You are here
Home > INFO & TIPS > Kenapa Liburan Sendirian Itu Baik Buat Kamu dan Harus Kamu Coba.

Kenapa Liburan Sendirian Itu Baik Buat Kamu dan Harus Kamu Coba.

Liburan? kalau di tanya dengan siapa kamu akan liburan, pasti akan cepat menjawab, dengan pacar, teman, pacar teman, sahabat sejati, soulmate, mama papa tersayang, adik, keluarga, atau siapapun yang dekat dengan kita. Intinya bukan kemana perginya, tetapi dengan siapa.

Holiday
http://www.buzzfeed.com/

Pernah berfikir untuk melakukan perjalanan wisata sendirian? tanpa teman, pacar, orang tua atau saudara? pergi kemana saja dan ngapain saja sesukamu? kalau belum, kita akan ngasih alan ke kamu, kenapa liburan sendiri itu harus kamu lakuin. Setidaknya sekali dalam panjangnya hidupmu.

1. Kamu bisa bebas menjadi dirimu yang tidak seperti biasanya setiap hari.

backpacker
https://www.flickr.com/photos/jima/

Setiap hari kerja? berurusan dengan client? dengan rekan kerja yang membosankan? atau masih mahasiswa yang jenuh dengan dosen dosen super nggak mengasikan itu? Keluarlah sejenak dari semua kebiasaanmu, jadilah kamu yang tidak biasanya menjadi seperti itu. Pergilan berlibur sendiri, dan jadilah sosok yang tidak seperti kamu biasanya.

2. … dan Kamu Bisa Menikmati Peran Barumu Itu.

Menikmati
http://www.buzzfeed.com/

Nikmatilah peran barumu itu, membuat bahagia itu tergantung dari dirimu, bukan orang lain. Kamu bisa narik nafas panjang, melihat keluar jendela, dan berkata “inilah yang indah yang harusnya kutemukan dari dulu”

3. Mencoba sesuatu yang diluar kebiasaan sesuka-sukanya hatimu.

Summer tango, Jul 2010 - 32
https://www.flickr.com/photos/yourdon/

Cobalah apa saja yang baru, toh kamu sendiri, bisa bebas memilih tanpa harus butuh persetujuan orang baru. Coba kuliner yang ekstrim mungkin, mencoba jenis baju yang ingin kamu pakai tapi malu kalau di hidup normalmu. Cobalah apa saja yang ingin kamu coba, dan nikmati setiap detiknya.

4. Bisa belajar menghabiskan stok takutmu sampai ke titik akhir.

Pacific Thunder 2012 gets jump start at Osan [Image 2 of 20]
https://www.flickr.com/photos/dvids/

Sampai titik mana sih rasa takut tertanam di dirimu? sebesar apa rasa beranimu? Takut itu untuk dilawan, bukan untuk ditakuti, hanya butuh sedikit keberanian untuk merontokan takutmu. Untuk mencoba terjun payung, kamu cuma butuh berani bilang ia, That’s all. Selebihnya, just enjoy it.

5. … Selanjutnya mengajarkanmu bahwa berani keluar dari zona nyaman untuk kenyamanan lain itu adalah menaikan level hidupmu.

Travel Solo
https://www.flickr.com/photos/gulfu/

Ngapain sih keluar dari zona nyaman untuk cari zona nyaman lainnya? | Untuk mereka yang tidak ingin naik level dan ingin terkukung di situ situ saja mungkin ia, ngapain? tetapi buat kamu yang ingin “naik kelas” keluarlah dari zona nyamanmu, temukan sesuatu yang baru, dan nyamankan dirimu, disitulah kamu telah meng-upgrade hidupmu.

6. Bisa ketemu dengan orang baru dengan ilmu barunya, dan menjadikanmu arti berbagi dan membuka diri.

Musician & Girls
https://www.flickr.com/photos/49913543@N03/

Ada milyaran manusia di dunia ini, dan kamu ketika hanya berdiam diri, kemungkinan tidak lebih dari 1000 orang yang kamu temui. Hidup tuh terlalu percuma kalau hanya untuk dengan yang biasanya. Dengan berlibur sendiri, kamu bisa membuka peluang untuk bisa bertemu dengan orang baru, teman baru, bahkan saudara baru diluar sana.

7. Belajar untuk mandiri, dan percaya ke diri sendiri.

World Traveler 2
https://www.flickr.com/photos/danielfoster/

Kamu akan diajarkan tentang mandiri, tentang bagaimana bisa tidak selalu tergantung dengan orang lain, belajar menyelesaikan masalah dengan sendiri, dan dari situ kamu akan bisa percaya ke dirimu sendiri, bahwa sebenarnya kamu bisa melakukan itu sendiri.

8. Bisa berfikir kritis untuk menyelesaikan sebuah masalah.

l´unic problema ( El cami de les estrelles ) - the only problem ( the saint jacques way )
https://www.flickr.com/photos/raigverd/

Karena sendiri, kamu akan dituntut untuk kritis dalam menyelesaikan masalah, karena jika hanya sekedar terselesaikan, kamu sadar, bahwa kamu akan mengerjakan sesuatu yang sama untuk kesekian kalinya lagi. Kritis dalam menyelesaikan masalah membuatmu selalu berfikir lepas dan tidak yang seperti normalnya.

9. Mengajarkan untuk selalu konsisten dan tegas tentang apapun yang sudah kita putuskan. Bertanggung jawab.

SBB
https://www.flickr.com/photos/71267357@N06/

Bukan tentang apa yang kamu pilih untuk dilakuin, tetapi bagaimana kamu konsisten ke pilihanmu itu dan bisa bertanggung jawab atasnya adalah poin utamanya. Sekedar memilih itu gampang, belajar untuk bertahan pada pilihan itu yang berat, tanggung jawab adalah dasarnya.

10. Mengajarkan Bahwa Sendiri Itu Tak Berarti Kesepian.

JUMP
https://www.flickr.com/photos/jblamejor/

Pergi berlibur sendiri itu tidak berbicara tentang kesepian, tetapi tantang belajar untuk menjadi kuat untuk menemukan sendiri kebahagiaan yang dibutuhkan. Jadi, janganlah takut sendiri, karena banyak orang diluar sana.

11. Akan Memberikanmu Pengalaman Tak Terduga dan Tak Akan Terlupakan.

Unforgetable sunset in the Australian bush...
https://www.flickr.com/photos/martinamor/

Karena kamu berani mencoba yang tidak biasanya, keluar dari zona nyamanmu, menemukan sesuatu yang baru, meluluhkan rasa takutmu, maka dari sana akan lahir sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan olehmu. Karena tidak ada cerita indah dari kegiatan yang normal normal saja.

12. Mengajarkan Bagaimana Tetap Tenang Menghadapi Masalah.

The Tourist
https://www.flickr.com/photos/thomashawk/

 

Sendiri ketika berlibur mengajarkanmu untuk tetap tenang, tidak terburu buru mengambil keputusan, bisa menikmati yang dirimu butuhkan. Karena dasarnya kamu menikmati setiap kebebasan jiwa ragmu, ketenangan akan lahir dari sana.

13. Rendah hati dan santun ke sesama itu ternyata membuat kita jadi besar.

A life of fishing
https://www.flickr.com/photos/photosightfaces/

Mengajarkan kita bahwa bukan melihat keatas untuk membuat rendah hati, tetapi melihat ke bawah. Tak ada ruginya untuk santun ke semua orang koq, berbagi sederhananya senyuman, kesantunan, dan kebahagianaan, itulah yang kita dapatkan dari liburan sendiri.

14. Membuat kita selalu jatuh cinta dengan hal baru yang menakjubkan.

Laos Sunsett
https://www.flickr.com/photos/taylormiles/

Sesuatu yang sudah ada memang menyamankan, tetapi sesuatu yang baru bisa membuatmu untuk jatuh cinta lagi. Melihat sunset di pulau komodo, melihat tari kecak di uluwatu, menyelam di wakatobi, surfing di bono, kampar, Riau. Akan ada selalu cinta untuk indahnya ciptaan Tuhan itu.

15. Tentunya liburan sendiri itu lebih hemat.

Sunrise jump! (Lumia 1020)
https://www.flickr.com/photos/mlazarevski/

Yups, sedikit banyak memang benar, sendiri itu hemat. Hemat bukan hanya tentang nominal rupiah, tetapi hemat mikirin orang lain juga, kenapa? ya karena kita sendiri aja.

16. Menuntut kamu untuk selalu belajar, belajar dan selalu belajar terus.

The Monk and the Tourist - Laos
https://www.flickr.com/photos/canvasoflight/

Belajar, belajar, dan belajar, itulah liburan sendiri, dari awal berangkat, di destinasi wisata, sampai kembali ke rumah, kamu akan dituntut untuk selalu belajar terus, tentang apa saja. Mulai dari tentang teknis luburanmu, sampai belajar bagaimana menata hati.

17. Sehingga kamu tahu kemampuanmu, jiwamu, dan hatimu itu seperti apa dan harusnya bagaimana.

KL tower base jump 2012 | Kuala Lumpur Malaysia
https://www.flickr.com/photos/shahdi/

Dari sana kamu akan mengerti limit kemampuanmu, hatimu, dan jiwamu sampai sejauh mana, dan selanjutnya bagaimana kamu melangkah kedepannya. Menetapkan pijakan kaki di sisi yang mana, mendaratkan hati di bagian yang mana, dan kamu tahu baiknya menjadi dirumu itu bagaimana.

18. Selanjutnya bisa menggali potensi-potensi lain yang terkandung di dirimu.

Biker Jump Blue Sky
https://www.flickr.com/photos/alexismarod/

…dan terkuaklah misteri potensi dari dirimu yang lain yang bisa kamu kembangkan, yang akan membuat dirimu akan kaya dengan kemampuan lainnya, yang tentunya bisa membuat hidupmu semakin baik kedepannya.

19. … Dan akhirnya kamu akan bisa menghargai hidupmu, dan selalu bisa belajar bersyukur tentang apa yang ada pada kita, apapun yang terjadi.

Lonely in golden place!
https://www.flickr.com/photos/khalid-almasoud/

Bersyukur tentang apa yang telah Tuhan berikan, dan selalu berusaha menjadi yang benar dihadapan-Nya. Menghagai tentang apa saja capaian kita sejauh ini, dan sadar kalau Tuhan tak akan pernah membawamu sejauh ini, dan meninggalkanmu sendirian.

 

Tulisan ini terinspirasi dari banyak referensi, seperti dari want2discoverbuzzfeed.comemlii.com dan thoughtcatalog. Klik aja kalau mau ke laman aslinya.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments