You are here
Home > INFO & TIPS > Ini Dia Seven Summits Of Indonesia, Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia yang Cantiknya Lebay Banget.

Ini Dia Seven Summits Of Indonesia, Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia yang Cantiknya Lebay Banget.

7 puncak tertinggi di Indonesia atau The Seven Summits of Indonesia merupakan tujuh puncak gunung paling tinggi di Indonesia. Konsepnya mirip-mirip dengan Seven Summits yang merupakan tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua di dunia.



Bedanya, ke-7 gunung ini ada di Indonesia dan merupakan puncak-puncak paling tinggi di 7 pulau dan kepulauan utama Indonesia. Tujuh pulau atau kepulauan utama tersebut adalah Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan Nusa Tenggara (Bali dan Nusa Tenggara). Berikut 7 puncak tertinggi di indonesia:

More: Keindahan Gunung Berapi Di Negeri Cincin Api Yang Membuatmu Semakin Cinta Dengan Indonesia.

Carstenzs Pyramid.

Photo: https://www.pesonaindo.com/tours/cartenz-pyramid-expedition/

Pertama, merupakan puncak tertinggi di pulau Papua juga merupakan titik tertinggi Indonesia serta masuk kedalam salah satu Seven Summits di tujuh benua dunia, puncak gunung ini berketinggian 4.884 m dari permukaan laut.

Puncak Carstenzs berada didalam kawasan pegunungan Jaya Wijaya pada posisi 04º03’48″LS 137º11’09″BT, yang merupakan gunung karang (limestone), dan terdapat hamparan salju abadi dibeberapa tempat di pegunungan ini. Gunung yang berada di provinsi Papua ini bisa diakses lewat rute normal yaitu dari desa Ilaga dan Sugapa.

Gunung Kerinci.

Kerinci
Flickr: https://www.flickr.com/photos/paulzpicz/7588906190/

Gunung tertinggi di pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 m dari permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi pada posisi geografi 10° 25,50’ LS dan 1010°160’ BT.

Secara administrasi gunung ini berada dalam kawasan wewenang Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung berapi yang masih aktif ini juga merupakan gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Jalur normal pendakian ke gunung ini hanya satu yaitu dari desa Kersik Tuo dekat dengan kota Sungai Penuh yang berada dalam wilayah provinsi Jambi.

Gunung Rinjani.

Top of the Rinjani mount
Flickr: https://www.flickr.com/photos/30430801@N06/3149819777/

Gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil, dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Rinjani juga merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia serta juga masih aktif dan secara periodik memperlihatakan keaktifannya dari kepundan anak gunung barunya yang muncul dari tengah danau kaldera yang terkenal dari gunung ini yaitu Danau Segara Anak.

Gunung ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat pada posisi lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Secara administrasi gunung ini berada dibawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Rute normal pendakian ke puncak gunung ini ada dua yaitu dari Desa Sembalun dan Desa Senaru.

Gunung Semeru.

10 Monts Bromo et Semeru
Flickr: https://www.flickr.com/photos/struthio/35448006422/

Gunung tertinggi di pulau Jawa, yang merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Dipulau ini banyak sekali terdapat gunung-gunung yang dengan ketinggian diatas 3.000 m, Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 m dari permukaan laut.

Posisi gunung ini berada di propinsi Jawa Timur diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. Semeru adalah salah satu gunung berapi yang teraktif di Indonesia, setiap lebih kurang 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam bercampur pasir dan batu-batu kecil.

Gunung ini berada dibawah pengawasan administrasi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Rute pendakian normal gunung ini dimulai dari Desa Ranupane.

Gunung Binaiya.

Photo: wisatagunung.com

Merupakan gunung yang tertinggi di Kepulauan Maluku, kepulauan ini dikelompokan sebagai satu kepulauan utama, puncak Binaiya memiliki ketinggian 3.027 m dari permukaan laut dan terletak di propinsi Maluku, tepatnya di pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah pada posisi geografis 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT. Gunung ini juga bukan gunung berapi. Akses rute normal pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari sisi utara yaitu desa Kanike dan dari sisi selatan yaitu desa Piliana.

Gunung Latimojong.

Photo: indonesiakaya.com

Gunung tertinggi di pulau Sulawesi, gunung bukan gunung berapi akan tetapi merupakan sebuah jajaran pegunungan dengan beberapa puncak-puncak. Puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.430 m dari permukaan laut.

Pegunungan Latimojong ini berada di kabupaten Enrekang propinsi Sulawesi Selatan, pada koordinat 120°01’30″ BT – 03°23’01″ LS. Akses rute normal pendakiannya berawal dari desa Karangan.

Gunung Bukit Raya.

Photo: Liputan6.com

Pulau Kalimantan sebenarnya puncak gunung tertingginya adalah gunung Kinabalu, akan tetapi gunung tersebut berada dibawah kedaulatan negara jiran Malaysia sehingga tidak bisa dimasukan kedalam kelompok “The Seven Summits of Indonesia”.

Oleh karena itu maka puncak gunung tertingginya dipengang oleh Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 m dari permukaan laut, gunung ini berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah pada posisi 112º 07′ – 112º 56′ BT dan 00º 24′ – 00º 59′ LS.

Gunung ini bukan gunung berapi, dan berada dibawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Rute normal pendakian gunung ini berawal dari Desa Rantau Malam, akses ke desa ini bisa dilakukan dari Pontianak.

Mmmmhh, untuk fotonya memang kami sengaja pasang bukan seperti pada foto di gunung yang lain, yang menyajikan keindahan. Harus kita pahami, perjuangan untuk sampai ke puncak itu lebih susah dari sekedar rute perjalanan yang panjang.

Dan, tak selamanya selalu indah, walau akhirnya pasti indah. Sama seperti kalau kamu ke gunung Bukit Raya, tantangan paling sangar ya kamu akan jadi santapan puluhan pacet atau lintah, tetapi akhirnya, puncak akan membayarnya.

 

Sumber: exploregunung.net

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments