You are here
Home > FOTO FOTO > Gunung Prau, Dieng: Mengintip Salah Satu Tempat Tersyahdu untuk Menyaksikan Matahari Terbit di Indonesia.

Gunung Prau, Dieng: Mengintip Salah Satu Tempat Tersyahdu untuk Menyaksikan Matahari Terbit di Indonesia.

Sunset Prau

Bingung mau kemana weekend ini? atau liburan kemana? Kita kasih satu referensi berwisata yang keren, tetapi tetep asik bagi kamu yang mungkin masih awam naik gunung.

Puncak tertinggi di Dieng, yang menjadi tujuan kita kali ini. Tanpa basa basi bisu langsung aja yuk.

1. Dimana sih tempatnya?

Gunung Prau adalah gunung kecil yang menjadi tujuan paling favorit para pendaki di Indonesia khususnya pulau Jawa sejak 2014. Puncak gunung Prau ini diklaim memiliki tempat terbaik se-asia tenggara untuk melihat matahari terbit.

Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sejak 2014 gunung Prau didatangi banyak sekali para pendaki yang ingin melihat langsung penampakkan sunrise dari gunung Prau tersebut. (infopendaki.com)

Mt. Prau, Dieng, Wonosob

2. Jalur Pendakian Gunung Prau bisa ditempuh dengan beberapa Alternatif Jalur Pendakian.

Jalur utara: anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam.

Jalur selatan: yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Durasi perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu memakan waktu sekitaran 2-3 Jam perjalanan. (diengbackpacker.com)
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

3. Cocok gak sih untuk aku yang belum pernah naik gunung?

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Ketinggian yang cukup-lah jika dibandingkan dengan gunung berapi namun jalur pendakiannya pendek dan waktu perjalanan juga singkat.

Hal tersebut dikarenakan titik memulai pendakian kita sudah berada pada ketinggian 1.700 mdpl. (infopendaki.com)

Startrails gagal :D

4. Di sana kayak gimana sih?

Dataran tinggi Dieng terkenal dengan suhu dingin yang menusuk tulang oleh sebab itu persiapkan segalanya terlebih dahulu sebelum berangkat menuju sana.

Yang terpenting jaket yang hangat, dan perlengkapan lain tentunya. (infopendaki.com)
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

5. Seindah apa sih sunrisenya?

Ya lihat aja foto di bawah ini, dijamin gak bakal nyesel.

Sunrise Prau

6. Kapan enaknya maen ke Gunung Prau?

Waktu yang tepat untuk mengunjungi gunung prau adalah di musim kemarau. Saat jarang turun hujan dimana jalur pendakian cenderung kering tidak becek, serta akan jauh lebih mudah mencari lokasi yang strategis dengan kondisi tanah yang bersahabat sebagai areal camping Ground.

Pemandangan sunrise dari Gunung Prau pun akan jauh lebih menarik saat langit tidak tertutup mendung. (diengbackpacker.com)
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

7. Bukit Teletubies. Berpelukan.

Bukit ini dijuluki bukit teletubies karena bentuk bukit ini menyerupai setting acara televisi untuk anak-anak berjudul Teletubies, warna hijau segar pada bukit bukit yang timbul tenggelam membuat siapa saja yang memandang berasa ingin berlarian berguling-guling di atasnya. (diengbackpacker.com)

Bukit Teletubbies

8. Sepi atau rame nggak di atas?

Kalau libur atau weekend, pengenjung bisa sampai ribuan dalam satu kali pendakian. Naik gunung bisa kayak antri sembako.

Jadi, tidak usah takut kesepian, sekarang gunung-gunung ramai koq. Ya kalau tidak mau ramai, coba pilih week days saja.
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

9. Berapa lama bisa sampai puncak, trus bisa ngeliatin apa saja?

Pendakian rata-rata hanya membutuhkan 3-4 jam. Sepanjang trek perjalanan sampai kita akan berjumpa dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak ada duanya. Kita bisa melihat pemandangan dataran tinggi Dieng dan Telaga Warna dari jauh.

Kita juga akan berjumpa dengan perkebunan, hutan, padang bunga Daisy. Sampai puncak gunung Prau kita akan disambut oleh Bukit Teletubies dan jika pagi tiba kita akan dihadiahi “Golden Sunrise” gunung Prau.

Golden sunrise gunung Prau inilah yang diklaim paling bagus se-asia tenggara. Dari situ kita bisa melihat pucuk banyak gunung di pulau Jawa seperti gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Slamet.  (infopendaki.com)

View dari Prau

10. Rencana sederhanyanya kalau mau ke sana gimana?

Untuk mendaki gunung Prau biasanya ada dua pilihan planningnya yakni sekali jalan atau bermalam di puncak. Sebagian pendaki memulai pendakian pada dini hari sekali sekitar pukul 01.00 WIB. Sampai puncak sekitar pukul 04.00 WIB.

Kemudian menikmati sunrise di puncak dan kembali turun sekitar pukul 08.00 WIB. Sebagian lagi ada yang memulai pendakian pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Sampai puncak sekitar pukul 17.00 WIB.

Mereka akan menikmati sunset gunung Prau kemudian mendirikan tenda di sana. Pagi hari mereka akan menikmati golden sunrise-nya gunung Prau. Dan siangnya turun. Nah, terserah kalian mau pilih mana. (infopendaki.com)
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

11. Jalur yang paling favorit pendaki yang mana?

Jalur pendakian Patak Banteng menjadi favorit para pendaki untuk menuju Puncak Gunung Prau, Jawa Tengah. Kemudahan akses, fasilitas, dan rute yang tidak terlalu sulit menjadi alasan untuk mendaki melewati rute tersebut dibanding jalur lain. (travel.kompas.com)

Mt. Prau, Dieng, Wonosob

12. Akses kesananya bagaimana?

Untuk akses transportasi menuju titik pendakian Patak Banteng, pendaki dapat mengakses dari kota Wonosobo. Jadi yang dari Jogja, Jakarta, Semarang, atau kota lain, bisa ke Wonosobo terlebih dahulu, kemudian menggunakan transportasi umum yang lumayan banyak ditemui.
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

13. Tipisnya dong.

Tips: pendakian gunung Prau bisa kamu gabungkan dengan berwisata ke tempat lain di Dieng. Misal: Telaga Warna, gunung Sikunir, candi-candi, dsb.

Mt. Prau, Dieng, Wonosob
14. Tips Lagi ini.

Tips: Walau pendakiannya relatif ringan, tetap jangan memandang enteng yah. Karena naik gunung bukan untuk menakhlukan gunung, tetapi menakhlukan ego sendiri.
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

15. Tips.

Tips: Walaupun sederhana, perlengkapan mendaki gunung, alat-alat penunjang dan kemampuan fisik harus diperhatikan yah.

Mt. Prau, Dieng, Wonosob
16. Tipsnya lagi.

Tips: Selalu jaga alamnya, jangan simpan sampahmu sembarangan, bawa kembali ke bawah sampahmu. Perilaku kecil kalau dilakukan bersama-sama, efeknya lebih baik dari pada hanya sebuah cerita besar.
Gunung Prau, Dieng Banjarnegara

 

Terima kasih untuk .angel, Andri suanto, dan Damar Reza untuk foto yang keren-keren, klik aja kalau mau lihat foto keren mereka lainnya.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

10 thoughts on “Gunung Prau, Dieng: Mengintip Salah Satu Tempat Tersyahdu untuk Menyaksikan Matahari Terbit di Indonesia.

Leave a Reply

Top