You are here
Home > INFO & TIPS > Buat yang Suka Bingung kalau Mau Booking Kamar Hotel, Ini Nih Jenis-jenisnya.

Buat yang Suka Bingung kalau Mau Booking Kamar Hotel, Ini Nih Jenis-jenisnya.

Pasti kamu kalau liburan pernah bingung pas pengen booking kamar hotel. Kalau bookingnya lewat online mungkin bisa ngeraba-raba jenis kamarnya dengan lihat fotonya.

Tetapi jika kamu telfon langsung ke hotelnya, dan resepsionisnya langsung tanya “mau yang superior atau deluxe pak? atau yang family, double bed atau dibuat twin? atau yang connecting room? atau ingin menambah extra bed saja?” dan kemudian kamu bingung, mau balasnya bagaimana, terus pilih yang mana?

Hahahahaha, kamu pergi liburannya bersama temen dan kamu pilih “yang deluxe saja, double bed, yang connecting” Padahal kamu liburannya gaya backpack, mampus seketikalah kamu. Yaps, memang sedikit membingungkan di awalnya ketika memilih kamar hotel. Gampang gampang gak susah, kayak nyari jodohlah.

Begini, pada dasarnya, kamar di hotel itu dibagi menjadi dua jenis, yang pertama kamar berdasarkan fasilitasnya, dan yang kedua kamar berdasarkan jumlah bed atau ranjangnya.

Pertama-tama kamu pasti disuruh memilih kamar dengan jenis fasilitasnya, baru kemudian jumlah bed-nya. Secara garis besar tipe kamar hotel itu dibagi menjadi seperti ini:

More: Kenapa kamu akan susah tidur di kamar hotel? ini alasan ilmiahnya.

Berdasarkan Fasilitasnya:

Standard Room (STD)
Superior/premium Room (SUP)
Deluxe Room (DLX)
Junior Suite (JRSTE)/Studio (STU)
Suite Room (STE)
Presidentoal/Penthouse Room

Berdasarkan jumlah bed/ranjangnya.

Singgle Bed
Twin Bed
Double Bed
Triple/Family

Masih bingung perbedaanya? kita mulai lihat bedanya dari fasilitas yang ditawarkan dulu deh.

Kamar berdasarkan fasilitas yang ditawarkan.

Standard Room (STD)

Commodore - Standard Room
Standard Room. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/hickey-fry/9168493708/

Standard Room adalah kamar hotel dengan fasilitas paling standard juga. Ditandai dengan harganya yang paling murah tentunya. Kalau promo hotel bilang “room start from IDR 458.000” bisa jadi itu adalah harga standard room, yang paling murah.

Selanjutnya, kamar ini memiliki fasilitas paling standard, ada bed yang tipe singgle atau twin, ada TV yang gak gede-gede banget, kloset dan kamar mandi, meja, dengan ruangan yang kecil, dengan pemandangan yang jelek. Ya standard, mau dapet apa? hehehe.

Superior/premium Room (SUP)

Superior room
Superior Room. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/steigenberger/10979070214/

Nah, kamar ini kadang cukup rancu di banyak hotel, karena jadinya bisa beda-beda. Ada yang jadinya ini adalah kamar standard dengan pemandangan yang lebih bagus, atau fasilitas yang ada tambahannya dikit, makanya bisa disebut premium room juga.

Ada juga yang memang kamar ini berbeda jauh dengan standard, fasilitasnya tambah, ada meja yang lumayan besar, ruangannya nambah luas juga, lemarinya besar.

Jadi, kalau mau pesan kamar ini, kamu bisa showing dulu deh, lihat kamarnya, atau bisa tanya detailnya saja, dari pada zonk!

Deluxe Room (DLX)

Deluxe Room
Deluxe Room. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/merlin-phuket/10487942035/

Kalau deluxe room ini sudah kelihatan lumayan mewah, ruangannya pasti lebuh luas dan lega dari pada standard atau superior room. Fasilitasnnya juga berbeda, TV yang lebih besar, ruangan besar, lantai wooden atau karpet, pemandangannya bagus, lokasinya bagus, pencahayaan bagus, harganya juga tantu sudah mulai bagus.

Junior Suite (JRSTE)/Studio (STU)

Jr Suite Room
Jr Suite Room. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/laconcharesort/6385077589/

Kamar ini ruangannya besar, ditandai bed terpisah dengan seating area, atau ruang untuk duduk, kamar mandinya juga lebih luas, mejanya besar dan terpisah dengan TV.

Gampangnya, ada ruangan besar yang dipisah dengan sekat-sekat yang akan membedakan fungsi setiap bagian.

Suite Room (STE)

Rooms & Suites
Rooms & Suites. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/92700910@N05/8428992251/

Suite room adalah kamar yang besar, hampir sama dengan jenis studio atau junior suite. Bedanya, kalau studio disekat dengan materi yang semi temporari, seperti kayu atau lemari saja, tetapi di juite suit ini setiap fungsi ruangan disekat dengan bagian yang kokoh, bisa tembok.

Jadi, perbedaan fungsi ruangannya semakin terasa, dimana tempat tidur, tempat menonton, meja kerja, tempat duduk atau ruangan duduk, balkonnya. Ya seperti sebuah apartemenlah kurang lebihnya.

Di hotel-hotel mewah, biasanya tpike kamar ini yang paling murah loh, mantap jiwa.

Presidential/Penthouse Room

Living Room in the Four Seasons Boston Presidential Suite
Presidential Suite. | Sumber: https://www.flickr.com/photos/bouldair/5867313977/

Hotel bintang 5 harus punya kamar dengan fasilitas ini, minimal satu. Sering juga disebut penthouse room. Biasanya ada di lantai paling atas hotel, dengan menggunakan satu lantai full. Jadi viewnya tentu adalah yang terbaik.

Ruangannya lebih luas lagi dari suite, tetapi pembagian ruangannya sama, paling lengkap banget deh, dari bed, ruang menonton, ruang kerja, sampai bisa jadi ada mini swiming pool, dan tuntunya harganya juga paling mahal, bisa belasan sampai puluhan, atau bahkan ratusan juta per malamnya.

Kamar berdasarkan jenis bed/ranjangnya.

Single Bed

davidlee770924 / Pixabay

Bed atau ranjang yang digunakan hanya untuk satu orang saja. bisa berdua sih, ya tetapi gitu deh, gak usah dijelaskan lebih lanjut.

Twin Bed

pajala / Pixabay

Twin bed itu adalah ada dua bed dengan ukuran singgle di kamar. Kembar, biasanya dipakai untuk dua tamu.

Double Bed

JanClaus / Pixabay

Ini bed/ranjang dengan ukuran besar, bisa untuk dua orang. Kalau twin digabung, dan berubah jadi satu bed, nah itu dia double bed.

Triple/Family

FranckinJapan / Pixabay

Room dengan ukuran double bed ada dua buah, atau bed double dengan single bed. Biasanya digunakan untuk family atau keluarga.

Tambahan:

Extra bed

Extra bed adalah tambahan bed/ranjang yang yang kadang bisa lebih kecil dari bed yang ada di kamar, dan akan diberikan ke kamar di sisa ruang yang tersedia. Biasanya dipesan ketika jumlah tamunya nanggung, ingin pesan dua kamar, tetapi kebanyakan, akhirnya oesan satu kamar saja, dengan extra bed.

Connecting room

Di banyak hotel sekarang mereka jarang atau sedikit yang memiliki kamar triple/family, karena akan susah dijual, kecuali hotel yang memang spesifik di segmen family. Karena memang sedikit susah dijual, beberapa hotel jarang atau sedikit menyedikan tipe family.

Tetapi ketika ada tamu yang minta tipe ini, biasanya ketika family tidak ada, mereka akan menawarkan kamar yang connecting, yaitu ada dua buah kamar yang bisa dihubungkan dengan adanya pintu di dalam ruangannya.

Keuntungannya, ketika tidak ada yang pesan tipe family, kamar connecting bisa “dijual” sebagai kamar seperti yang lainnya.

Masih bingung? terus bagaimana dengan perbedaan “bintang” hotelnya? Kalau ini, tentunya juga sangat berpengaruh, standard room (STD) di hotel bintang 3 dengan bintang 5 secara fasilitas pasti berbeda, kualitas bed, lantai, kamar mandi, TV, akan terlihat perbedaannya, ruangnya mungkin sedikit sama, tetapi jumlah bed/ranjang akan tetap sama.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments