You are here
Home > RESEARCH > Mahasiswa Pariwisata Harus Tahu Tentang Rangking Pariwisata Indonesia Ini.

Mahasiswa Pariwisata Harus Tahu Tentang Rangking Pariwisata Indonesia Ini.

Bali Statue
Bali. Source: https://www.flickr.com/photos/erikveland/439290249/

Indonesia adalah negara yang dianugerahi kenindahan alam dan keragaman budaya. Membuat negara ini memiliki potensi pariwisata yang besar.

Kepariwisataan di Indonesia setiap tahun berkembang cukup pesat. Keseriusan pemerintah dalam membangun sektor pariwisata memang terasa. Ada 10 destinasi nasional yang dicanangkan Kementrian Pariwisata. Setiap daerah juga berlomba-lomba menjadikan daerahnya sebagai tujuan wisata.

Tetapi jika melihat data, kok pariwisata Indonesia masih belum bisa maksimal seperti negara tetangga sih? sebut saja Singapura, Malaysia, atau Thailand, di beberapa bagian mereka lebih maju dari Indonesia.

Agar semakin jelas, kali ini kita akan ngasih data rangking pariwisata Indonesia di Asia.

Data ini dikeluarkan oleh WTTC (World Travel & Tourism Council) sebuah Orkanisasi kepariwisataan yang berdiri pada tahun 1990 di Inggris. Tujuan WTTC adalah bekerja sama dengan pemerintah untuk membuat strategi pengembangan ekonomi dan diprioritaskan kepada penciptaan sumber daya manusia di bidang pariwisata, pengembangan teknologi, pengembangan akses untuk capital resources (sumber-sumber keuangan) dan tourism demand (Sumber: Kanalwisata.com)

More: free download data kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2016.

Data ditampilkan dalam tabel, me-rangking negara-negara di Asia. Ada empat bagian di sini, yakni Kontribusi travel dan pariwisata secara langsung, Kontribusi travel dan pariwisata secara tidak langsung, tabel pertumbuhan real pariwisata Indonesia, dan pertumbuhan jangka panjang pariwisata di Indonesia tahun 2017-2027.

Di setiap bagian ada 3 aspek yang diukur, yaitu kontribusi travel dan pariwisara langsung dan total bagi GDP. Kontribusi langsung dan total bagi pekerjaan, dan kontribusi bagi investasi dan ekspor. Ada yang dalam angka finansial dan pertumbuhan dalam persen.

Tabel menyajikan negara-negara di Asia, menampilkan rata-rata dunia, dan rata-rata untuk asia tenggara, dan posisi Indonesia untuk setiap kategori tabel yang disajikan.

COUNTRY RANKINGS: ABSOLUTE CONTRIBUTION 2016.

Rangking Kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan total-nya bagi GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto.

1
Source: WTTC.

Secara langsung bagi GDP, Indonesia ada di posisi 22 Asia. Mendapat 17.0 US$bn, dibawah rata-rata dunia 19.1 US$bn, teteapi berada di atas rata-rata ASEAN yakni 12.0 US$bn.

Secara total, Indonesia berada si posisi 22 Asia juga, berada di angka 57 US$bn, berada tipis di atas rata-rata dunia yaitu 57.3 US$bn, dab berada juga di atas rata-rata ASEAN.

Rangking kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan totalnya terhadap pekerjaan.

2
Source: WTTC.

Secara langsung terhadap pekerjaan, Indonesia ada di peringkat 10 Asia. Memberi sumbangsih 19.442.000 tenaga kerja, berada di atas rata-rata dunia 11.156.000, dan berada di atas rata-rata ASEAN.

Secara total bagi pekerjaan, Indonesia di posisi 7 Asia, dengan 67.086.000 pekerjaan. Berada di atas rata-rata dunia 21.529.000 dan juga di atas rata-rata ASEAN.

Kontribusi Travel dan Pariwisata terhadap Investasi dan Ekspor.

3
Source: WTTC.

Kontribusi Travel dan pariwisata terhadap investasi do Indonesia da di angka 13.6 US$bn, menjadikan Indonesia di posisi 14 Asia, tertinggi di ASEAN. Berada di atas rata-rata ASEAN 4.9 US$bn, dan dunia 4.4 US$bn.

Kontribusi terhadap ekspor ada di angka 13.00 US$bn, posisi 28, di atas rata-rata ASEAn dan dunia.

COUNTRY RANKINGS: RELATIVE CONTRIBUTION 2016.

Rangking Kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan total-nya bagi GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto.

4
Source: WTTC.

Kontribusi terhadap GDP secara relative, Indonesia ada di posisi 161 Asia, dengan 1.8% sharing. Berada di bawah ASEAN di 4.7%, dunia 3.1% dan berada di bawah kebanyakan negara-negara ASEAN.

Kontribusi total GDP secara relative, Indonesia di peringkat 144 dengan 6.2% sharing. Berada di bawah rata-rata ASEAN 11.8%, dan dunia 10.2%. jauh di bawah Kamboja, Thailand, Philipina, dan Malaysia.

Rangking kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan totalnya terhadap pekerjaan.

5
Source: WTTC.

Kontribusi langsung travel dan pariwisata secara relative bagi pekerjaan di Indonesia berada di posisi 168 Asia dengan 1.6%. Berada di bawah dunia 3.6% dan ASEAN 3.6%. Berada jauh di abwah Kamboja di 11.4%.

Kontribusi total bagi pekerjaan secara relative, Indonesia ada di 5.6% di posisi 150 Asia. Di bawah ASEAN 9.7%, dan dunia 9.6%. Lagi-lagi di bawah kebanyakan negara ASEAN.

Kontribusi Travel dan Pariwisata bagi Total Capital Investment dan Ekspor.

6
Source: WTTC.

Kontribusi terhadap Total Capital Investment atau total pegeluaran bagi investasi, Indonesia di peringkat 106 dengan 4.4%. Berada di bawah rata-rata ASEAN 6.8% dan sama dengan rata-rata dunia.

Kontribusi terhadap ekspor di peringkat 104 dengan 7.6% di atas rata-rata dunia 6.6% dan di bawah ASEAN di 8.6%.

COUNTRY RANKINGS: REAL GROWTH CONTRIBUTION 2017.

Rangking Kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan total-nya bagi GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto 2017.

7
Source: WTTC.

Dari real growth contribution, bagi GDP direct Indonesia di peringkat 100 Asia dengan 4.3% pertumbuhan, bi bawah ASEAn 7.3% dan di atas Dunia 3.8%.

Kontribusi terhadap total GDP, Indonesia di peringkat 99 dengan 4.3% pertumbuhan. Berada di bawah ASEAN, di 6.9%, tetapi di atas dunia 3.6%.

Rangking kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan totalnya terhadap pekerjaan.

8
Source: WTTC.

Real growth contribution bagi pekerjaan secara langsung, Indonesia di peringkat 138 Asia, dengan 1.7% pertumbuhan. Sementara rata-rata ASEAN adalah 4.1% dan dunia 2.1%.

Kontribusi total bagi pekerjaan, pertumbuhan ada di 1.7% menjadikan Indonesi di peringkat 131 Asia, berada di bawah ASEAN 3.7% dan dunia 1.9%.

Kontribusi Travel dan Pariwisata terhadap Investasi dan Ekspor.

9
Source: WTTC.

Pertumbuhan Travel dan Pariwisata terhadap investasi di Indonesia ada di peringkat 112 Asia denga 2.9% pertumbuhan. Berada di bawah dunia 4.15 dan ASEAN 4.0%.

Kontribusi terhadap ekspor di angka 3.1% dengan peringkat 151 Asia. Di bawah ASEAN 8.5% dan Dunia 4.5%.

COUNTRY RANKINGS: LONG TERM GROWTH 2017-2027.

Rangking Kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan total-nya bagi GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto secara jangka panjang 2017-2027.

10
Source: WTTC.

Dampak langsung tehadap GDP secara jangka panjang, Indonesia ada di peringkat 41 Asia, di 5.6% berada bawah tipis rata-rata ASEAN 5.7%, tetapi berada di atas rata-rata dunia 4.0%.

Kontribusi total bagi GDP secara jangka panjang, Indonesia di peringkat 20 Asia, mengalami pertumbuhan 6.2%, berada di atas rata-rata ASEAN, 5.7% dan dunia 3.9%.

Rangking kontribusi Travel & Pariwisata secara langsung dan totalnya terhadap pekerjaan secara jangka panjang.

11
Source: WTTC.

Kontribusi langung jangka panjang bagi pekerjaan Indinesia ada di peringkat 92 Asia, dengan pertumbuhan 2.4%. Di bawah ASEAN dengan 2.4%, tetapi di atas dunia di 2.2%.

Total kontribusi bagi pekerjaan secara jangka panjang indonesia mengalami pertumbuhan 2.9% di peringkat 67 ASIA, berada tipis di bawah ASEAN di 3.0%, tetapi berada di atas rata-rata dunia 2.5%.

Kontribusi Travel dan Pariwisata bagi Total Capital Investment dan Ekspor secara jangka panjang.

12
Source: WTTC.

Kontribusi kepada total capital investment secara jangka panjang, Indonesia ada di peringkat 16 ASIA dengan 6.6% lumayan tertinggi di ASEAN yang memiliki rata-rata 5.6%. Rata-rata dunia di 4.5%.

Kontribusi bagi ekspor secara jangka panjang, Indonesia di peringkat 32 Asia dengan pertumbuhan 6.5% berada di atas rata-rata ASEAN 6.2% dan dunia 6.2%.

NB: Jika kamu butuh data aslinya, kami bisa kirimkan via surel secara gratis (surel: lihat about me). Cuma, kemungkinannya tidak fast respon.

Sumber: WTTC.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments