You are here
Home > INFO & TIPS > Apa yang Jangan dan Sebaiknya Kamu Lakukan Kalau Liburan ke Thailand.

Apa yang Jangan dan Sebaiknya Kamu Lakukan Kalau Liburan ke Thailand.

Pengen maen ke luar negeri? pengen ke Thailand? tentunya dengan budaya yang berbeda dengan kita di Indonesia, ada banyak kebiasaan yang harus menyesuaikan dimana kita berpijak, karena liburan adalah proses terbaik untuk mengajarkan ke diri sendiri tentang bagaimana itu menghargai.

Nah, kita akan memberi kira kira apa sih yang jangan dan sebaiknya kamu lakukan kalau sedang atau ingin berlibur ke negara gajah, Thailand dengan segala keunikannya di mata seorang bro Hairun Fahrudin penulis buku backpacking: Thailand.

Cek ki dot, dan semoga berguna.

Baca Juga: Tari Kecak Di Uluwatu, Antara Kesempurnaan Budaya, Masyarakat, Alam Dan Kamu Wajib Nonton Sebelum Die

1. Tunjukanlah rasa hormat kepada segala macam simbol simbol agama Buddha. Patung atau lukisan Buddha dianggap sangat sakral oleh masyarakat Thailand, dan hukuman penjara bisa kamu dapatkan kalau bertindak ofensif terhadap simbol simbol ini, meskipun ini dilakukan oleh orang asing.

Line of Buddha -Wat Pho
https://www.flickr.com/photos/vinodmurali/

2. Perpakaian dan bertingkah lakulah yang sopan saat menunjungi Vihara Buddha. Tidak diperkenankan memakai pakaian “you can see” A.K.A pakaian tanpa lengan dan celana pendek saat memasuki tempat tempat ini, dan aturan ini benar benar ditegakkan, karena akan ada petugas yang akan menegur kamu kalau kamu melakukan kesalahan.

Emerald Buddha
https://www.flickr.com/photos/arawatclicks/

3. Biksu Buddha adalah orang yang dihormati dalam masyarakat Thailand. Kalau sedang di kendaraan umum, berikanlah tempat dudukmu kepada biksu Buddha. Trus, berperilakulah sopan kalau duduk disamping biksu, jangan pangku pangku kaki, atau ngangkang ngangkang.

Buddha School
https://www.flickr.com/photos/stuckincustoms/

4. Usahakan untuk membungkukan badan saat melewati di depan orang yang lebih tua dari kita.

Chatuchak Weekend Market
https://www.flickr.com/photos/4st4roth/

 

5. Sama seperti di Indonesia, selalu gunakan tangan kanan kalau ingin menerima atau memberikan sesuatu.

Buddha
https://www.flickr.com/photos/magicfire/

6. Orang Thailand jarang berjabat tangan. Tetapi, sebagai gantinya, lakukan wai, yakni mengatupkan kedua tangan di depan dada anda sendiri, bukan orang lain.

2014-11-07 Thailand Day 17, Loy Krathong, Chiang Mai
https://www.flickr.com/photos/qsimple/

7.Pelajarilah beberapa frasa atau kalimat dalam bahasa Thai, seperti Halo. dan terima kasih. Orang Thailand sangat senang bila menjumpai turis asing yang berusaha mempelajari bahasa mereka. “Sabai dee mai” artinya “apa kabar”, “Khop khun” (Baca: Kop Kun) artinya “maturnuwun”.

2013-11-16 Thailand Day 09, Yi Peng Khom Loi Festival 2013, Maejo University, Chiang Mai
https://www.flickr.com/photos/qsimple/

8. Raja dan keluarganya sangat dihormati oleh masyarakat thailand. Hormatilah juga mereka dan simbol simbol kerajaan, jangan berfoto yang aneh aneh di potret raja, trus kamu jadiin meme, wah, langsung dibegal prajurit kerajaan kamu.

Thailand-3169 - Maybe we should have put up wallpaper.. (Large is great)
https://www.flickr.com/photos/archer10/

9. Ini buat kamu yang berlibur dengan pacar, jangan berperilaku intim berlebihan terhadap pasangan, contohnya kita tidak bisa jelasin, tapi kita jelasin dikit, seperti ciuman atau berpelukan itu tindakan tidak lazim dalam budaya Thailand.

On the grounds of the Grand Palace in Bangkok, Thailand
https://www.flickr.com/photos/uwebkk/

10. Kepala merupakan bagian tubuh tertinggi dan harus dihormati menurut budaya Thailand. Makanya, menyentuk kepala atau rambut seseorang adalah tidak sopan, apalagi sampai njitak. Jangan pernah lakukan kepada siapapun, kecuali teman dari Indonesia, kalau sidah di Indonesia.

Buddha entwined
https://www.flickr.com/photos/decadence/

11. Jangan memotret Biksu Buddha, meskipun ia sedang tidak melakukan ritual, apalagi ngajak selfie.

tres amigos
https://www.flickr.com/photos/ndayla/

12. Biksu Buddha tidak boleh menyentuh lawan jenis, Jika kamu seorang perempuan, jagalah jarak saat berkomunikasi dengan mereka, usahakan jangan sampai memeluknya, sifat “menthel-nya” di tinggalin di rumah dulu deh. Kalau yang ini, dikit dikit bolehlah.

2013-11-17 Thailand Day 10, Chiang Mai Yee Peng Festival 2013
https://www.flickr.com/photos/qsimple/

13. Intinya, sama seperti pepatah, dimana langit dijunjung, di situ bumi dipijak, ya dimana kamu berada, hormatilah budayanya. Budaya itu baik, tidak akan mengekang kegiatan liburanmu koq, jadi tetap nikmatila kegiatan wisatamu.

w0000106
https://www.flickr.com/photos/djprmf/

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

Leave a Reply

Top