You are here
Home > NULIS NULIS > Kali ini Gunung Krakatau Menjadi Pemenang Kompetisi Volcano Cup 2018.

Kali ini Gunung Krakatau Menjadi Pemenang Kompetisi Volcano Cup 2018.

Kompetisi Volcano Cup 2018 ini diselenggarakan komunitas para ahli gunung api dunia. Gunung-gunung api dunia diadu dengan cara voting melalui Twitter. Pemenangnya akan dijadikan inspirasi masyarakat dunia untuk meningkatkan kesiapsiagaan, pengetahuan, risiko bencana dan lainnya dalam menghadapi erupsi gunung api.

Voting online yang dibuat pada akun @janinekrippner, seorang ahli Kiwi volkanologi di Amerika Serikat. Semua orang bisa ikut berpartisipasi. Di akan twitternya juga memberikan review tentang gunung-gunung yang dikompetisikan, agar membuat kompetisi ini bisa objektif. Kamu bisa melihat proses voting kompetisi ini dari awal di akun twitter @janinekrippner

Indonesia punya 127 gunung api aktif. Atau 13% populasi gunung api di dunia ada di Indonesia. Sejarah letusan gunung api terbesar di dunia adanya dari Indonesia, seperti Gunung Toba Purba, Samaras/Rinjani, Tambora, Krakatau, Kelud dan lainnya. Tentu ini tidak akan aneh lagi jika gunung api di Indonesia jadi rujukan dunia. (liputan6.com)

Di antara ratusan gunung di Indonesia, yang masuk di kompetisi ini ada empat gunung, yaitu Gunung Agung di Bali, Gunung Toba di Sumatera Utara, Gunung Merapi di Yogyakarta, dan Gunung Krakatau di Selat Sunda.

Ada sepuluh negara yang masuk dalam babak knockout, mulai dari US Prelims ,Selandia Baru, Meksiko, Chili, Jepang, Islandia, Italia, Indonesia, Philipina, dan Guatemala. Selanjutnya masuk ke Round 1, perempat final, dan final.

Baca juga: Keindahan Gunung Berapi Di Negeri Cincin Api Yang Membuatmu Semakin Cinta Dengan Indonesia.

Volcano Cup 2018. Twitter @janinekrippner

Krakatau menjadi pemenang setelah sebelumnya barterung di final dengan Gunung Taupo dari Selandia Baru. Krakatau mendapat voting 59% dan Gunung Taupo mendapat 41%. Ada sekitar 27,056 total voters pada kompetisi ini.

Selamat buat gunung krakatau, semoga dengan mendapat juara kali ini bisa benar-benar dijadikan inspirasi masyarakat dunia untuk meningkatkan kesiapsiagaan, pengetahuan, risiko bencana dan lainnya dalam menghadapi erupsi gunung api, sesuai dengan visi dari kompetisi ini.

 

Photo: Buitenzorger

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

One thought on “Kali ini Gunung Krakatau Menjadi Pemenang Kompetisi Volcano Cup 2018.

Leave a Reply

Top