You are here
Home > RESEARCH > Faktanya, dari Hasil Penelitian Ini, 77% Orang Indonesia Belum Pernah Diving

Faktanya, dari Hasil Penelitian Ini, 77% Orang Indonesia Belum Pernah Diving

Cukup ironis memang, negara kepulauan terbesar di dunia, surganya diving dunia, segitiga terumbu karang dunia, kekayaan bawah laut, dan keajaiban keindahannya ternyata tetap membuat warga negara indonesia masih belum pengen diving.

Hasil penelitian ini dilakukan oleh bersabda.com (yang kamu bisa lihat di pojok kanan atas web ini) Penelitian kecil kecilan ini menanyakan hal yang sederhana “sudah pernah diving?”

Diving di sini masih bisa diinterprestasikan secara luas, karena tidak diperjelas. Bisa kita interpertasikan sebagai kegiatan menyelam di lautan, bisa diving, freediving, atau snorkeling.

Penelitian ini dilakukan selama satu tahun, mendapat responden 595. Penelitian ini akan disimpulkan ketika telah sampai pada titik jenuh, yakni satu tahun. Ketika jawaban yang diperoleh sudah stabil pada angka tertentu dan tidak ada perubahan yang signifikan.

Berapa persen yang sudah pernah diving?

Dari 595 (n) responden, sebanyak 460 atau 77,3% menjawab belum pernah diving, dan 135 responden atau 22,7% menjawab sudah pernah.

Diagram pie penelitian ini seperti pada gambar 1.1 di bawah ini (ciyeela, kayak kripsi ajah, pake tabel)

Kenapa alasan belum pernah diving?

Pertanyaan selanjutnya yang wajib kita tahu dan mungkin bisa jadi riset selanjutnya adalah, kenapa lebih banyak orang Indonesia yang belum pernah diving dibanding yang sudah pernah?

Jawaban itu kalau kita telaah sedikit dari motivasi berwisata, masalah terbesa kenapa orang Indonesia mash jarang yang diving adalah kurangnya informasi tentang diving. Kurangnya informasi tentang apa sih diving? kenapa sangat mahal? aman gak sih? dimana saja sih bisa diving? pakai sertifikat apa? dan lain sebagainya.

Informasi yang minim kepada wisatawan membuat mereka tidak memiliki motivasi yang kuat untuk berwisata, melakukan wisata diving.

Kemudian, diving merupakan atraksi wisata yang cukup eksklusif, merupakan jenis wisata minat khusus atau special interest yang memungkinkan tidak semua orang memiliki minat yang sama.

Potensi yang sangat besar

Kanenori / Pixabay

Sebenarnya, dengan angka 22,7% ini diving sudah potensial dan cukup besar untuk digarap, kalau melihat target wisatawan nusantara di Indonesia dari kementerian sebesar 250 juta wisatawan nusantara, sekitar 56 juta wisatawan nusantara yang akan diving, jumlah yang sangat fantastis tentunya.

Siapkan destinasi diving di Indonesia untuk menerima wisatawan sebanyak itu?

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

Leave a Reply

Top