You are here
Home > NULIS NULIS > 11 Profesi di Hotel yang Bisa Buat Kamu Iri Setengah Mati Karena Keren Banget.

11 Profesi di Hotel yang Bisa Buat Kamu Iri Setengah Mati Karena Keren Banget.




Perkembangan pertumbuhan kepariwisataan dewasa ini berbading lurus dengan perkembangan industri perhotelan. Setiap daerah seakan berlomba menasbihkan dirinya sebagai destinasi wisata favorit.

Hal tersebut membuat pertumbuhan perkembangan hotel semakin meningkat, setiap kota mencatatkan prestasi yang cukup baik dalam hal pertumbuhan hotel. Ini dilakukan agar semakin nyamannya wisatawan, dan berimbas pada ekonomi lokal.

Profesi di hotel akhirnya semakin banyak dibutuhkan, bahkan menjadi primadona baru. Banyak yang memilih sekolah atau kuliah di perhotelan agar bisa menyambil peluang besar tersebut. Peluang dari pendapatannya yang menjanjikan, sampai peluang bekerja menjadi orang keren banget di hotel.

Nah, dari banyaknya profesi di hotel, kita bakal ngasih kamu jenis profesi di hotel yang keren banget, sampai anak sebelah bisa ngiri abis. Keren karena kesempatannya bisa icip-icip wine yang mahal, membereskan kamar dengan harga puluhan juta, sampai yang cool gila abis kayak chef Juna.

Apa saja profesi di hotel yang bikin kamu pengen ganti profesi? Cekidot.

1. Front Office.

a. Receptionist.

Receptionists
Receptionist tuh bisa bikin meleleh loh. Photo: flickr.com

Senyuman lembut mereka selalu ada menawarkan sambutan terhangat bagi siapa saja yang masuk ke hotel. Penampilan mereka yang paling super duper keren, mengenakan setelan rapi, formal seakan merekalah tokoh utama di film korea, sinetron sinetron atau FTV yang selalu berakhir bahagia.

Berkomunakasi dengan baik menjadikan mereka orang pertama yang paling ramah di hotel, menawarkan bantuan dalam memesan kebutuhan tamu, menjadikan mereka seperti malaikat tak bersayap yang menunggu kamu di depan pintu surga. Image pertama hotel akan terbentuk oleh kerennya mereka.

b. Guest Relation Officer (GRO).

Guest Relation Officer atau biasanya disebut GRO itu jobdesk-nya kurang lebih adalah mendengarkan segala kegundah gulananya tamu, gaya bahasa mereka yang lembut, dengan senyum merekah meyakinkan kalau ibu peri penyabar itu memang ada.

Bertemu dengan banyak orang, menenangkan masalah, memberikan solusi, membuat mereka kadang langsung dianggap sebagai anggota keluarga baru. GRO dengan kesabarannya menjadikan mereka selalu ada di hati para tamu, dan memiliki teman atau saudara dimana-mana, sampai ke beberapa negara di luar negeri. Amazing.

c. Concierge.

Best man!
Paling Keren deh. Photo: flickr.com

 

Pernah ke Bandara? di ruang kedatangan, bertampang gagah, senyum, sambil memegang sign board bertuliskan nama tamunya? ya itu salah satu bagian kerja concierge, dengan gagah menyambut tamu yang baru datang dari luar kota, menawarkan bantuan, membuat mereka adalah pangeran tak berkuda yang bisa membuat cinta pertama di destinasi wisata.

Kalau di Hotel, concierge akan menjadi orang pertama yang akan kalian temui, kadang membukakan pintu mobil, pintu hotel, dan membawamu ke receptionist. Gaya mereka yang super rapi dan keren, membuat siapapun bisa jatuh cinta dengan mereka.

FYI, salah satu sumber tips paling besar dari tamu ada di kantong mereka loh.

2. House Keeping.

a. Room Boy.

“Just working on a file RC gave us at photoshopuser.com”
wuuhh, kerennya.. Photo: flickr.com

Kerjaan mereka sederhana sih, hanya membersihkan dan mengatur kamar saja. Tapi eits, ini bukan kamar kos-kosanmu, mereka bisa mengatur kamar yang harga permalamnya bisa beli motor cash di dealer loh.

Mereka mempunyai kesempatan ada di kamar puluhan juta rupiah, kesempatan yang mungkin tidak bisa dirasakan oleh sembarangan orang, beruntunglah anak room boy ini.

b. Butler

Mungkin kamu jarang mendengar profesi yang satu ini. Ya kalau kamu hanya menyewa kamar ratusan ribu, atau dua, tiga jutaan ya kamu gak bakalan ketemu mereka, apalagi kamu bukan orang penting-penting amat.

Butler, jobdesk mereka kurang lebih adalah menjadi personal assistant untuk VIP guest. Kalau duit di rekeningmu angkanya belum seperti nomer HP, sepertinya belum bisa mendapat pelayanan mereka lah, apalagi kalau kamu hanya terkenal di RT/RW saja.

Sebagai seorang personal assistant, butler bisa dikatakan merupakan sosok yang paling perfect di sebuah hotel, tidak sembarangan orang bisa menjadi butler, kemampuan berkomunikasi, bahasa, pengetahuan F&B, house keeping, dan semua lingkup hotel harus dipahami, bahkan sampai pengetahuan yang lebih luas lagi. Bukan tanpa alasan sih, ya tamu mereka bisa dibilang orang yang penting, keren, dan super tajir tentunya, harus diberikan pelayanan yang super duper excelent.

Tak anyal, profesi ini akan membuat iri banget banget banget, melayani orang penting seperti gubernur, menteri, anggota dewan, artis, atau tokoh tokoh berpengaruh lainnya adalah hal yang gak bisa dilakukan sembarangan orang.

3. Waiters.

dada-151113-181816-0588
Kesempatan menjamu orang terkenal. Photo: flickr.com

 

Jangan anggap remeh profesi yang sati ini, seorang waiter adalah orang yang kaya akan pengetahuan dari jenis makanan dan minuman. Bisa memberikan senyuman dan pelayanan ke banyak orang, bisa bertemu dengan orang penting, gubernur, menteri, atau bahkan presiden pada sebuah gala dinner, keren banget nggak sih mereka? Bikin iri banget kalau mereka bisa bertemu, atau foto-foto dengan orang-orang keren, mulai dari artis, sampai ke presiden.

4. Somalier.

Rome Elite Event: wine, food and nice people
Selalu punya cara sendiri untuk bahagia. Photo: flickr.com

 

Bagi kamu pencinta wine, pasti bakal iri gila abis ke mereka. Mereka memiliki kesempatan untuk merasakan beberapa jenis wine, dari red wine, white wine, atau sparkling wine. Buatan dalam negeri sampai yang didatangkan dari Eropa sana, yang limited edition atau yang sudah ratusan tahun. Somalier membungkus profesinya dengan manisnya wine yang syahdu.

5. Hotel Marketing.

a. Sales Hotel.

Pernah lihat mereka? kalau belum cobalah main ke hotel, kalau lihat orang paling sexi yang ingin kamu ajak berumah tangga, mungkin merekalah sales hotel. Dandanan mereka bak sosialita yang bisa melelehkan langkahmu, tatapannya yang menghentikan detak jantung, dan ketika mereka bicara, seakan kami ingin segera mem-booking semua kamar di hotel untuk mempersiapkan lamaran kalian.
Yah, sales hotel bisa dikatakan orang paling modis di hotel, bukan tanpa sebab, kesempatan mereka bertemu dengan banyak orang, pemimpin perusahaan, atau orang penting laiinya membuat mereka harus tampil sempurna, membuat siapa yang memandangnya akan lupa dengan cicilan rice cooker di rumah.

b. Public Relation Hotel.

Cara bicara mereka yang santun, berwawasan luas, senyuman yang ramah, bisa berkomunikasi dan bertemu dengan banyak orang penting membuat PR Hotel adalah orang paling kece. Mereka memiliki pengetahuan yang banyak, sehingga bercengkrama dengannya seharian akan membuat siapapun betah. Tak terbayang kan kalau mereka menjadi ibu dari anak-anakmu? tak usah ragu anakmu akan kekurangan bahagia.

6. Pastry and bakery.

Pastries
Pastri, tempatnya gagal diet. Photo: flickr.com

 

Tempatnya buat kamu yang pengen gagal diet. Ya mana tahan dengan panggilan black forest, cokelat meleleh yang kalau nempel dilidah dan lumer, bikin lupa kalau ternyata selama ini kerjanya sebulan, dibayar sekali.
Pastry and bakery adalah section di food and beverage product, bersandingan dengan hot and cold kitchen kalau di hotel. Tampilannya hampir sama seperti chef, cuma kerjaannya buat roti, kue dan teman-temannya. Pokoknya profesi ini bisa bikin koleksi lemakmu semakin berlipat, makan enak terus.

7. Bartender.

Bartender itu selalu keren.
Profesi bartender ini memang pemati dinginnya kaum hawa. Ada di longue atau club, sambil flairing botol, meracik cairan, yang beralkohol atau yang hanya melepaskan dahaga saja membuat merekalah pelepas dahaga sesungguhnya. Style mereka yang keren ditambah kemampuan mencampur minuman, membuat pengen segera meneguk screw driver atau blody marry berdua sampai pagi. Bartender memang gak akan pernah mati gaya.

8. Chef.

Chef selalu di hati deh. Sumber: vimeo.com

Kalau yang satu ini tak usah ditanya lagi. Mereka diam saja, menggunakan baju cheff-nya, memegang knife, “ya allah, cabik-cabik dada adek dong kak”. Gaya mereka yang super duper cool, bisa meracik bahan makanan menjadikan makanan yang super duper lezat, seakan menjadikan mereka adalah papa-papa masa depan.Dengan kharismanya, chef bisa membuat “kerajaannya” sendiri di sebuah hotel. Menjadikan keren nggaknya hotel salah satunya ada di tangan dingin mereka. Just info, gaji seorang chef bisa lebih besar dari PNS manapun di negeri ini. (asal gak pakai korupsi)

 

 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

38 thoughts on “11 Profesi di Hotel yang Bisa Buat Kamu Iri Setengah Mati Karena Keren Banget.

  1. Ahahahaa…. Engineer mna?? Klo di bilang engineer ituu kerenn… Tau knapa??? Gg sembarang orang bisa dan brani… Karna engineer bekerja bukan hnya dgan otak dan tenaga melainkan dgn jiwa dan raga…
    jgn lihat pas kerja ngecat tembok…

  2. Butler paling keren…
    Selalu deket sama tamu2 VIP, tau semua tentang hotel dan area sekitarnya. Bisa deket sama semua departemen di hotel.

    Butler harus tau semua aspek hotel dari FO, HK sampe F&B.

  3. Butler paling keren…
    Selalu deket sama tamu2 VIP, tau semua tentang hotel dan area sekitarnya. Bisa deket sama semua departemen di hotel.

    Butler harus tau semua aspek hotel dari FO, HK sampe F&B.

  4. engginer mana nih om.. kalo ampe anak enginer marah bisa gk di benerin lampu di kamar sultan ni? tamu sultan bakal marah besar……. belom pernah kan di lempar koper isi duit ke muka lu dan lu di suruh beli lampu? ampun sultaannn….

  5. Mereka diam saja, menggunakan baju cheff-nya, memegang knife, “ya allah, cabik-cabik dada adek dong kak”. Padahal mah masih jadi cook helper, tapi mah orang awam biasanya gak tau bedanya. Asal pake baju kancing double aja disangkainnya chef. Hiiihihi
    Alhamdulillah, doa lah ituu

  6. Mungkin besok besok bisa di edit ya penulis, 13 profesi hotel atau lebih lah yang Anda ketahui. Engineering, sequrity, Finance apa lagi ayo.. Karena semua profesi atau departement yang ada di hotel saling berkesinambungan sama penting nya dan saling kerjasama. Hehe jadi semua profesi nya sama keren nya, baik Front of the house, maupun heart of The house. Karena apa wE Are hotelier. Yang rela kerja dengan shift. Saat semua orang liburan, kita tidak liburan kita ada buat mereka menyambut liburan di hotel, saat mereka makan steak, kita siap memotong steak nya di kala orang membicarakan long weekend untuk pergi ke suatu tujuan bersama orang yang mereka cintai, kita Merindukan orang yang kita cintai untuk menikmati long weekend. Saat orang kembali dari jalan jalan masuk ke dalam kamar nya di hotel, kamar nya sudah siap dengan tananan duvet cantik. Handuk yang baru, air hangat di kamar mandi. Because.. WE Are proud tO Be hotelier

  7. Tetap saja engineering yg paling keren… Kalau lampunya di matiin siapa yang mau datang menginap? Fo? Sales? Hk? Chief? Yang penting lampu nyala orang butuh pasti datang sendiri. hotel tanpa engineering gk bisa boy…. Semua penting tapi engineering paling penting.

  8. Lha trus kalian kerja yg ngitung duit masuk, duit keluar, sampe ngurusin gaji yg notabenenya harkat hidup orang banyak.
    Accounting nggak keren gitu??
    Hhhhmm..

  9. wah kurang lengkap ni ,,, securyty nya gak ada ,,, berarti keamanan kurang,,,, yg di utamakan keamanan dulu ,,,, baru tamau merasa nyaman ,,,,janagan dianggap sepele securyty karena securyty menjaga lingkunagan area hotel dan menjaga karyawan dari ancaman apapun termasuk melindungi bos bos yg ada di hotel

Leave a Reply

Top