You are here
Home > FOTO FOTO > Berani Menyelam di Antara Bangkai Kapal USAT Liberty? Coba Maen ke Tulamben Bali.

Berani Menyelam di Antara Bangkai Kapal USAT Liberty? Coba Maen ke Tulamben Bali.

USAT Liberty Wreck, Tulamben, Bali
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti “banyak batu”, merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben (Wikipedia).

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Kerennya, penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini, ya walau keselamatan tetap nomor wahid. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 20 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Biota lautnya gak usah ditanya lagi, mulai dari karang, sampai ikan-ikan akan membuatmu semakin cinta dengan dunia bawah laut Indonesia.

So, penasaran dengan spot yang katanya tempat paling indah menyelam diantara bangkai kapal se Indonesia ini? cekodot foto-fotonya. ūüôā

 

1. Desa Tulamben secara administratif masuk dalam Kecamatan Kudu, Kabupaten Karangase, Bali. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam perjalanan darat dari Denpasar menyusuri jalan mulus pesisir pantai timur Bali.

Bali Itinerary v2.0
https://www.flickr.com/photos/cyberminnie

2. Untuk menuju ke Tulamben butuh waktu kurang lebih dua jam jika membawa mobil sendiri dari kawasan Sanur atau berjarak sekitar 100 kilometer dari Denpasar.

Tulamben 058.jpg
https://www.flickr.com/photos/davebluck

3. Obyek  utama bawah airnya adalah bangkai USAT Liberty, kapal perang Amerika yang karam saat perang dunia II. Bisa disaksikan mulai kedalaman 3 meter.

USAT Liberty Wreck, Tulamben, Bali
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

4. Kapal yang tenggelam pada 1942 ini memiliki keindahan yang menjadikan spot ini sebagai tempat terindah di Indonesia untuk menyelam di antara bangkai kapal.

USAT Liberty Wreck, Tulamben, Bali
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

5. Mei adalah saat yang tepat untuk berkunjung ke Tulamben. Ombak relatif bersahabat tanpa hujan atau arus di kedalaman. Jumlah pengunjung juga belum mencapai puncak. (detik.travel)

USAT Liberty Wreck, Tulamben, Bali
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

6. USAT Liberty Glo dibangun pada 1918 sebagai kapal perang Amerika Serikat jenis kargo. Tugas kapal dengan panjang 120 meter ini adalah melayani kebutuhan militer Amerika Serikat pada Perang Dunia II. (travel.tempo.co)

wreckage scene - our DM SEMUT
https://www.flickr.com/photos/cyberminnie

7.¬†Keunggulan dive spot di Tulamben adalah¬†jaraknya tak terlalu jauh dengan pantai, hanya sekitar 20 meter, dan arusnya tidak terlalu deras, sehingga memudahkan penyelam bergerak dan masuk ke bangkai kapal, dan penyelam bisa memberi makan ikan-ikan yang ada di dasar laut kendati hal itu menyalahi aturan konservasi. (travel.tempo.co) ūüôā

PADI Open Water Students getting ready to dive
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

8. Jika ingin menyelam, tak usah repot membawa perlengkapan selam. Di Tulamben tersedia perlengkapan selam mulai dari snorkel, masker, fin, BCD, regulator, hingga wet suit. Tersedia pula para guideatau dive master profesional. Cukup membayar Rp 600 ribu saja untuk mereka. (travel.tempo.co)

Turtle on the USAT Liberty Wreck, Tulamben, Bali
https://www.flickr.com/photos/raincitystudios

9. Di Tulamben, obyek  foto makro yang bisa ditemukan ada beragam. Aneka siput laut termasuk jenis costasiella atau variasi genusdoto yang banyak dicari, bermacam jenis udang laut mini, atau pygmy seahorse.

Mantis Shrimp
https://www.flickr.com/photos/pacificklaus

10. Kapal USAT Liberty Glo ditemukan pada 1970-an oleh warga Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Selanjutnya lokasi ini dijadikan tujuan wisata oleh masyarakat setempat. (travel.tempo.co)

Bumphead Parrotfish
https://www.flickr.com/photos/pacificklaus

11. Berbagai jenis ikan dengan berbagai rupa menyelimuti terumbu karang yang melekat di kapal US Liberty ini, membuat kita ingin ada di dalam kedalaman trus.

IMG_3063
https://www.flickr.com/photos/alew

12. Bonus dari Tulamben, di sana kita tidak akan lupa daratan, karena hamparan sawahnya menyegarkan mata dan hati.

Bali-200709-380-KMS
https://www.flickr.com/photos/khooms

13. Kalau foto-foto kurang puas, yuk liat video freedive di Tulamben ini, pasti langsung pengen.

.

 

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments