, dan nikmatilah dari sudut pandang yang lain.

CNN Travel bahkan sempat mendokumentasikan kegiatan di pasar ini, mulai dari ketika berbutu tikus di hutan sampai dibawa kepasar, liat disini deh. klik

Sama seperti pasar tradisional lainnya, yang tentunya barang yang dijual didalamnya adalah hasil komoditi dan kebutuhan masyarakat setempat.

Pertama, jual cabe nih, pasti pedas banget, ekstrim sekali loh ini.

Mhhhh, sabar ini masih pengantar, awalnya semuanya seperti biasa saja sih sebenarnya di pasar ini. 🙂

Chili und Gewürze
Pasar Tomohon. Source: https://www.flickr.com/photos/bartholomae/10951381374

Selanjutnya, Paniki. Apa itu paniki? yaps, seperti yang ada di gambar.

Paniki adalah kelelawar, yang besar, dan di Tomohon, ini dikonsumsi oleh masyarakat, dan cukup favorit. Setelah sayapnya dihilangkan, sepintas seperti tikus ya. Biasanya dimasak pedas ala Tomohon.

Paniki bisa menjadi kuliner khas, asal diolah dengan benar, rasanya bikin lupa makanan yang lain.

Batmans Kinder
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Fledermaus
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/

Apa lagi yang kira kira ada dijual di pasar ini? yuks liat ular besar yang satu ini.

Sulawesi memang terkenal dengan populasi ular python-nya, tak heran di pasar ini menjualnya.

Dagingnya bisa dimasak, putih, kenyal. Kulitnya dijual untuk barang kerajinan.

Python
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Python
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/

Kamu masih sanggup untuk lanjut? Kalau masih kita jelajahi lebih dalam pasar ini.

Refreshing dikit. Jualan ikan aja sih ini, ikannya juga ikan laut biasa saja, ekstrimnya dimana? gak ada kok.

Frischfisch
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/

Lanjut, ada jual tikus bakar. Mhhh, rasanya bagaimana ya? 🙁

Tikus ini bukan tikus rumah atau yang di selokan kok. Tikus yang dijual adalah hasil tangkapan di kebun, hutan, atau sawah.

Makanan ini cukup favorit, rasanya yang gurih dan berminyak, di colo ke dabu-dabu saja sudah enak.

Baumratte
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Meat Market - Tomohon, North Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/axelrd/

Bagaimana? masih sanggup lanjut lagi kan? lihat yang lainnya.

Karena mayoritas warga tomohon adalah mayoritas Nasrani, jadi Babi sangat lumrah di sini. Bisa babi biasa, kadang ada babi hutan juga.

Babi biasanya disembelih di tempat, agar fresh.

Fleischabteilung
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Schweinefleisch
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/

Sebenarnya nggak akan menampilkan gambar ini, tapi, ya sudahlah.

Calon RW a.k.a Rinte Wuuk. IYKWIM.

Meat Market - Tomohon, North Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/axelrd/
Meat Market - Tomohon, North Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/axelrd/
Meat Market - Tomohon, North Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/axelrd/

Masih sanggup? keliling pasar lagi yuk.

Kalau kita berkeliling sampai ke belakang, masih banyak kegiatan penjagalan hewan di depan mata. Bagi kamu yang tidak kuat mental lebih baik berpaling saja.

Kalau di beberapa waktu kadang biawak bisa ada diperjual-belikan juga.

Toter Hund
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Tomohon Market, Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/tokyofoodcast/
silent dogs
https://www.flickr.com/photos/zadoc/
Hundestand
https://www.flickr.com/photos/zadoc/
Hundeschlachtbank
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
Fledermaus
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/
bat - dead
Kelelawar
Meat Market - Tomohon, North Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/bartholomae/

Pulang Yuk kak, adek sudah tidak kuat lagi. 🙁

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

4 thoughts on “Pasar Paling Anti Mainstream di Indonesia ada di Tomohon, Sulawesi Utara. Kamu Berani?

  1. Pingback: Google

Leave a Reply

Top