You are here
Home > INFO & TIPS > Coba Beberapa Hal ini Biar Liburanmu Tak Terlupakan.

Coba Beberapa Hal ini Biar Liburanmu Tak Terlupakan.

Kata seorang traveler, traveling adalah cara paling baik untuk mengenang indahnya arti hidup di dunia ini. Benar, dengan traveling kita bisa merekam setiap jejak hidup dengan baik, kenapa, karena traveling dilakukan dengan bahagia, tidak seperti kerja di kantor atau kuliah, penuh beban dan masalah.

Ketika kita belakukannya dengan bahagia dan berkesan, kenangan traveling itu akan selalu melekat di sepanjang hidup.

Nah, kita akan ngasih ke kamu, kira kira apa sih yang seharusnya kamu lakuin kalau liburan biar liburanmu itu bisa berkesan, dan tidak seperti liburan yang seperti biasanya. Yuk liat.

1. Foto-foto sesuka hati dengan gaya suka suka.

Travel
Foto foto sesuka sukanya hati | https://www.flickr.com/photos/121483302@N02/

Yang paling sederhana, foto foto. Ketika liburan, kadang kita mendokumentasikan dengan foto foto, tips pertama dari kita, foto fotolah dengan gaya yang tidak biasa, melompat, tiarap, gendong gendongan, atau apapun itu yang penting aman, ingat tidak ada cerita tak terlupakan dari kegiatan yang itu itu saja, be upnormal.

Selanjutnya, fotolah apa yang ada di depanmu, wisatawan lain, pintu rumah yang unik, kendaraan tradisiona, masyarakat lokal yang sedang bertani atau berangkat ke pasar, fotolah semua kejadian yang juga terekam oleh matamu. Ini adalah master memori untuk flash back dari masa depanmu. So, keep foto foto.

2. Berinteraksi dengan masyarakat lokal atau wisatawan lain.

Mentawai--051
Berinteraksi. | https://www.flickr.com/photos/waxhead/

Jangan pernah ragu untuk berinteraksi dengan orang lain, baik itu wisatawan lain atau masyarakat lokal. Akan ada banyak cerita terbangun di situ, ilmu baru, pengalaman baru. Secara default, manusia itu adalah mahluk sosial dan membutuhkan manusia lain, jadi jangan takut untuk berinteraksi, baik dengan komunikasi verbal atau non verbal.

Tipsnya, selama kamu lakuin itu dengan baik dan benar, pasti respon yang akan kamu dapetin juga baik. Hanya butuh sedikit keberanian untuk memulai, dan selanjutnya biarkan itu mengalir kemanapun dia pergi.

3. Berani belajar kebudayaan atau kebiasaan masyarakat setempat.

Mentawai--069
Belajar kebudayaan masyarakat setempat. | https://www.flickr.com/photos/waxhead/

Beranilah untuk belajar budaya atau keiasaan masyarakat lokal tempat kamu berwisata. Kalau ke Bali, belajarlah tentang kebiasaan masyarakat bali ketika mereka memberi nama ke anak mereka, Made, Nyoman, Ketut, Wayan, dan lainnya.

Kalau ke Maluku, cobalah belajar bagaimana cara membuat papeda, makanan khas yang terbuat dari sagu. Kalau ke Jogja, ke desa wisata, belajarlah tentang bagaimana menanam padi. Intinya beranilah belajar kebudayaan atau kebiasaan masyarakat lokal, ada banyak kenangan dan pelajaran di situ.

4. Mencoba kuliner lokal yang menantang.

Indonesian Traditional Kitchen
Berani Mencoba makanan apa saja | https://www.flickr.com/photos/aunullah/

Cobalah kuliner di destinasi wisatamu. Prinsipnya sederhana, masyarakat lokal makan aja gak bikin mati, jadi kemungkinan kita bakan juga bisa.

Pernah ngerasain makan ulat sagu dari Papua? makan belalang di Gunung Kidul Yogyakarta? Makan Tikus, kelelawar, atau ular di Tomohon manado (INI HARAM, YANG GAK DIBOLEHIN PAPA MAMA, JANGAN COBA COBA) Mencoba makan bekicot? oseng oseng mercon, rawon setan? pokoknya beranilah mencoba kuliner ekstrim yang ada, syaraf perasamu akan mengenang itu sepanjang masa.

5. Gila-gilaan menggunakan moda transportasi lokal.

Membayangin naik becak atau andong di Yogyakarta? tentunya mengasikan, naik pete pete (angkotnya Makassar) tentunya pengalaman tak terlupakan.

Kalau rame rame dengan teman dan tidak ada target tujuan, gak usah takun untuk mencoba angkutan kota yang ada. Kamu akan melihat keaslian dari daerah atau kota tersebut dari angkutan kotanya.

“You can’t understand a city without using its public transportation system.” Erol Ozan.

6. Belajarlah sedikit tentang bahasa lokal.

Traditionally dressed kids
https://www.flickr.com/photos/neilspicys/

Ini yang tentunya akan menjadi hal menyenangkan selanjutnya. belajar bahasa daerah. Tipsnya agak ekstrim, tetapi ini manjur, katanya, kalau ingin belajar bahasa orang lain, belajarlah dari bahasa yang “jorok-joroknya” dari situ kamu akan belajar banyak.

“Ndearak kepeng” = gak ada uang. Bahasa Lombok (kalau nggak salah)

“Seng ado piss” =  Nggak ada uang. Bahasa Bali.

“A’e Re’e doi”= Nggak ada uang. Bahasa pamona, Poso

“nassundal*a, nassuntil*i” ini bahasa makassar, artinya gak paham.

“Kulo Segawon” Bahasa Jawa, artinya, saya ganteng.

“Ari nu ieu sabaraha teh?” ini untuk nawar, kalau belanja di pasar baru Bandung.

Dari belajar bahasa lokal, kedekatanmu dengan orang di sekitar situ semakin nyaman, gak percaya? coba saja.

7. Kalau sempat, cobalah pakaian khas masyarakat setempat.

Pernah membayangkan pakai koteka? trus foto foto, trus upload di Instagram, tentunya kamu akan langsung jadi ice breaker di lingkunganmu!

Ke makan Kotagede dan mencoba pakaian Jawa, tentunya jadi pengalaman yang tak terlupakan, ke Makassar dan coba baju Bodo, ke minang, ke batak, ke bali, atau kemanapun, cobalah pakai pakaian lokal, dan kamu akan berasa seperti anak ketua adat di situ.

8. Jangan pernah ragu untuk jalan kaki. Get Lost.

IMG_1341.jpg
https://www.flickr.com/photos/tomroeleveld/

“Hilang adalah bagian dari daftar kegiatan di liburan, karena ada banyak kejutan disana” – Anonim

Ada banyak kejutan dari berani hilang di destinasi tujuan wisatamu. Diawali dengan berani jalan kaki, dan selamat berpetualang. Jangan pernah takut jalan kaki dan “hilang” di kota tujuanmu.

Hakekatnya kamu tak hilang, tetapi kamu sedang dalam sebuah permainan mengasikan, ini liburan bung, tidak ada ruang untuk ketakutan berlebihan didalamnya. Berani jelan kaki, berani hilang, berarti level anak travelingmu sudah naik kelas.

9. Jelajahi keindahan tersembunyi dari alam di sekitar tujuan wisatamu.

Bathing at Tirta Empul Temple
https://www.flickr.com/photos/tomroeleveld/

 

Jangan cuma ke tujuan yang sudah terencana atau ada di itinerary, beranilah mengeksplore destinasi atau objek wisata tempatmu liburan.

Lihatlah sisi lain yang tidak biasanya, lihatlah alam yang berbeda, lingkungan yang tidak seperti biasanya. Akan ada banyak kenangan mahal di situ.

10. Jelajahilah pasar tradisionalnya.

Saturday Morning
https://www.flickr.com/photos/42882527@N03/

Tips ampuh untuk menyelami lebih jauh destinasi atau objek wisata tujuanmu adalah dengan mendatangi pasar tradisionalnya. Karena di sanalah komoditi asli lokal berkumpul, buah buah asli, sayuran, makanan asli yang dibutuhkan masyarakat.

Intinya Pasar tradisional adalah cerminan dari keseluruhan kegiatan di daerah tersebut. Pasar di Jogja akan nemuin pecel dan gudeg, jangan harap ini akan ada di pasar di Mamuju atau di Halmahera, tiap daerah punya khas.

11. Tulislah semua kenanganmu itu di blog atau tulis di buku cerita serumu dan sisipin semua rekaman foto-fotomu.

Taiwan Travel Album - Day 4
Buku Ceritaku | https://www.flickr.com/photos/arlynab/

Abadikan semua dalam blogmu, tata rapi kenanganmu dalam barisan kata katamu, sisipkan semua foto fotomu selama perjalanan, dari yang super duper awesome sampai yang penuh kenistaan.

Atau tulislah di buku cerita serumu, cetak foto fotomu, tempelkan ke situ, dan esok hari, itu akan jadi dongeng terindah untuk anak cucumu, dan akan menjadikan hal membanggakan dalam hidupmu.

Kalau ingin dibaca orang dan bisa menjadikan itu sebagain inspirasi, bisalah tulisanmu diketik wi MS Word, trus kirim deh ke Sabda@bersabda.com dan diusahain bisa tampil di web ini dan bisa dibaca oleh banyak orang. #bukanpromosi 🙂

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

2 thoughts on “Coba Beberapa Hal ini Biar Liburanmu Tak Terlupakan.

Leave a Reply

Top