You are here
Home > NULIS NULIS > Apa yang Dipelajari Kalau Kamu Kuliah Perhotelan? Baca di Sini.

Apa yang Dipelajari Kalau Kamu Kuliah Perhotelan? Baca di Sini.

Kuliah bisa dikatakan sebuah fase yang krusial dalam hidup. Kadang, hidup kedepan itu, akan ditentukan oleh pilihan kuliah. Kuliah di jurusan apa. Fase paling galau nih bagi kebanyakan mahasiswa, memutuskan untuk memilih jurusan untuk kuliah.

Dari sekian banyak pilihan, dari yang favorit seperti kedokteran, hukum, ekonomi, teknik, sepertinya semiuanya susah. Pengen yang keren seperti di ilmu komputer, arsitektur atau desain, tapi koq otaknya takut gak kuat.


Ah, dari pada pusing, kayaknya ambil jurusan yang lagi hits, dengan peluang kedepannya sepertinya cerah, karena hampir di setiap kota, perkembangannya sangat cepat, hotel.

Oke sip, ambil jurusan perhotelan sepertinya enak, keren, santai, orangnya keren-keren, bisa ketemu banyak orang, kerjanya (kelihatan) santai. Apakah memang seperti itu?

More: Hanya anak perhotelan yang bisa ngerasain hal ini.

Jurusan perhotelan memang belum sebesar nama jurusan Hukum, Ekonomi, dkk, tetapi beberapa tahun terakhir, pertumbuhan mahasiswa dijurusan ini selalu meningkat (hildiktipari.com) Apakah ini cuma ikut trend, karena malas kuliah di jurusan lain, atau passion?

Sebagai jurusan baru (walau sudah lama) di dengar di masyarakat, ada satu pertanyaan. “Apa sih yang dipelajari kalau kuliah perhotelan? kerjanya kan cuuma itu-itu saja?”

Biar gak bingung, kita akan bagi, kira-kira apa yang kan dipelajari kalau kamu ambil jurusan perhotelan. Ini kita buat general, karena setiap kampus memiliki keunikannya masing-masing.

More: Kenapa kerja di hotel bikin banyak orang lain iri.

Kuliah Bahasa Indonesia, Agama, Kewarganegaraan dan Pancasila itu pasti ada.

GDJ / Pixabay

Mata kuliah ini pasti ada, kalau tidak ada, bisa dipastikan mungkin kamu gak kuliah di kampus resmi, atau tidak kuliah di Indonesia. Ini Adalah Mata kuliah wajib, mau kuliah di jurusan ekonomi, bahasa, teknik, hukum, pasti ada, jadi, terimalah mata kuliah ini dengan ikhlas.

Kadang banyak mahasiswa gak lulus karena mata kuliah wajibnya dapat nilai D, untuk mata kuliah ini, wajib hukumnya lulus, biar kamu bisa wisuda.

Dasar-dasar manajemen, dan spesifik ke manajemen perhotelan.

Belajar manajemen loh, dari manajemen dasar sampai spesifik ke manajemen perhotelan.

Membuat perencanaan, visi dan misi hotel. Perekrutan karyawan untuk semua departemen di hotel, menggaji, memberikan bonus, pelatihan, pengembangan karis, kepemimpinan, sampai mengevaluasi kinerja semua karyawan. Duh, koq banyak juga ya?

Belajar Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Mandarin, dan bahasa asing lainnya.

olilynch / Pixabay

Paling pasti ada ya Bahasa Inggris, penambahan mata kuliah bahasa lain tentunya menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum kampus.

Kalau target sebaran alumni yang di sasar asia, tentunya akan ada Bahasa Jepang, Korea, Mandarin, dan mungkin belajar Bahasa Arab.

Ada kampus yang bahasa Perancis, Jerman, juga Itali loh. Bahasa inggris saja belepotan, mau ditambah bahasa lain. Gile lu ndro!

Semua tergantung dari kampusnya, yang pasti kamu akan belajar lebih dari 2 bahasa.

Belajar tentang front office, belajar berkomunikasi yang baik dan efisien.

Front Office

Belajar jadi resepsionis, bagaimana menyambut tamu, mulai dari check-in sampai check-out. Prosedur bagaimana menjawab telepon, akan jadi telephone operator.

Belajar menjadi Gust Relation Officer, belajar berkomunikasi dengan tamu dengan segala “keunikan” guest. Banyak anak yang cantik sama cakep di sini, hehehe.

Kamu fikir gak bakal menghitung? Salah besar! Kamu akan belajar Accounting, store and purchasing.

stevepb / Pixabay

Perhotelan gak bakal ada hitung-hitungan? No no no, kamu akan belajar hitung, dan angkanya bikin kepala botak!

Bagaimana proses pengadaan barang, membeli, dan bagaimana menyimpannya, untuk semua kebutuhan hotel loh ya, dari piring, daging, handuk, sapi, dan semuanya.

Kuliah tata graha, atau house keeping, berkutat dengan kamar dan kebersihan hotel.

Kamu akan belajar bagaimana mengatur sebuah kamar di hotel, memasang sprei, bed cover. Membersihkan lantai, dengan menggunakan alat, membersihkan lantai berbahan marmer, kayu, keramik, semuanya berbeda caranya.

Belajar mengatur ruangan meeting, bagaimana menyusun kursi, meja, panggung, dry garden, dan masih banyak lagi. Merawat taman, kolam renang, sampai kaca-kaca di hotel.

Banyak banget deh pokoknya yang dipelajari.

Belajar menjadi pelayan di restoran, food service, belajar banyak senyum, tentang tata hidang.

rawpixel / Pixabay / Table maner

Melayani tamu yang ingin makan di restoran atau bar.

Menjelaskan menu makanan dan minuman, sampai harus tau jenis jenis sendok, garpu, dan tata letak goblet itu dimana kalau ada table manner. Mampus deh.

Kamu akan belajar tentang pengetahuan makanan, selanjutnya bagaimana mengolahnya, Hot and Cold Kitchen.

Pexels / Pixabay

Terminologi makanan, di sini kamu bisa jadi koki, dan kemudian bisa jadi cheff.

Tetapi semuanya tidak akan pernah gampang, belajar jenis jenis pusau dan fungsinya aja dah bikin gila, cara memotong sayuran, cara membersihkan dan memotong ayam, ikan, daging, semakin bikin gila.

Itu belum belajar tentang jenis makanan, ribuan bumbu-bumbu dan dengan jutaan cara pengolahannya.

Memanajeman makanan, mulai dari kebutuhannya apa, sampai plating makanan, garnisnya, sampai nutrisinya, fiuuhhh, perjalanan jadi cheff ternyata bakal panjang banget nih!

Belajar pengetahuan minuman juga, mocktail, cocktail, sampai bisa jadi barista.

Pexels / Pixabay / Barista

Keren sih awalnya, ia awalnya saja, setelah itu, ya silahkan menikmati.

Menghafal jenis gelas dengan fungsinya saja dah ratusan lembar bung. Penyajian minuman, rasanya, kandungannya. Banyak akan menjadi bartender nih di sini.

Jenis minuman alkohol, wine, kopi, dan tentunya banyak lagi. Dadah dadah deh ke jalan jalan enak kayak fikiran orang lain kalau kuliah perhotelan.

Di beberapa kampus perhotelan kamu bakal diajarin tentang spa and massage.

Nawalescape / Pixabay / Spa and Massage

Yups, ini juga gak kalah bikin asik, belajar mijet aja loh. Mhhh, gak gampang!

Belajar tentang Hygine dan sanitasi hotel, belajar ilmu lingkungan, limbah-limbah.

Belajar apaan lagi ini? ya kurang lebih belajr tentang bagaimana membuat hotel bersih dan sehat, dariudara sampai ke limbah di hotel.

Belajar pengetahun kue dan roti, jadi anak pastry and bakery.

Pexels / Pixabay / Pastry and Bakery

Kalau kamu belajar buat makanan itu yang tadi, di hot and cold kitchen, kalau buat kue beda lagi.

Buat makanan itu gagalnya cma krna godong, atau over cook, atau sebaliknya krna kurang matang. Selebihnya bisa “dimainin” Keasinan, bisa kasih air, kepedesan nanti ditambah apa. Masih sedikit bisa diajak bermain.

Kalau kamu di pastry and bakery, semua resepnya sama, salah cara mengaduk, kuemu bisa gagal. Cara mencampur benar, tetapi membakannya terlalu panas 5 derajat, gagal lagi, kelamaan bakarnya juga gagal, kurang 1 gram resep, gagal dan kalau gagal, ya udah, dibuang saja.

Susah b a n g e t ! bikin baper pokoknya.

Enginering, kamu akan berkutat dengan elektrikal dan mekanikal di hotel.

Ini perhotelan atau anak teknik sih? kenyataannya sih begitu, belajar tentang struktur bangunan hotel, pencahayaan, lampu-lampu, mengurus AC, TV di hotel, sampai sound system loh yah.

Ya walau tidak sedalam anak di teknik elektro, tetapi anak [perhotelan juga gak bakal kalah.

Marketing perhotelan, mulai dari sales sampai public relation.

geralt / Pixabay

Belajar marketing, melihat kebutuhan wisatawan, menganalisis, kemudian menjualnya, belajar tentang periklanan, kerjasama dengan koorporate atau perusahaan, tawar menawar prodak, sampai membuat gagasan paket jualan untuk hotel, seperti paket meeting untuk perusahaan. Wah lumayan juga ini.

Belajar komputer juga pastinya, ya MS office, dan beberapa SIM perhotelan.

Yups, belajar mainin komputer, mungkin di SMA atau SMK sudah belajar juga, untuk yang ini, lumayan entenglah.

Kamu akan belajar tentang Sistem Informasi Perhotelan (SIM) seperti yang dipakai Front Office, di accounting, yang umum dipakai hotel.

Kadang bisa belajar tentang kebudayaan juga loh.

Belajar kebudayaan.

Jangan kira gak bakal ada, tidak semua kampus sih, tapi beberapa kampus ada mata kuliah tentang kebudayaan loh.

Belajar menajemen laundry atau binatu juga loh.

Bagian dari departmen House keeping kalau di hotel, tetapi kadang kalau hotelnya besar, laundry akan berdiri sendiri.

Sepertinya sederhana, tetapi, bisa kami pastikan gak bakal gampang. Membersihkan kain dengan berbagai jenis bahan tentunya caranya berbeda juga. Jenis kotoran di kainnyapun akan membuat jenis pengerjaannya berbeda. Bingung bingung deh.

 

Belajar tentang kepariwisataan.

Prof. Azril

Banyak yang kira kuliah perhotelan dan pariwisata itu sama, padahal mereka sejalan, setujuan, tetapi beda rumah, berbeda. Perhotelan adalah bagian dari pariwisata, sementara pariwisata tidak hanya tentang perhotelan saja.

Nah, pariwisata yang mana yang dipelajari, ya mulai dari objek wisata, destinasi wisata, wisatawan, dokumen parjalanan, undang undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan, sampai ke dampak dari pariwisata. Lumayan banyak juga ya?

Kamu akan belajar tentang kewirausahaan juga.

Kamu belajar kalau mau buat usaha bagaimana? strategi bnisnis, bisnis plan-nya, buat proposal pinjaman dana, sampai pelaksanaan di lapangan. Bersyukurlah kalau kampusmu fokus di sini, kamu bisa disuport sampai usahamu jadi.

Ketika lulus, kamu sudah punya usaha deh. Enak kan?

Belajar metodelogi penulisan karya ilmiah juga pastinya.

FirmBee / Pixabay

Kamu kira karena kamu sudah jago memasak, kamu tidak butuh tahau bagaimana cara menulis yang baik dan benar? kamu salah, Kamu akan diajarin menulis, ini terkait untuk kamu yang kan buat artikel ilmuah, Tugas akhir untuk ujian pendadaranmu, dan akhirnya di wisuda.

 

Bagaimana? mulai tambah pengen kuliah perhotelan atau milih jurusan lain saja?

Ini hanya melihat apa yang kamu pelajari secara umum, setiap kampus akan berbeda-beda tentunya. Tipsnya apa?

Pertama lihat legalitas kampusnya, akreditasinya, minimal B, kalau bisa yang A.
Kedua, kegiatan perkuliahannya, apakah teorinya banyak atau tidak? kuliah perhotelan harus banyak prakteknya, gak cuma di kelas saja,
Selanjutnya tenaga pengajarnya, para alumninya, kemudian fasilitasnya, dan terakhir biaya kuliahnya.

More: 20+kampus perhoteln dan pariwista yang wajib kamu pertimbangkan di Indonesia.

Trerakhir, sukses untuk kita semua. Semoga membantu kamu.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments