You are here
Home > JALAN JALAN > Kenapa Sahabat adalah Bagian Terpenting dari Liburanmu yang Tak Akan Terlupakan.

Kenapa Sahabat adalah Bagian Terpenting dari Liburanmu yang Tak Akan Terlupakan.

“Liburan bukan tentang dimana dan kapan kamu lakuin, tetapi tentang dengan siapa kamu liburan”

Quotes di atas benar adanya, mau liburanmu ke Singapura, kalau itu dengan bos kantor atau orang yang gak kamu suka pasti Tidak akan seru.

Walau hanya naik mobil tua, patungan bensin, ke Pantai gak jauh dari rumah, kalau itu dilakukan bersama sahabat, kenangannya bisa menjadi kisah klasik untuk masa depan (kayak lagu aja ya?)

Baca juga: Inilah Hasil Riset Tren Foto Liburan Anak Hits Jaman Now Yang Harus Kamu Tahu.

friendship - IMG_3604
Photo: flickr.com

Sahabat, berjuta makna di sana, berjuta keindahan, quotes tentang sahabatpun banyak tertata rapi, sahabat adalah dia yang selalu ada.

Dari beberapa penelitian tentang apa yang membuat perjalanan wisata itu menyenangkan, indikator sahabat dari parameter teman seperjalanan yang ada di urutan teratas yang mempengaruhi indahnya liburan, selanjutnya baru objek wisata, waktu, dan terakhir adalah duit yang dikeluarkan.

So, kita bakal ngasih alasan, kenapa liburan bareng sahabat itu adalah faktor utama yang membuat liburanmu syahdu dan tak terlupakan. check this out.

1. Dengan sahabat semuanya akan terlewati dengan “gila”, karena awal kegialaan adalah sahabat.

“(Kamu + sahabat sahabatmu) x liburan = kurang waras”

 

True friends
Photo: flickr.com

Yups, rumus di atas sepertinya bisa kita anggap benar saja, setidaknya untuk kamu yang liburannya bareng sahabat. Kalau liburanmu dengan sahabatmu masih biasa biasa saja, statusisasi persahabatanmu harus dikaji ulang, karena siapa tau dia suka kamu. 😛

2. Sahabat mengajarkan bahwa liburan itu bukan tentang ego diri sendiri.

Friends
https://www.flickr.com/photos/zanthia/

Tema ini kurang lebih diadopsi oleh film 5cm, ketika 5 sahabat naik ke pucak tertinggi di Jawa, mengalahkan ego mereka masing masing, berjuang bersama menggapai puncak. Karena apalah arti menunggu kita bisa sampai di puncak, tetapi hanya sendiri, dan sahabatmu masih di bawah? Sakit jiwa kamu.

3. Kebersamaan adalah segalanya, bukan tentang materi, atau status apapun.

“Kita slalu berpendapat, kita ini yang terhebat
Kesombongan di masa muda yang indah
Aku raja kaupun raja
Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi”

Friendship
https://www.flickr.com/photos/rmampongan/

Kalau ada (yang ngaku ngaku) sahabatmu tetapi masih mempermasalahkan materi dan statusnya untuk dibandingkan denganmu, kami sarankan tetap liburan saja dengan dia, ke Nusa Tenggara Timur baiknya, ke Pulau Komodo, trus pas Komodonya lewat, doronglah dia ke komodo, karena cuma itu penyelesaian masalah terbaik versi ondhe spot. 🙂

4. Dengan sahabat, sesusah apapun itu kalau dilalui bersama, itu akan menjadi kisah tak terlupakan.

friends
https://www.flickr.com/photos/zanthia/

“Liburan dengan sahabat itu kurang ajar”

Sahabat akan mengeluarkan magic-nya ketika dalam keadaan susah tetapi kalian masih bisa bersama, tertawa, dan bahagia, inilah karunia Tuhan yang maha Gaul ke kita anak-anak-Nya.

5. Sahabat akan selalu tertawa, walaupun itu harusnya menjadi nista.

Friends
https://www.flickr.com/photos/adwriter/

“Ketika kamu jatuh, sahabatmu yang pertama akan menolongmu, tetapi setelah ia berhenti ketawa”

Itulah kutukan terindah punya sahabat. Sahabat akan selalu menulis cerita yang tak akan terlupakan dari kisah perjalananmu, bukan tentang yang indah saja, tetapi yang terburuk sekalipun.

6. Sahabat akan menganggapmu bodoh, tetapi memperlakukanmu sebagai pemberi saran penentu kebijakan liburan terbaik.

Friends at the beach
https://www.flickr.com/photos/nikos-p

Dia yang tetap menjadikanmu pegangan kepercayaan, bukan karena pintar, tetapi dia tahu kalau kebersamaan itu ada, itu lebih baik dari sejuta orang pintar. Ingat, jangan remehkan orang bodoh dalam jumlah yang banyak!

7. Sahabat bukan hanya tentang menerimamu di sisi burukmu, tetapi yang akan berusaha saling memperbaiki.

Friends
https://www.flickr.com/photos/bustitaway/

Kalau hanya bisa menerima apa adanya, trus kapan bisa jadi baik? sahabat akan selalu mendukung untuk kita menjadi baik, sampai di titik dimana kadang kita tak percaya kalau ini terjadi. Gak percaya, ternyata bisa juga naik ke puncak tertinggi di Jawa, menyelami lautan, bercengkrama dengan terumbu karang, itu karena sahabat selalu ada di samping.

8. Menggali makna terdalam dari liburan itu akan terlebur dalam wajan persahabatan.

Friends
https://www.flickr.com/photos/librica/

“Demi bermain bersama, kita duakan segalanya, Merdeka kita, kita merdeka”

Lompat dari pohon di Gua Pindul Jogja ke air, berani masuk ke gua penuh tulang manusia di pemakaman suku Toraja di Sulawesi Selatan, beranimenunggangi kuda Sumbawa di NTT, ketika ada sahabatmu, apa lagi yang akan kau minta ke Tuhan? semuanya terasa lengkap.

9. Karena sahabat bukan tentang persamaan ideologi yang menyatukannya, tetapi bisa saling menerima adalah poin utamanya.

friends
https://www.flickr.com/photos/thodorisn/

Memahami ada di sana, ketika gundah menyelimutimu, sahabat adalah orang berbeda ideologi yang bisa menjelaskan kenapa harus tidak seperti itu, bukan untuk mengajakmu mengikuti jejaknya tetapi untuk menyuruhmu berdiri angkuh untuk menjalani rel yang telah kamu bangun.

10. Sahabat adalah partner terbaik untuk menggapai impian masa muda dengan balutan kisah tak terlupakan. #partnerincrime

Bar Friends
https://www.flickr.com/photos/glennharper/

Kenangan itu tertulis dengan tinta yang tak terhapus oleh waktu jika kertas persahabatan menjadi tempat untuk menuliskan cerita itu, dia yang menerima ide ide gilamu, kriminalitas berjamaah, kurang waras bersama, dia yang ada di saat terendah, sampai ke luapan euforia tertinggi di emosi yang kamu lepaskan. Sahabat adalah tumpukan kertas tadi yang akan menjadi cerita impian masa muda yang tak akan terlupakan.

11. Dengan sahabat, kamu akan lupa berapa sebenarnya usiamu sekarang, yang kalian tahu, kalian masih muda.

Friends Forever.
https://www.flickr.com/photos/jessica_digiacomo/

 “Karena muda itu bukan tentang angka, tetapi muda adalah sikap”

Ini bukan pembenaran dari bertambahnya angka hari dalam menjalani hidup, tetapi ini tentang sikap yang terambil. Ada yang angka hari hidupnya masih sedikit, tetapi sikapnya tua, dan sebaliknya hitungan nominal sudah banyak tetapi masih bisa berfikir muda, jadi  #Mudaituadalahsikap

12.  Membuatmu jadi lebih berani melakukan sesuatu diluar capaianmu. Kenapa? karena ada sahabatmu.

Chicago Color Run 5K 2012
Berani karena sahabat.


Keberanian lebih banyak dihasilkan dari eksternal, kita internal hanya butuh modal sedikit, yang kemudian akan tersulut dari eksternal, seperti dari sahabat. Dia adalah “the power of mbombongi” (Bahasa sangsekerta, semoga kalian paham artinya 😛 ) karena sahabat tau, kita bisa ngelakuin, mereka tahu, kehadirannya di situ untuk memantik sedikit saja api keberanian itu agar muncul ke permukaan.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

8 thoughts on “Kenapa Sahabat adalah Bagian Terpenting dari Liburanmu yang Tak Akan Terlupakan.

      1. Mas Har, trims bukunya, saya melaahp’nya dalam waktu satu hari! Pengalaman yang penuh dengan cerita manusiawi yang menarik tapi tetap dekat kehidupan sehari-hari. Saya jadi pengen suatu saat menumpang kapal pesiar sampai ke Alaska 🙂

  1. Memang sahabat itu semacam makhluk yang wajib dibawa ketika liburan. Tanpa sahabat, Gak ada yang bantuin bawa tas, gak ada yang patungan bayar bensin, gak ada yang mau gantian boncengin, gak ada yang bayarin makan, gak ada yang bisa jadi tukang pijit kalau pegel, gak ada yang nemenin kalau kehujanan. Sekampret apapun sahabat, tetap sahabat itu segala-galanya 😀

Leave a Reply

Top