You are here
Home > INFO & TIPS > Kamu Sadar Gak Sih Kalau Sampul Paspor Itu Warnanya Cuma Itu-itu Saja? Ini Penjelasannya.

Kamu Sadar Gak Sih Kalau Sampul Paspor Itu Warnanya Cuma Itu-itu Saja? Ini Penjelasannya.

Kamu sudah punya paspor belum? Sepertinya di jaman yang mobilitasnya sudah tanpa batas ini memiliki paspor itu bukan hal yang luar biasa lagi. Kalau dulu sih, punya paspor itu udah kayak dewanya travelers banget.

Ya tidak bisa ditolak, semuanya sudah berubah. Tiket pesawat ke Kuala Lumpur bisa lebih murah dan gampang dapatkan dari pada mau ke Toraja. Buat pasporpun sudah gampang dan murah, semua orang bisa. Ke luar negeri sekarang sudah menjadi hal yang sangat biasa.

More: Inilah 10 pulai terbaik untuk berwisata versi travel and leisure.

Ngomong-ngomong soal ke luar negeri, salah satu dokumen perjalanan yang harus kamu punya itu paspor. Kamu sadar gak sih, kalau antri di imigrasi ketika ingin masuk ke negara lain kita lihat sampul paspornya cuma itu-itu saja? Paling merah, biru, hijau, sama hitam, koq gak ada yang warna kuning, putih, atau belang-belang?

Passport index
Passport. | Sumber: Passportindex.org

Biar kamu gak bingung, kali ini, kita akan ngasih info ke kamu kenapa sih warna sampul paspor negara-negara di dunia bisa gak kreatif gitu?

Karena warna dasar paspor di dunia ini hanya ada empat warna, yaitu merah, biru, hijau, dan hitam. Bisa kamu lihat di passport index ini deh buktinya. 

More: Yuk lihat 3 pantai terbaik di dunia dari Indonesia versi majalah Vogue.

Paspor Merah.

Japanese passport
Passport Merah. | Sumber: flickr.com

Pertama, sampul paspor warna merah. Ini warna dasar yang paling banyak dan sering kita lihat kalau di imigrasi. Warna dasar merah ini banyak dipilih oleh negara dengan sejarah komunis. Negara seperti China, Slovenia, Serbia, Rusia, Latvia, Rumania, Polandia, dan Georgia menggunakan paspor warna merah. 

Negara yang masuk dalam Uni Eropa kecuali kroasia menggunakan sampul merah tua, bagian dari warna merah. Negara yang masuk ke Uni Eropa seperti Turki, Makedinoa, dan Albania juga mengganti warna paspor mereka menjadi merah tua.

Negara persemakmuran dari Inggris menggunakan warna merah juga. Andean Community of Nations, seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru juga menggunakan paspor warna meruah tua.

Paspor Biru.

Passport
Paspor Biru. | Sumber: flickr.com

Paling banyak ke dua itu sampul paspor warna biru. Paspor berwarna biru mempunyai  simbol sebagai negara “new world”. 15 Negara di daerah Karibia menggunakan paspor warna biru.

Negara yang termasuk dalam bagian Afrika Selatan menggunakan paspor warna biru, sebagai simbol membuka hubungan perdagangan, termasuk Brazil, Argentina, dan Paraguay, kecuali Venezuela, mereka menggunakan paspor berwarna merah.

Amerika mengganti paspornya menjadi biru pada tahun 1976. India dan Australia juga menggunakan warna biru.

Paspor Hijau.

RI Passport
Paspor Hijau. | Sumber: flickr.com

Warna hijau, seperti paspor kita, Indonesia. Sebagian besar negara muslim memiliki paspor warna hijau. Contohnya seperti Maroko, Arab Saudi, Pakistan, dan Indonesia. Warna hijau dianggap sebagai warna kesukaan Nabi Muhamaad SAW, dan ini merupakan simbol alam dan kehidupan.

Beberapa negara di Afrika bagian barat seperti Burkina Faso, Nigeria, Niger, Pantai Gading, dan Senegal menggunakan warna hijau, termasuk lembar paspornya bernuansa hijau, karena mengikuti ECOWAS (The Economic Community of West Afrikan States)

Mexiko juga menggunakan warna hijau, kerena warna kebangsaan.

Paspor Hitam.

New Zealand Passport
Paspor Hitam. | Sumber: flickr.com

Terakhir, warna dasar yang paling sedikit dan jarang banget, warna hitam. Beberapa negara di Afrika menggunakan warna hitam seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, dan lainnya.

Negara Selandia Baru juga menggunakan sampul paspor berwarna hitam, karena warna hitam merupakan warna kebangsaan mereka.

Nah, biar semakin jelas, ini peta yang bisa mempermudah kamu mengetahui sampul apa yang dipakai oleh negara di dunia. Atau kamu juga bisa lihat di passportindex.org.

@Brightside

Sekarang sudah jelas kan? semoga bermanfaat. 

 

 

Sumber: Brightside.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

2 thoughts on “Kamu Sadar Gak Sih Kalau Sampul Paspor Itu Warnanya Cuma Itu-itu Saja? Ini Penjelasannya.

Leave a Reply

Top