You are here
Home > INFO & TIPS > 8 Cara Memilih Buku Panduan Wisata untuk Kamu yang Akan Liburan.

8 Cara Memilih Buku Panduan Wisata untuk Kamu yang Akan Liburan.

Sebelum melakukan perjalanan wisata tentunya kita akan membutuhkan media informasi tentang destinasi yang akan kita kunjungi.

Di era sekarang ini internet memegang peran yang cukup penting dalam membantu mencari informasi tentang destinasi yang akan kita kunjungi, tetapi di beberapa daerah destisasi tentunya belum menyediakan jasa internet untuk on-line, tentunya kita akan butuh media yang bisa membantu dalam keadaan off-line.

Buku panduan wisata belum bisa dikatakan ketinggalan jaman ketika akan dipakai untuk petunjuk berwisata.

Masih berada di jajaran depan sebagai pusat informasi berwisata, simpel, mudah dibawa, tidak membutuhkan bantuan alat lain ketika digunakan, tidak seperti tablet PC atau smartphone.

More:

Nah, pada bagian ini, kita bakal ngasih delapan tips memilih buku panduan wisata yang baik untuk kamu, semoga berguna ya.

1. Cek terlebih dahulu tahun penerbitannya, kalau sudah lama kenapa dibeli? Ingat, segala sesuatu bisa cepat berubah, di tahun 2013 sewa kapal di Karimun jawa 1,5 juta, mungkin tahun 2015 ini sudah berbeda. So, belilah buku terbaru. pasti lebih update!

100 Locals Books
https://www.flickr.com/photos/resonant/

 

2. Cari tahu siapa penulisnya. Dengan begitu kamu bisa mengerti perspektif dari penulis dengan visi wisata yang ingin anda dapatkan. Gaya, atau visi buku planet lonely akan berbeda dengan buku traveling nusantara-nya mbak @rinalubis_stone.

People Shopping For Books
https://www.flickr.com/photos/thelastminute/

 

3. Lihat dulu daftar-daftar harga di buku itu. Tak perlu beli jika daftar harga yang dimuat di buku tersebut melebihi bujet kamu. Belum liburan aja kamu dah kere ntar. 🙂

Guide Books
https://www.flickr.com/photos/ajalfaro/

4. Lihat dulu peta yang ada di situ, jika petanya memang meyakinkan, dan dilengkapi dengan petunjuk yang jelas, itu bagus!

A Little Light Reading
Sumber: https://www.flickr.com/photos/yercombe/7231975510

5. Carilah buku yang memberikan informasi-informasi secara detail dan lengkap. Buku yang memberikan tips-tips menarik juga bisa digunakan sebagai pertimbangan, agar kita bisa mencoba sesuatu yang berbeda.

Lonely Planet
Sumber: https://www.flickr.com/photos/jaako/2553636020

6. Lihat juga ke-fleksibilitas dari buku tersebut, buku yang baik tidak selamanya harus tebal dan full color. Bawa buku yang tebal dan berat malah akan merempongkan dirimu. 

the books on the holiday gift guide
https://www.flickr.com/photos/gastaum/

7. Pilihlah buku yang ideal, dengan kualitas yang baik pula, karena ketika kita menggunakannya pas berkelana, pasti bisa cepat rusak dan berantakan. Jangan sampai malah bukumu merepotkanmu.

le guide
https://www.flickr.com/photos/loufi/

 

8. Baca liputan tentang tempat yang pernah anda kunjungi, sesuaikah dengan pengalaman anda?

Tourists
https://www.flickr.com/photos/d_t_vos/

 

Selamat membeli buku, dan semoga berguna untuk kamu, dan selamat berwisata!

 

 

Inspired by: Traveler’s Wisdom. Tim Wesfix. Grasindo. 2013 Jakarta.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments