You are here
Home > RESEARCH > Berwisatalah Ketika Kamu Bisa, Kerena Itu Akan Membuatmu Semakin Cerdas Dalam Bekerja.

Berwisatalah Ketika Kamu Bisa, Kerena Itu Akan Membuatmu Semakin Cerdas Dalam Bekerja.

“Travel is still the most intense mode of learning” – Kevin Kelly.

Manfaat berwisata sepertinya tak akan pernah ada habisnya ketika diteliti.

Mengambil semua jatah cuti yang tersedia setiap tahun bisa membantu memberi kamu motivasi lebih dalam bekerja, liburan sambil berbagi foto liburan dengan teman dan teman dekat dapat membuat kamu menjadi orang yang lebih bahagia, dan melakukan liburan ke pantai dapat mengurangi tingkat tekanan psikologismu.

Kalau kamu memerlukan satu alasan lagi untuk segera memesan tiket penerbangan berikutnya, ini nih, sebuah studi baru menemukan bahwa bepergian dapat membuat kamu lebih pintar dan menghasilkan lebih banyak kesempatan kerja.

Liburan berkorelasi dengan kepekaan sosial.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh William W. Maddux, profesor “organizational behavior” di INSEAD, sebuah sekolah bisnis pascasarjana di Fontainebleau, Prancis nun jauh di sana nih, kalau orang-orang yang meluangkan waktu untuk bepergian atau liburan itu dan terlibat dengan komunitas baru akan memiliki jumlah tawaran kerja yang lebih tinggi karena mereka melewati sebuah pembelajaran multikultural.

More: Sering Liburan Tetapi Belum Bahagia, Kenapa? Kata Booking.Com Dan Research Now, Karena Beberapa Hal Ini.

Seperti yang dijelaskan Forbes, penelitian ini membuktikan hubungan antara “multicultural engagement” seseorang, yang merupakan kemampuan mereka untuk beradaptasi dan belajar dari budaya baru, dan “integrative complexity” mereka, yang merupakan kesanggupan seseorang untuk menerima perspektif persaingan dalam sebuah pekerjaan.

Ketika individu berada dengan lingkungan multikultural yang berbeda, studi tersebut menyatakan bahwa ada pendekatan psikologis dan keterlibatan mereka dengan budaya yang berbeda yang akan menentukan pertumbuhan kompleksitas integratif dan peningkatan kesempatan profesional yang nyata.

Bingung nggak kamu memahaminya? hehehe. Intinya, kalau kamu ada di budaya atau daerah yang berbeda, kamu bisa lebih bertumbuh menjadi pekerja yang lebih baik.

StockSnap / Pixabay

Dan studi Maddux bukan satu-satunya yang menunjukkan manfaat dari sebuah perjalanan. Sebuah studi 2009 dari Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa siswa yang tinggal di luar negeri 20% lebih mungkin untuk menyelesaikan tugas komputer daripada mereka yang tinggal di negara asal mereka.

Berlibur mampu meningkatkan kinerja.

Buzzfeed melaporkan juga, bahwa sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa mereka yang hanya melihat foto dari keindahan alam selama 40 detik bisa meningkatkan kinerja secara drastis pada tugas berikutnya, apalagi kamu pergi langsung melihat keindahan alam itu dengan berwisata.

Intinya, semakin kamu sering menjelajahi lebih banyak budaya dan alam yang baru, semakin banyak pelajaran dan sudut pandang yang dapat kamu temukan untuk memenuhi semua tantangan pekerjaan yang semuanya itu pasti akan membantu kamu.

Jadi, selalu jadikan berwisata sebagai cara kamu untuk mengilhami agar selalu pergi liburan ke tempat yang baru.

 

Sumber: Travel and Leisure.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

2 thoughts on “Berwisatalah Ketika Kamu Bisa, Kerena Itu Akan Membuatmu Semakin Cerdas Dalam Bekerja.

Leave a Reply

Top