You are here
Home > INFO & TIPS > Acara Musik di Indonesia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan Setiap Tahunnya.

Acara Musik di Indonesia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan Setiap Tahunnya.

Franz Ferdinand Live Concert @AB Brussels Tour Gig-30

Musik dan liburan adalah kesempurnaan kalau bisa disatukan dalam satu frame. Banyak event musik di dunia ini diadakan untuk menarik banyak wisatawan, sebut saja festival musik di Sao Paulo Brazilia, band-band papan atas dunia hadir di satu panggung, Beyonce, maroon 5, coldplay, dan lainnya, kemudian di Glastonbury Festival di Inggris yang sudah terkenal ke seantero jagat raya. Event musik sejauh ini telah dijadikan magnet untuk bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Di Indonesia, strategi yang sama ini juga digunakan, ada Ngayogjazz di Jogja, Bandung Berisik di bandung, Jazz Gunung di Bromo, dan masih banyak lagi. Intinya event musik ini dibuat untuk mengapresiasi para musisi yang dikemassecara unik untuk mendatangkan wisatawan.

Kita sekarang bakal ngasik ke kamu kira-kira event musik apa saja yang ada di Indonesia yang wajib banget kamu datangin, pertama karena keunikannya, ke-kerenannya, kegaulannya, sampai ke-hits-annya. Cekodit!

1. Ngayogjazz, Yogyakarta.

Ngayogjazz 2013 - Panggung
Acara musik pertama yang wajib kamu tonton adalah Ngayogjazz. Ada setiap tahun di Yogyakarta ini hadir di kwartal terakhir setiap tahun. Sudah berjalan dari tahun 2009 acara musik ini selalu menjadi event yang selalu ditunggu-tunggu. Tidak hanya sebatas anak pencinta Jazz, hampir semua pencinta musik akan ada di sini.

Konsep yang ditawarkanpun sangat unik, biasanya musik jazz ditampilkan di restoran, kafe, atau tempat yang megah, Ngayogjazz selalu mengambil lokasi di tempat yang tidak diduga, pernah di Makam Pekik Bantul, di Pasar Kota Gede, sampai ke Desa Wisata. Artis yang ditampilkanpun tidak sembarangan, mulai artis dari mancanegara, sampai ke musisi Indonesia yang sudah kondang, sebut saja Glenn Fredly, Dewa Bujana, Balawan, Syahrani, dan banyak lagi. Pokoknya gak bakal nyesel deh nonton Ngayogjazz, dan tentunya selalu menunggu kejuatan Ngayogjazz di setiap tahunnya. Satu yang pasti, acara ini gratis tanpa bayar, ya paling bayar parkir sama beli apalah yang dijual masyarakat.

http://www.ngayogjazz.com/

2. Jazz Gunung, Bromo.

Jazz Gunung 2010 (15)Jazz Gunung adalah sebuah event musik jazz yang diselenggarakan di sebuah panggung terbuka di Java Banana Bromo Lodge yang terletak di Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Acara ini diadakan pertama kali pada tahun 2009 dan digagas oleh tiga orang yakni Sigit Pramono (seorang bankir dan fotografer), Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto. (wikipedia) Menurut situs resmi Jazz Gunung, tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah sebagai gerbang hati bagi kebebasan jiwa, dengan kearifan alam pegunungan yang telah menjadi simbol budaya asli di nusantara. Diharapkan agar musik jazz hadir sebagai suatu kekuatan yang mampu mendorong dialog kemanusiaan yang memperkaya peradaban Indonesia sehingga perdamaian dapat berfungsi sebagai roh jazz itu sendiri. (Wikipedia)

http://www.jazzgunung.com/

 

3. Jazz di Atas Awan, Dieng.

http://www.bridgehorizon.co.id/

Jazz di Atas Awan merupakan rangkaian acara dari Dieng Cultture Festival di samping acara lain seperti Penerbangan Lampion, Pameran Karya seni, Kuliner dan Produk seni lokal,Festival Film dan sebagainya. Acara ini biasanya diadakan dipertengahan tahun antara bulan Juni-Agustus setiap tahunnya. Dimana pada bulan tersebut Dieng lagi dalam keadaan yang dingin, bahkan bisa sampai mendekati titik 0 derajat celsius. Acara ini digagas oleh Kelompok Sadar Wisata(POKDARWIS) Dieng Pandawa, sebuah Organisasi kepemudaan yang bergerak dalam pemberdayaan Masyarakat Desa Dieng Khususnya di Bidang Kepariwisataan. Setiap tahunnya jumlah wisatawan yang datang ke event ini selalu meningkat, karena menyajikan Jazz dengan gaya yang berbeda, Pokoknya wajib kamu tonton deh. Biasanya ketika event ini akan berjalan, akan ada banyak paket wisata dari travel yang bisa kamu pilih, atau berangkat sendiri juga gak apa-apa, tetapi takutnya gak dapat hotel atau penginapan disana.

http://www.jazzatasawan.com/

 

4. Bandung Berisik, Bandung.

Untitled
Even musik ini adalah acara musik wajib nonton bagi pecinta musik keras. Dari namanya saja sudah ketauan, bakalan berisik. Hadir di kota Bandung,yang merupakan komunitas metal berbasis Ujungberung Rebel dan Homeless Crew. Bandung Berisik menjadi festival musik yang paling tinggi dalam scene metal di seluruh Indonesia. Prioritas festival menyajikan band-band di genre metal yang tentunya sangar-sangar.

Bandung Berisik dimulai pada tahun 1995, di lapangan Kalimas Ujung Berung Kota Bandung. Yang kedua diadakan di Saparua Sport Center pada 20 Juli 1997. Yang ketiga diadakan di Saparua Sport Center pada tanggal 13 Juni 2002, setelah lima tahun absen. Sebuah tahun kemudian, pada 10 Agustus 2003, Bandung Berisik Metalfest telah kembali, dalam waktu empat ini, panggung itu Persib FC stadion. Setelah istirahat delapan tahun, Bandung Berisik kembali. Kali ini bukan di Bandung, tapi Di Cimahi , kota lain yang terletak di Jawa Barat.

Pokoknya acara ini wajib banget buat kamu pencita musik cadas. 🙂

http://bandungberisik.com/

5. Java Jazz Festival, Jakarta.

Java Jazz 2014 - Balawan 1Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) adalah festival musik jazz terbesar yang setiap tahunnya diselenggarakan setiap awal bulan Maret di Jakarta, Indonesia, oleh Java Festival Production sejak tahun 2005. Selain menghadirkan musisi jazz mancanegara maupun dalam negeri, festival ini juga disertai musisi dari genre musik lainnya seperti R&B, soul, reggae. Beberapa musisi terkemuka yang hadir pada ajang tahun 2006 adalah James Brown, Earth, Wind & Fire, Eric Benet, Bubi Chen, dan Angie Stone. Sementara pada tahun 2007, Sergio Mendes, Chaka Khan, Lisa Ono dan Jamie Cullum adalah para musisi yang dijadwalkan tampil. Menurut situs resmi festival ini, lebih dari 67.000 pengunjung menghadiri festival selama tiga hari pada tahun 2006. (wikipedia) Kalau mau nonton siapin sekitar 1jutaan rupian untuk terusan selama 3 hari, tetapi sangat layaklah, karena sebanding dengan artis-artis yang ditampilkan.

http://www.javajazzfestival.com/2015/

 

6. Soundrenaline.

SOUND GATE
Soundrenaline adalah pelopor festival musik dalam negeri yang mempersembahkan panggung musik multi-genre untuk para penikmat musik di tanah air. Melalui serangkaian acaranya, Soundrenaline selalu menampilkan artis-artis nasional papan atas dan memberikan suguhan yang spektakuler dan berkelas internasional.

Festival musik yang paling bertahan lama di Indonesia ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lebih dari sekadar konser biasa. Sejak digelar untuk pertama kalinya pada 2002, Soundrenaline konsisten menghadirkan tata panggung dan cahaya yang spektakuler, serta tata suara yang tak kalah dibandingkan dengan konser musisi internasional di tanah air.

“Inspirasional” juga menjadi salah satu karakter Soundrenaline. Fastival musik ini menginspirasi para penonton dan pengisi acaranya melalui berbagai hal, salah satunya adalah dengan penilaian penampilan band favorit pengunjung yang mengantarkan Nidji untuk merasakan langsung pengalaman menyaksikan konser The Police di Paris pada tahun 2007. Suara penonton juga mengukuhkan J-Rocks sebagai penampil terbaik pada Soundrenaline 2008 untuk sebuah pengalaman internasional yang tak terlupakan, yakni rekaman di Abbey Road, London; serta Kotak yang terpilih untuk melakukan syuting video klip di New York pada tahun 2012.

Dari tahun ke tahun acara ini selalu mengusung tema yang berbeda, dan itulah yang membuat Soundrenaline unik. Contohnya tahun lalu, dengan tema Voice of Choice, festival musik ini memberi kesempatan kepada penikmatnya untuk memilih sendiri daftar lagu yang akan dibawakan oleh para musisi. (soundrenaline)

Kamu pokoknya jangan ngaku anak gahul kalau gak ke soundrenaline. Setiap tahunnya biasanya tempatnya berbeda-beda, tetapi pastinya akan hadir di kota-kota besar di Indonesia.

http://soundrenaline.co.id/

7. Ubud Village Jazz Festival, Ubud, Bali.

Ubud Village Jazz Festival 2014 - Titbits (1)Ubud Village Jazz Festival (UVJF) adalah festival musik terletak di lingkungan artistik Ubud Bali, Indonesia. Sejak 2010 Yuri Mahatma, seorang guru musisi / komposer / musik, dan pendiri Gerakan Jazz Underground bersama Anom Darsana, direktur dan pemilik Antida Music Productions, telah bekerja sama untuk beberapa proyek rutin konser jazz, setiap kali dengan tema yang berbeda. (warta Jazz) Untuk melengkapi liburanmu yang syahdu dan romatis, hadir ke UVJV adalah kewajiban wajibmu, gak bakal nyasel pokoknya.

http://www.ubudvillagejazzfestival.com/

 

8. Djakarta Warehouse Music (DWP), Jakarta.

Djakarta Warehouse Project
Ini dia acara musik paling gaul se indonesia, katanya. Rubuan anak muda akan tumpah ruah di acara ini, dan setiap anakmuda gak mau ketinggalan sama acara ini. 11 dan 12 Desember 2015 besok nih bakal ada lagi, pesen tiketnya langsung aja sekarang deh, atau setidaknya nabung dulu deh. hehe.

http://djakartawarehouse.com/

 

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

One thought on “Acara Musik di Indonesia yang Gak Boleh Kamu Lewatkan Setiap Tahunnya.

Leave a Reply

Top