You are here
Home > JALAN JALAN > 12 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyelami Keindahan Bawah Laut di Indonesia.

12 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyelami Keindahan Bawah Laut di Indonesia.

Menyelam, gak harus freedive yang ekstrim, atau scuba diving yang membutuhkan lisensi dan peralatan super lengkap, menyelami dengan snorkeling aja dulu, pakai pelampung aja dulu kalau belum berani. Intinya kamu harus, setidaknya sekali seumur hidup untuk turun ke kedalaman laut menengok “the real beauty of Indonesia”

Tidak berlebihan jika Indonesia divonis dengan predikat surganya bawah laut, negara dengan luas lautan lebih besar dari daratan, di antara dua benua, dua samudra, dua patahan lempengan bumi, di belahan utara dan selatan dunia, tempat nongkrongnya karang-karang ter-epic, ditaburi hilir mudik kian kemari dari jutaan jenis ikan dan biota laut lainnya, membuat Indonesia layak terwisuda dengan predikat cumlaude sebagai surganya negara bahari.

Nah, kita bakal ngasih alasan terbesar kenapa kamu harus menyelam di kedalaman laut di Indonesia. Mari saksikan bersama.

1. Indonesia itu surganya menyelam di dunia. Negara maritim, yang ditaburi belasan ribu pulau-pulau di atasnya.

Snorkeling, Pulau Bunaken, Sulawesi
https://www.flickr.com/photos/travelourplanet/

5,8 Juta Km persegi atau 75% dari total luas Indonesia adalah lautan, adalah perairan bung, dengan hanya 1,9 Juta luas daratannya, hanya sekitar 25% saja, ini sudah menjadi modal untuk dapet nilai A++ di Jurusan Negara Maritim.

Sekitar 17.480 jumlah pulau di Indonesia, dengan 87, 62% belum berpenghuni, 12,38% sudah berpenghuni, dan baru 13.466 dari total pulau yang sudah didaftarkan ke PBB. Dengan panjang negara 7,7 juta km, membuat indonesia lebih panjang dari Eropa bahkan negara Amerika. Kurang apa lagi? (GNFI)

2. Segitiga karang dunia, tempat ngumpulnya karang-karang terbaik, terindah sampai terlangka di dunia.

Kalau “nyomot” dari wikipedia, segitiga karang dunia itu adalah istilah geografis untuk perairan di Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina,Kepulauan Solomon dan Timor Leste yang kaya akan terumbu karang.

Segitiga Terumbu Karang dijadikan oleh World Wildlife Fund sebagai salah satu dari prioritas utama konservasi kehidupan maritim yang diluncurkan pada tahun 2007.

id.diveconcepts.com

Segitiga Terumbu Karang meliputi wilayah lebih dari 6.500.000 km², dengan lebih dari 600 spesies terumbu karang dan meliputi 75% semua spesies terumbu karang yang ada di dunia. Separuh lebih dari segitiga karang dunia ini adalah di Indonesia, sampai 100% negara Indonesia adalah tempat ngumpulnya karang dunia.

3. Ekosistem Habitat lautnya yang tiada duanya, rumah dari ikan-ikan yang mencandumu untuk menyelam lagi, lagi, dan lagi.

Silverside Spiral
https://www.flickr.com/photos/ratha/

Dengan ter-tasbihkannya Indonesia sebagai tempat nongkrongnya karang dunia, secara otomatis itu akan membuat indonesia akan kaya dengan habitat bawah lautnya.

Lebih dari 3000 Spesies ikan hidup di dalamnya, mulai ikan kecil sampai besar, dari yang bisas biasa saja sampai yang tidak biasa. Makanya, jangan kaget kalau prestasi indonesia bikin merinding kalau disuruh nyebutin ikan ikan endemik, akan banyak bangeeeeet.

4. Spot menyelamnya ada ratusan, bahkan ribuan, dari Sabang sampai Merauke, dan semuanya layak dikunjungi.

Preparation
https://www.flickr.com/photos/tab2space/

Karena segitiga karang dunia, trus habitat lautnya melimpah, hampir semua provinsi di Indonesia mempunya spot diving atau snorkling andalannya, kalau mau lihat lengkapnya bisa lihat ke web promosi pariwisata indonesia di indonesia.travel ini.

5. Ada dunia lain di bawah kedalaman sana, keindahan yang tidak semua bisa menyaksikannya. Kamu adalah tamu istimewa ketika ada di antara karang di bawah sana.

Scuba diving Indonesia - Bali - Komodo - Bunaken 2008
Selamat datang tamu istimewa.

6. Kamu akan tahu dan selanjutnya akan bangga karena menjadi cucu-cucu dari “nenek moyang seorang pelaut”

RAJA AMPAT SOUTH & NORTH EXPEDITION
https://www.flickr.com/photos/dodol/

Terima kasih nenek moyang yang telah menjaga titipan kami ini, dan kami akan berjanji tidak akan mewariskan ke anak cucu kami, tetapi kami akan menjaga dan memelihara titipan mereka seperti yang engkau lakukan kepada kami.

Kami bangga menjadi penerima tongkat estafet dalam menjaga laut kami, dan kami juga bangga telah memiliki barisan pelaut tanggung penakhluk dunia, ajarkan kami untuk selalu ingat tentang hal tersebut.

7. Dengan menyelami lautan di Indonesia kamu akan memajukan pariwisata di daerah tersebut dan akan berimbas kepada ekonomi masyarakat sekitar.

Guides & lodging in Raja Ampat
https://www.flickr.com/photos/koencobbaert/

Di twitter, di instagram, di facebook, path, atau media sosial lainnya kalian bangga mempersembahkan hashtag #explore #traveling #indonesis #Diving #snorkeling dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, hanya sampai di situ yang bisa dilakukan anak muda penerus bangsa? hanya membanggakan lewat media sosial.

Internal brand marketing Indonesia adalah kenali negrimu, cintai negrimu, ini mengajak kita untuk mencintai Indonesia dengan mengenali semua mereka.

Kalau mau kenal, lakukanlah actions untuk mengunjungi setiap tanah dan laut dan mengumpulkan setiap senyum keindahan dari Indonesia, dan dari sana akan muncul kecintaan terdalam ke tanah ibu pertiwi ini.

8. Kamu akan mendapat pengalaman yang tidak biasa-biasa saja, bisa jadi “ice breaker” di lingkunganmu.

We like to jump
https://www.flickr.com/photos/pizza_with_tequilla/

Temanmu pamer maen ke pantai, naik ke gunung, shopping di Bandung, wisata kuliner di Jogja, belajar menari di Bali, sayangnya kamu cuma bisa diving di raja ampat, atau snorkleling di Derawan.

Itu cara sombong yang merakyat, Yups, di Bandung bisa shoping satu kodi baju distro, itu baru bisa di pakai untuk tiket pesawat sekalai jalan ke Raja Ampat bung, apalagi untuk snorkeling sewa kapan dan lainnya, satu distro bisa kamu beli. Ice breakerssss banget deh kamu, yeaah.

9. Kamu bisa memiliki dan bisa sekalian pamer foto-foto yang gak membosankan seperti di kafe, pusat kota atau mall yang itu itu saja.

IMG_0087
Diving itu keren.


Setelah itu, kamu bisa pemerin foto fotomu lagi berenang bareng penyu di Derawan, atau ada di bawah manta di Raja Ampat, jutaan foto terbaik di mall manapun di Indonesia gak akan bisa membandingkan keangkuhan fotomu broo. Kecuali fotonya bareng raline shah atau chelsea islan sih, bru sedikit bisa nyaingin.  😛

10. Kamu bisa mempromosikan keindahan bawah laut Indonesia, yang paling sederhana saja, tunjukan di sosial mediamu.

DSC_0043
https://www.flickr.com/photos/zulian23/

Habis pamerin foto fotomu, ajaklah mereka untuk ikut gabung untuk menakhlukan keindahan bawah laut di Indonesia, dari yang paling dekat, paling murah, paling gampang saja, setidaknya mereka sudah tercebur kedalamnya, tinggal tunggu saja, kalau dia anak mama, pastinya pulang dan merengak kenapa kulitnya gosong, kalau dia the ral of indonesian, pasti dia akan legi legi dan lagi, karena darah pelaut nenk moyang memang ada padanya.

11. Biar kita anak ibu pertiwi ini tidak jadi penonton di rumah sendiri, ketika yang menyelami indonesia adalah warga asing.

Scuba diving Indonesia - Bali - Komodo - Bunaken 2008
Menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Ini bisa jadi kebanggakan sekaligus katakutan, bangga karena keindahan bawah laut Indonesia menjadi daya tarik wisatawan dari segala penjuru dunia, tetapi bisa juga ketakutan, karena kita bisa saja hanya sebagai penonton di rumah sendiri.

Menjadikan kita sebagai anak orang kaya, tetapi tidak tahu bagaimana cara memainkan mobil mobil remot, dan datanglah anak tetangga yang tidak punya apa apa, tetapi bisa dengan bahagia memainkan mobil mobilan remot kita. Tragis memang, tetapi kebanyakan kenyataannya seperti itu, sebelum semuanya menjadi jadi, yuks, singsingkan lengan, pakai sun block, let’s go diving in the deep.

12. Itu akan membuat kamu akan menjadi semakin mencintai Indonesia, menjadi bangga telah dilahirkan di negara se-awesome ini.

Happy kids
https://www.flickr.com/photos/jaundicedferret/

Dimana lagi bisa ditemui secuil tanah surga ini di belahan dunia lain, negara dengan potensi keautan yang bisa menghabiskan koleksi kata kata indah untuk bisa mengungkapkannya.

Terima kasih Tuhan sudah melahirkan beta di negara se-lebay ini indahnya, dimana negara lain membuat sendiri keindahan mereka, di negaraku Engkau sendiri yang menciptakan langsung, hasil kreasi keindahan-Mu membuat kami seharusnya menjaga ini dengan senang, memelihara, melindungi, tetapi maafkan kami karena kadang kami lalai, lupa akan Engkau yang sudah menganugerahi semuanya.

Kami berjanji akan memperjuangkan untuk menjaga dan memelihara ini semua, keindahan yang tak terbatas. Dibalik masalah besar di negara kami, kaum pejabat di atas sana, dengan apapunkanlah itu masalahnya, kami tetap bangga menjadi anak Indonesia.

Semoga setelah membaca ini bisa memotivasi untuk turun ke bawah permukaan air laut. Selamat berwisata, dan jangan lupa tetap menjaga alam kita.

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments