You are here
Home > INFO & TIPS > Berapa Hari Idealnya Wisatawan Harusnya Menghabiskan Waktu untuk berlibur? Ini Hasil Penelitiannya.

Berapa Hari Idealnya Wisatawan Harusnya Menghabiskan Waktu untuk berlibur? Ini Hasil Penelitiannya.

Kamu pernah gak liburan ke tempat yang kamu idamkan, dengan orang yang paling kamu suka, dengan akomodasi terbaik, dan dengan segala harapan yang telah kamu inginkan?

Semuanya seakan sempurna, tetapi setelah kembali dari liburan, kamu masih merasa bahwa masih ada yang kurang dari liburan ini, tetapi tidak tau karena apanya, karena sepertinya semua telah terencana dengan sempurna.

Di meja kantor kamu masih termangu menatap kaca, memandang keluar jauh di angkasa, masih membayangkan liburan kemarin yang indah, tetapi kenapa kini masih seperti ada yang kurang? Yang harusnya sehabis liburan fikiran menjadi segar, ini koq kenapa tidak begitu.

Mungkin, salah satu faktor utama kenapa kamu berfikir masih ada yang kurang itu karena faktor lamanya kamu berwisata. Kamu berwisata kurang lama, atau terlalu lama.

Pertanyaannya, sebenarnya berapa hari idealnya kita liburan agar badan, hati, dan fikiran bisa menjadi segar kembali?

More: Penelitian Membuktikan Jika Traveling Membuat Kita Jauh Lebih Bahagia Dari Pada Membeli Barang Apapun Itu.

 

Mariamichelle / Pixabay

Kali ini kita memiliki sebuah penelitian untuk menjawab pertanyaan kamu itu. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Happiness Studies, panjang ideal liburan tepat delapan hari.

Seperti yang dicatat oleh para peneliti, wisatawan akan merasakan peningkatan kebahagiaan selama beberapa hari pertama liburan, dengan perasaan memuncak pada hari kedelapan.

The Times-Picayune menjelaskan juga. Selain itu, perjalanan delapan hari memberi banyak waktu kepada para wisatawan untuk meninggalkan kebiasaan atau rutinitas, selanjutnya untuk merasakan suasana yang baru, dan akhirnya bisa menikmati rasa baru (liburan) yang lebih santai.

Menurut temuan para peneliti, setelah hari kedelapan, getaran positif dan manfaat kesehatan mulai dirasakan oleh fikiran dan badan, di bawah itu, badan dan fikiran masih gagal move-on dengan rutinitas (kerja) yang menjadi rutinitas.

Seperti yang dikatakan oleh para peneliti dalam kesimpulan mereka, “Butuh beberapa waktu untuk bisa santai setelah masa kerja yang penuh tekanan dan menyesuaikan diri dengan liburan.”

Manfaat dari liburan delapan hari mungkin sangat berarti, karena wisatawan akan merasakan tidur lebih nyenyak, merasa stres berkurang, dan mengalami keseluruhan kenyataan perasaan yang lebih tenang setelah kembali ke rumah.

Dan dari penelitian ini, sepertinya kita harus merencanakan liburan lebih lama.

Pada penelitian ini, mengatakan juga bahwa kamu perlu liburan ke tempat yang jauh. Bahkan hanya dengan memilih untuk berlibur di destinasi yang dekat, tetap akan meberikan kesegaran fisik dan psikologis yang sama.

Sekarang setelah kamu tahu berapa hari harusnya liburanmu agar sempurna, kamu sudah siap untuk meminta delapan hari penuh dari kantor kamu? tantangan selanjutnya dimulai. 

 

Sumber: Travel and Leisure.

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

One thought on “Berapa Hari Idealnya Wisatawan Harusnya Menghabiskan Waktu untuk berlibur? Ini Hasil Penelitiannya.

Leave a Reply

Top