You are here
Home > INFO & TIPS > Indonesia Menjadi Destinasi Menyelam dan Dive Resort Terbaik Dunia Versi Dive Magazine Inggris.

Indonesia Menjadi Destinasi Menyelam dan Dive Resort Terbaik Dunia Versi Dive Magazine Inggris.

Dive Magazine merupakan sebuah majalah yang banyak mengulas tentang kegiatan menyelam di seluruh dunia. Majalah yang bermarkas di Inggris ini sudah terkenal dalam objektifitasnya dalam memberikan penilaian terhadap sebuah destinasi menyelam dan segala komponennya.

Tahun 2017 ini Dive Magazine memberikan penilaian kepada destinasi menyelam di dunia dan amenities-nya. Dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori destinasi, dive centre atau ressort, dan kategori live a board.

Indonesia yang adalah negara kepulaian terbesar di dunia sepertinya sedikit aneh kalau tidak masuk di dalamnya, minimal nominasi.

Dan memang benas, untuk destinasi terbaik, dari Indonesia, kategori dive resort, dari Indonesia, tetapi sayang untuk kategori liveaboard, Indonesia menempati posisi runner up, alias posisi dua, menjadi satu satunya nominasi dari indonesia.

Lengkapnya, yuk lihat di bawah ini.

Baca juga: Alasan kamu harus menyelami keindahan bawah laut Indonesia.

Kategori destinasi terbaik.

Masih sama seperti pemenang tahun lalu, Indonesia, selalu menjadi favorit sejak awal. Dipilih oleh 1.076 dari total 9.399 suara, atau 11,45% membuat Indonesia ada di posisi pertama.

Dive Magazine.

Lebih dari 17.000 pulau terdiri dari Kepulauan Indonesia, dengan beragam habitat dan spesies yang beragam, mulai dari pengunjung dan arus kuat Taman Nasional Komodo sampai ke pasir hitam yang tersembunyi dari keangkuhan penyelundupan Lembeh, Bitung Sulawesi Utara, sepertinya memang tak ada alasan lain lagi untuk tidak menobatkan Indonesia sebagai Destinasi terbaik.

Di urutan kedua, dengan 749 suara (7,97%) adalah Filipina dan Azores di posisi ketiga dengan 576 suara (6,13%).

Selebihnya dari Sepuluh destinasi menyelam semuanya dikelompokkan secara ketat mulai dari 554 suara untuk Meksiko menjadi 468 suara untuk Papua Nugini.

Dive Magazine.

Selain Azores yang masuk Top 10, entri baru lainnya adalah Fiji bersama Australia, tetapi Malaysia keluar dari nominasi.

Kategori Dive Centre atau Resort terbaik.

Pemenang yang sangat mutlak adalah Siladen Resort and Spa, dengan 820 dari total 3.117 suara – 26,31%, hampir dua kali lipat jumlah suara ke saingan terdekatnya, yakniOblu Heneli, Maldives.

Dive Magazine.

Resor mewah ini berada di jantung Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara dan telah lama dikenal karena kualitas menyelamnya.

Indo-Pasifik memang menjadi sarang dari katehori ini, Top 10 Dive Center dan Resorts semua datang dari daerah ini. Resor Oblu-Helengli di Maladewa menempati posisi kedua dengan 469 suara, sementara sisanya dari Top 10 berasal dari Indonesia atau Filipina.

Dive Magazine.

Dari 10 nominasi yang ada, 7 nominasi datang dari Indonesia, cukup membanggakan. Wakatobi di Sulawesi tenggara berada di urutan ketiga, tepat di depan Lembeh Resort dari sulawesi utara.

Kategori Liveaboard terbaik.

Pemenangnya, Cocos Sea Hunter (Kosta Rika),  dengan 233 suara dari 1.338 pemilih. Pelagian Sulawesi ke posisi kedua, selalu bersain ketat dengan Sea Hunter, dan menang tipis pada jam terakhir.

Dive Magazine.

Liveaboards dari seluruh dunia diwakili dalam Top 10 dengan Bahamas Aggressor berada di posisi ketiga, diikuti oleh FeBrina di PNG dan Nautilus Explorer dari Baja California.

Top Ten liveaboards hampir merata di seluruh dunia hampir mencakup semua regional. Dari Indonesia sampai Galápagos sampai ke Laut Merah, Karibia dan Samudra Hindia.

Dive Magazine.

 

 

Sumber: Dive Magazine.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments