You are here
Home > INFO & TIPS > Aplikasi Wajib ada di Smart Phone Kamu Para Pemuja Liburan.

Aplikasi Wajib ada di Smart Phone Kamu Para Pemuja Liburan.

smartphone era
https://www.flickr.com/photos/steefafa/

Mau liburan? tentunya akan banyak persiapan, mulai dari pakaian yang akan dipakai, sepatu, kamera, monopod, kaca mata hitam, topi, tas, hotel, transportasi, dan segala kerempongan liburan. Di balik “the art of rempong” tersebut, tentunya ada satu hal yang kecil tetapi sangat penting, yaitu smartphone, kenapa penting, karena siapa sih sekarang yang sanggup hidup tanpa bantuannya, kecenderungannya anak muda yang hidup di masa kekinian sedikit banyak tergantung dengan alat tersebut.

Smartphone harusnya bisa memudahkan segala aktifitas keseharian kita, termasuk ketika kita ingin liburan. Nah, biar smartphonemu itu benarbenar smart dan bisa membantumu maksimal, kita akan kasih rekomendasi aplikasi yang kira kira berguna dalam kegiatan liburanmu, dan agar smartphonemu tidak hanya berisi aplikasi sosial media dan chating saja, dan tentunya juga agar perjalanan liburanmu semakin asik. Cekidhot.

1. Map.

Boston Church of Scientology on Google Maps on iPhone
https://www.flickr.com/photos/stevegarfield/

Yaps, aplikasi ini wajib banget untuk kamu para traveler. Di beberapa smartphone aplikasi ini sudah terinstal default dari pabrikan, mau itu dengan sistem operasi windoes, iOs, atau android.

Sebenarnya ada aplikasi Map lain yang bisa di download di appstore atau google play, yang lebih memberikan fasilitas lengkap, contohnya offmaps, yang bisa memberikan fasilitas kemudahan mengakses peta walau dalam keadaan offline atau tanpa sinyal, ya walau harus baway. Tetapi secara umum fungsi aplikasi ini bisa menetukan koordinat kita dan tujuan kita.

2. Google Translate.

translator-1-360x300
https://www.flickr.com/photos/110457687@N03/

Aplikasi ini mungkin akan banyak berguna ketika kamu ada di luar negeri. Dengan bahasa yang berbeda dan tidak kamu pahami, aplikasi besutan google ini akan banyak memberi kemudahan. Tulislah dalam bahasamu dan dia akan menerjemahkan ke ratusan bahasa di dunia, dan media komunikasi kamu dengan masyarakat lokal dimana kamu berwisata sedikit bisa terbantu.

3. Twitter.

Twitter
https://www.flickr.com/photos/traftery/

Twitter? untuk apa? mau liat TTWW? atau mau kultwit pas liburan? Tentunya sama sekali tidak saudara. Kalau kamu mau liburan ke suatu daerah, coba deh kamu follow akun yang sering memberikan informasi terupdate tentang destinasi wisata kamu.

@infobdg untuk yang kamu mau ke bandung, @jogjaupdate @lalinjogja untuk yang mau liburan ke jogja, @infojakarta dan @TMCPoldaMetro untuk di jakarta, @infobali atau @infolantasbali bisa kamu follow kalau ke Bali.

Kalau setelah liburan kamu tidak mau akun tersebut memenuhi timelinemu, ya unfollow lagi saja, kan simpel. Jadilah cerdas, lakukan itu yang benar dan baik.

4. TripAdvisor.

β€œMost romantic holiday destination ever!!!! 5 of 5 stars from TripAdvisor The Sands at Chale Island is paradise. The Island is gorgeous, sparkling white beaches and clear waters. Every inch of the island is perfect and makes for one of the most romantic v
https://www.flickr.com/photos/97309140@N03/

Siapa sih yang nggak kenal aplikasi yang satu ini, aplikasi yang bisa memberika kamu informasi yang akurat tentang tempat makan sampai penginapan yang didalamnya sudah ada beberapa rekomendasi dari traveler lain, pokoknya terjamin deh. Di dalamnya juga ada built to maps untuk membimbingmu ke hotel plihan kamu. Sangat membantu.

5. Instagram.

Instagram a low fat dessert
https://www.flickr.com/photos/zone41/

Aplikasi sosial media ini tentunya sudah sangat familiar, bahkan sudah kamu download dan instal. Sebenarnya korelasinya dengan liburan apaan? pertama, tentunya untuk pamer ke teman teman kamu, kalau kamu sedang di pulau kecil dengan pasir putih, dan sedang berlari lari di sana, tentunya ice breakers banget, iya nggak sih? dan akhirnya kamu dapat “love” banyak, teman teman pada iri, pengen, dan penasaram, dan kamu tentunya bisa tambah sombing ke teman temanmu, suatu kepuasan tersendiri.

Selanjutnya fungsi IG adalah ketika kamu liburan tentunya pengen buat foto yang unik, keren, dari angle yang baik, dan referensinya banyak banget di IG, search aja dengan hashtag objek wisata yang akan kamu kunjungi, dan akan banyak referensi foto foto yang bisa kamu tiru dan kamu kreatifitaskan lagi.

6. Music Player.

iPod nano
https://www.flickr.com/photos/robertoborello/

Kalau aplikasi ini pasti sudah ada di smartphone kamu, bahkan tak harus smaphone, di hape jadul saja fitur ini sudah ada. Fungsinya untuk apa? Kalau kamu bosen menyebrang naik kapal dari Jepara ke Karimun Jawa 5 Jam naik kapal ferry, musik tentunya teman terbaik, perjalanan di bus, atau pesawat Jakarta-Narita, tentu membosankan, dengan ada music player keboringan perjalannmu bisa terkurangi.

7. Book Reader.

Coffe & Kindle
https://www.flickr.com/photos/tim_d/

Yaps, untuk kamu yang suka membaca, atau bosan ketika dalam perjalanan jauh atau suka menikmati keindahan pantai ditemani novel dari penulis favoritmu, kamu menyarankan kamu untuk instal aplikasi ini, ada banyak banget koq, search saja πŸ™‚ kemudia isi dengan buku, novel, makalah, atau tabloid favorit kamu, disamping simpel, nggak bawa fisik buku yang besar, berat, dan beresiko, kamu tetap bisa mengikuti cerita dari indahnya karya sastra.

8. Wheater.

Windows 8
https://www.flickr.com/photos/andyboohh/

AUntuk kamu yang suka naik gunung, atau senang dengan aktifitas liburan di alam, tentunya nggak mau keseruan liburanmu terganggu dengan cuaca yang salah kamu prediksi. Banyak jenisnya dari aplikasi ini, kamu bisa search aja di “toko” di smartphone kamu, banyak jenisnya, dari yang gratis, sampai yang berbayar. Tantunya kalau bayar fasilitas yang kamu dapatkan pastinya lebih.

Intinya aplikasi ini bisa memberikan prakiraan cuaca di destinasi wisatamu, jadi, kemungkinan kamu kehujanan di Kintamani, atau mendadak kabur pendangan ketika free dive di bali bisa terminimalisir dengan aplikasi ini, dan tentunya ujungnya agar liburanmu semakin ciamik.

9. Foursquare/Swarm.

Foursquare
https://www.flickr.com/photos/isalei/

Awalnya aplikais ini hanya untuk menampiklan ke-eksisanmu, dengan memamerkan kalau kamu lagi ada di Pantai Kuta dan melihat sunset, atau lagi snorkling di derawan. Tetapi seiring berjalannya waktu, aplikasi ini tidak hanya memberikan layanan itu, tetapi bisa juga memberikan layanan informasi tempat nongkrong yang lagi “hits” di sekitaran kamu, tempat ngopi, yang jual masakan ala itali, makanan tradisional, gudeg, dan segala macam kemungkinan yang bisa semakin men-syahdukan liburanmu.

10. Traveloka.

blog.traveloka.com

Pertama-tama kami tegaskan, ini bukan iklan, tetapi memang menganjurkan untuk kamu untuk instal aplikasi dari traveloka ini, akan banyak kemudahan yang kamu dapatkan di dalamnya, mulai dari check-in hotel, sampai pesan tiket pesawat, gampang dan mudah.

11. Kompas.

compass
https://www.flickr.com/photos/74875296@N00/

banyak varian dari aplikasi ini, dan rata-ratanya hanya dalam bentuk aplikasi kecil, dan gampang untuk digunakan. Fungsi utamanya tentunya untuk menunjukan arah, bisa ketika liburan, dan yang terpenting adalah ketika kamu akan Sholat, tentunya kamu nggak mau liburanmu menggangu sholatmu kan? Nah, di beberapa hotel di thailand atau luar negeri, petunjuk arah kiblat itu tidak ada, nah dengan aplikasi ini kamu bisa sedikit tertolong di dalamnya, dan akhirnya liburan asik, sholat tetep jalan, dan jalan jalanmu bisa sempurna.

Kamu punya rekomendasi aplikasi yang layak di-instal di smartphone buat teman temanmu yang akan liburan? tambahin di komentar saja yah, semoga bisa saling menginspirasi. πŸ™‚

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments