You are here
Home > NULIS NULIS > Makna Brand Pariwisata Indonesia. Mahasiswa Pariwisata Wajib Tahu.

Makna Brand Pariwisata Indonesia. Mahasiswa Pariwisata Wajib Tahu.

Setelah kemarin kita membagi info tentang bagaimana seharusnya kalian menggunakan brand pariwisata Indonesia, dan banyak yang malah gagal fokus, tanya tentang maknanya, kenapa harus warna itu? kenapa modelnya begitu? koq ada wonderful Indonesia, ada pesona Indonesia, bedanya dimana? dan lain banyak lagi.

Kali ini kita akan berbagi lagi tentang makna dari brand pariwisata kita, apa bedanya wonderful dan pesona Indonesia dalam penggunaanya, philosofi warna, sampai komunikasi dalam penggunaan brand.

Brand Preposisi.

1
World of Wonderful.


Wonderful atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Kata “Wonderful” atau “Pesona” mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan. Intinya keren banget deh.

Indonesia percaya bahwa dunia akan men-jadi tempat yang lebih baik ketika semua orang memiliki kesempatan untuk menikmati “World of Wonderful

Logo.

2
Logo.

Wonderful dan Pesona Indonesia memiliki logogram yang sama.

Perbedaan logo antara Wonderful Indonesia dan Pesona indonesia hanya terletak pada wordmark saja.

Makna Logo.

Makna Logo. Sumber. Sumber: http://media.nationalgeographic.co.id/daily/640/0/201601042042805

Burung yang suka berkelompok melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung juga satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan menjadi lambang bangsa. Rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintas batas. Sifatnya semesta, dikenali oleh semua.

Tulisan “Indonesia” berwarna hitam yang lebih besar daripada “Wonderful” atau “Pesona” mengedepankan dan memperkuat Indonesia diantara persaingan pariwisata internasional.

Philosofi warna dalam logo.

2
The Wonder.


Lambang burung dengan lima warna bulu yang berbeda, yang masing-masing warnanya mewakili makna sebagai berikut :

Hijau : Kreativitas, Ramah kepada Alam dan Keselarasan.

Ungu : Daya Imajinasi, Keimanan, Kesatuan Lahir dan Batin.

Jingga : Inovasi, Semangat Pembaruan, dan Keterbukaan.

Biru : Kesemestaan, Kedamaian, dan Keteguhan.

Magenta : Keseimbangan, Akal Sehat, dan Sifat Praktis

Penggunaan Komunikasi Brand Pariwisata.

Brand kita direpresentasikan oleh dua alternatif wordmark, ‘Pesona Indonesia’ dan ‘Wonderful Indonesia’. Keputusan pemilihan wordmark yang akan digunakan dalam komunikasi merupakan hal yang sangat penting.

3
Komunikasi Brand.

Sebagai aturan umum, ‘Pesona Indonesia’ terutama digunakan pada media domestik yang ditujukan kepada audiens domestik, sedangkan ‘Wonderful Indonesia’ digunakan pada media internasional yang ditujukan kepada audiens internasional.

4
Komunikasi Brand.

Aturan penggunaan yang lebih komprehensif dapat dilihat di bawah ini, dengan panduan visual di sebelah kanannya.

  1. Kedua wordmark tidak boleh digunakan secara bersamaan, kecuali dalam kondisi khusus, seperti building wrap dan city branding. Apabila ditemukan kondisi khusus, mohon mendapatkan ijin terlebih dahulu sebelum penerapan.
  2. Untuk pasar internasional, menggunakan media umum atau media internasional, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’, meskipun audiens utama adalah warga Indonesia. (Skenario A)
  3. Untuk pasar domestik, menggunakan media umum atau media domestik, dan ditujukan terutama kepada audiens Indonesia, selalu gunakan ‘Pesona Indonesia’. (Skenario B)
  4. Untuk pasar domestik, menggunakan media umum atau media internasional, dan ditujukan terutama kepada audiens internasional, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’ (Skenario C)
  5. Untuk pasar domestik, menggunakan media apapun, dan ditujukan kepada audiens Indonesia dan audiens internasional secara seimbang, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’. (Skenario D)

 

Sumber: Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments