You are here
Home > JALAN JALAN > Pantai Ngobaran Yogyakarta, Akulturasi Hindu, Islam, dan Kejawan.

Pantai Ngobaran Yogyakarta, Akulturasi Hindu, Islam, dan Kejawan.

Pantai Ngobaran itu apaan sih?

Nggak seterkenal Pantai Parangtritis, Baron, Krakal, Indrayanti atau Wediombo, tetapi pantai ini masuk ke jajaran pantai yang wajib dikunjungi ketika kamu maen ke Gunung Kidul. Akulturasi budaya antara Hindhu, Islam dan Kejawan bersanding indah di pantai ini yang menjadikan daya tariknya berbeda dengan pantai manapun di Yogyakarta.

Ngobaran beach gunung kidul
https://www.flickr.com/photos/73064996@N08/

Apa yang ada di pantai Ngobaran?

Karya dari fikiran dan aktifitas budaya yang mengalir di kehidupan di pantai ini menghasilkan karya bangunan yang unik. Kita akan sekejap seperti berada di pulai dewata Bali. Ada pura yang berdiri kokoh di atas karang, menghadap langsung ke kerasnya laut lepas selatan Jawa.

Batu karang khas pantai selatan jawa, deburan ombak yang deras, warna hijau di pantai ketika air surut, dan keunikan budayanya yang membuat Ngobaran layak dikunjungi.

Welcome
https://www.flickr.com/photos/hardi_wb/

Dimana tuh pantai Ngobaran?

Terletak di Kabupaten Gunungkidul pastinya, berada di bibir gugusan pegunungan seribu, berada di antara pantai parangtritis dan baron, berdekatan dengan pantai Ngrenehan. Dari Jogja kurang lebih 60an km, tepatnya di Desa Kanigoro, Saptosari. Arah di Google Maps-nya bisa lihat di sini.

Bagaimana sampai ke sana?

Kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi, bisa motor dan mobil, dan akan tambah lama kalau musim liburan atau akhir pekan. Rutenya rada membingungkan, karena jalannnya agak “rock n roll” gila abis gitu, bisa cek disindang deh kalau mau jelas.

Bayarnya di TPR alias Tempat Pembayaran, Pemungutan, atau Pemalakan Retribusi, murah koq pastinya, dan bayar parkirnya, gak lebih dari 20.000 kalau motor, dan berdua.

Statues
https://www.flickr.com/photos/hkyo79/

 

Kapan enaknya bisa maen ke Pantai Ngobaran?

Kalau mau ngerasain sepinya sih enaknya bukan ketika weekend atau liburan. Tapi ada kadang malah ngerasa anoying kalau sepi banget, ya udah, maen pas akhir pekan saja. Karena jaraknya rada jauh, ya kurang lebih 2 ja, itupun kalau nggak pake nyasar, dari Jogja jam agak siang, sampai mataharinya terbenam asik banget tuh.

Tapi jangan gelap baru pulang, jalannya kan jauh, gelap, dan berkelok kelok, untuk mengantisipasi aja, pulanglah ketika masih terang, apalagi cuma sendiri.

Hop and Jump
https://www.flickr.com/photos/abramgalih/

 

Dengan siapa aja enaknya kalau maen ke Pantai ini?

Dengan teman, pacar, atau saudara juga keren bisa maen ke sini, warung yang jualan makanan juga ada kalau kamu pengen makan. Kalau dengan pacar, cobalah naik ke atas karang tempat petilasan, dan kamu akan melihat pemandangan seperti foto di bawah ini.

Kalau ama temen dan saudara, langsung ke bawah saja untuk main air dan foto-foto pastinya bakal seru.

Apa kegiatan yang bisa dilakukan?

Pertama tentunya maen ke Pura-nya, foto foto dengan backgroun laut selatan tentunya bisa untuk pamer di sosial media dan kamu bakal eksis seketika.

Kedua, bisa turun dari Pura ke karang di bawah, ada tangganya koq, trus melihat petilasan tempat bertapanya Brawijaya V (Kalau gak salah)

Ketiga, naik ke atas karang, tempat tertingginya, dan lihatlah pantai dari atas, gak kalah ama Uluwatu di Bali deh,

Keempat, bisa turun ke bawah, ke pantai dengan pasir putihnya, main air, dan tentunya foto foto lagi, tapi jangan terlalu ke tengah ya, ini pantai selatan, rada gak asik, Kelima, kamu bisamenikmati sunset dari tulisan PANTAI NGOBARAN, duduk di bibir karang, tentunya romantis, terakhir, kamu bisa beli makan dan minum.

 

Semoga berguna, dan selamat berjalan jalan.

 

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments