You are here
Home > FOTO FOTO > Keindahan Gunung Berapi di Negeri Cincin Api yang Membuatmu Semakin Cinta dengan Indonesia.

Keindahan Gunung Berapi di Negeri Cincin Api yang Membuatmu Semakin Cinta dengan Indonesia.

1. Gunung Bromo, Jawa Timur.

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. (Wikipedia)

The Famous Bromo
https://www.flickr.com/photos/rnugraha/
Bromo Tengger Semeru National Park (DSC_1068_69_70)
https://www.flickr.com/photos/schristia/
Startrails above Mount Bromo
https://www.flickr.com/photos/mydarksky/
Mount Bromo crater
https://www.flickr.com/photos/zoomion/

2. Gunung Rinjani, NTB.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Gunug Rinjani Summit: Salmalas
https://www.flickr.com/photos/neilspicys/
Climbing Journal Mount Rinjani package
https://www.flickr.com/photos/trekkingrinjani/
Gunung Rinjani
https://www.flickr.com/photos/amre/
Mount Rinjani
https://www.flickr.com/photos/skyseeker/

3. Gunung Banda Api, Bandaneira, Maluku.

Gunung Api Banda adalah sebuah gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda. Pulau ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda. Tingginya 656 meter dari permukaan laut.

Secara administratif pulau ini termasuk ke dalam kecamatan Banda, Maluku Tengah, provinsi Maluku.

Banda islands from the air 2
https://www.flickr.com/photos/polapix/
Banda islands:Gunung Api, Naira, Banda Besar
https://www.flickr.com/photos/polapix/

4. Gunung Merapi, DIY.

Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

merapi-0144
https://www.flickr.com/photos/widhibek/
Inside an active volcano - Merapi
https://www.flickr.com/photos/73064996@N08/
J92 / La Carte Postale : le Mt Merapi
https://www.flickr.com/photos/rgs_/
MERAPI
https://www.flickr.com/photos/lianto/

5. Gunung Krakatau, Selat Sunda.

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra yang termasuk dalam kawasan cagar alam.

Gunung Anak Krakatau
https://www.flickr.com/photos/buitenzorger/
Earth Observing-1: Ten Years of Innovation
https://www.flickr.com/photos/gsfc/

6. Gunung Kelud, Jawa Timur.

Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut yang berarti “sapu” dalam bahasa Jawa; dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete) adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Java by Bicycle - Volcano
https://www.flickr.com/photos/jeffwerner/
Indonesian HDR
https://www.flickr.com/photos/danielwork77/

7. Gunung Kerinci, Jambi.

Gunung Kerinci (juga dieja “Kerintji”, dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

Tea Fields of Gunung Kerinci
https://www.flickr.com/photos/wildsumatra/
Mt. Kerinci
https://www.flickr.com/photos/wildsumatra

8. Gunung Tangkuban Perahu.

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Tangkuban Perahu
https://www.flickr.com/photos/ghailon/
Parahyangan
https://www.flickr.com/photos/sektordua/

9. Gunung Gamalama, Maluku Utara.

Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas volkanik Gamalama.

Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 – 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m.

cloudy from top of gamalama mountain
https://www.flickr.com/photos/57620940@N04/
Pulau Ternate and Gamalama Volcano from the North-west Coast of Pulau Tidore (Tidore Island), The Moluccas (Maluku)
https://www.flickr.com/photos/travelourplanet/

 

10. Gunung Lokon, Sulawesi Utara.

Gunung Lokon adalah sebuah gunung di dekat Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 1.580 m dari permukaan laut.
Puncak gunung Lokon berjarak sekitar 5.300 meter di sebelah barat laut dari Kota Tomohon dan sekita 6.700 meter di sebelah barat daya dari kota kecamatan Pineleng. Dari ibukota provinsi Manado jaraknya hanya sekitar 20 kilometer di barat daya kota.

Mt. Lokon
https://www.flickr.com/photos/sonikcycle/
IMG_2773
https://www.flickr.com/photos/cupocofi/

11. Gunung SInabung, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung (bahasa Karo: Deleng Sinabung) adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi di provinsi itu. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter.

Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak September 2013 dan berlangsung hingga kini.

Berastagi - Sinabung Volcano
https://www.flickr.com/photos/drriss/
Volcan Sinabung, indonesia
https://www.flickr.com/photos/ijavi/

12. Gunung Batur, Bali.

Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m – 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 – 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu.

Batur Volcano and Lake
https://www.flickr.com/photos/tropicaliving/
Lake Batur (Batur Vulcano), Bali
https://www.flickr.com/photos/arjentoet/

 

 

 

Sumber Wikipedia.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

One thought on “Keindahan Gunung Berapi di Negeri Cincin Api yang Membuatmu Semakin Cinta dengan Indonesia.

Leave a Reply

Top