You are here
Home > INFO & TIPS > 10 Rahasia Hotel yang Tidak Diketahui Tamu dan Mungkin Berguna Buat Kamu.

10 Rahasia Hotel yang Tidak Diketahui Tamu dan Mungkin Berguna Buat Kamu.

Liburan dan hotel itu bagian yang tak terlepaskan, seperti harapan mertua cepat diberi cucu yang lucu.

Ketika liburan, pemilihan hotel bisa menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Mulai dari harganya, lokasinya, sampai ke pelayanan yang diberikan kepada tamu.

Mendapatkan pelayanan yang terbaik adalah harapan ketika memilih hotel. Dari sekian banyak pelayanan hotel, apakah kamu sudah memanfaatkan secara maksimal?

Ada rahasia kecil yang akan kita bagi ke kamu, yang mungkin bisa kamu gunakan ketika pengen liburan dan memilih hotel untuk menginap.

More: Jenis tamu yang bikin orang hotel geleng-geleng kepala.

Kita bisa loh mendapatkan kamar yang sama tetapi dengan harga separuhnya.

Sama kamar, beda harga.

Ini yang pertama, kita bisa loh mendapatkan kamar yang sama dengan harga yang bebeda.

Setiap kamar di hotel itu memiliki harga sampai 20-an. Coba kamu buka di Online Travel Agent (OTA) bisa traveloka, booking.com, trivago, atau yang lainnya, pilih satu kamar di satu hotel, setiap jam refresh harganya, pasti akan berubah. Harga akan terus menyesuaikan dengan permintaan tamu.

Coba pesan jauh-jauh hari, pasti jauh lebih murah, karena hotel sudah memiliki jaminan kamarnya laku duluan, terus, di weekdays harganya bisa turun sampai separoh loh.

Tips lainnya: Pesanlah kamar setelah pukul 18:00. Ini lebih murah daripada di pagi hari.

Pada dasarnya ketika memesan kamar, kamu bisa koq menawar harganya.

Hotel akan membayar sistem reservasi (OTA tadi) bisa sampai 30% biaya komisi, jadi kalau kamu menelepon langsung ke hotel, kamu bisa mendapatkan potongan harga yang signifikan, apalagi kamu menginapnya lama, atau pesan kamarnya banyak.

Tapi ini berlaku jika bukan hotel chain tapi hotel independen.

Hotel itu memiliki banyak layanan gratis loh, maksimalkan!

Pelayanan Gratis? Maksimalkan!

Saat kamu check-in, coba tanyakan tentang layanan gratis yang bisa kamu dapatkan.

Hotel sering menyediakan tamu dengan air kemasan, setrika dan hair driyer, sendal, sampai charger smartphone.

Hotel juga bisa mencarikan taksi dengan gratis, memesan  meja di restoran, membangunkan kamu pada waktu yang tepat, atau menelepon dokter. Atau bahkan membawa sarapan ke kamarmu. Maksimalkan!

Mereka (hotel) bisa memindahkanmu ke hotel lain tanpa persetuanmu loh, tapi pasti dapat kejutan.

Hotel, di beberapa kasus, mereka sering kali melakukan pemindahan kamar tamunya: biasanya karena ada tamu yang datang lebih banyak dari ketika pesan, biasanya tamu coorporate atau pemerintah dalam jumlah yang besar.

Dari pada hotel kehilangan puluhan atau ratusan kamar, mereka akan “mengorbankan” tamu lain. Nah jika kamu yang jadi korbannya untuk diminta untuk pindah ke hotel lain, kamu berhak menuntut kamar kelas atas atau layanan tambahan. Misalnya tur gratis, asal gak aneh banget biasanya 100% di ACC. Kalau gak, kasih rating jelek! hehehehe.

Kamar hotel itu tak semua bagiannya bersih loh.

Tidak semuanya bersih loh!

Tentunya kamu bukan tamu pertama yang menginap di kamar itu, banyak tamu sebelumnya yang kita gak tau apa yang telah mereka lakukan.

Lipat dan lepaskan selimut, selalu bilas terlebih dahulu water goblet atau gelas di kamarmu, dan bersihkan menggunakan tisu. Piring di kamar kadang hanya dibilas di wastafel saat membersihkan. Sendok juga mending bilas menggunakan air baru dipakai.

Kamar hotel itu gak semuanya sama.

Kalau kamu ingin memilih sebuah kamar, resepsionis selalu memberikan kalimat yang sama: “Semua kamar kami sama pak/bu”

Jacob Tomsky, telah bekerja di bisnis hotel selama bertahun-tahun, ia menulis sebuah buku tentang rahasia hotel, kemudian mengatakan, Setiap kamarnya berbeda: ada yang pemandangannya lebih indah, kamar mandi lebih baik, atau sinyal TV lebih baik, dan ruang sudut lebih luas.

Jangan ragu untuk memberikan tips ke resepsionis, kemudian kamu akan mendapatkan kamar yang lebih baik dan banyak bonus yang berbeda: keterlambatan check-out, film gratis, atau minibar gratis. Lumayanlah.

Receptionist akan menyarankan sesuatu yang pasti dia akan dapat “bagiannya”, review di internet saja.

Jangan minta rekomendasi.

Jangan meminta “orang hotel” untuk merekomendasikan tempat untuk sarapan, spa, karoke, ngopi atau ngebeer. Mereka cenderung akan “mempromosikan” semua prodak di hotel, pokoknya harus beli yang di hotel, karena apa? ya biar mereka dapat “duit service” tentunya. 🙂

Tanya orang lain, atau baca ulasannya di internet terlebih dahulu, itu lebih baik.

Complaining is profitable! yups, coba aja.

Jika ada kesempatan, komplainlah! tapi tentang yang bener terjadi, gak dibuat-buat.

Tetangga kamar yang berisik, kamarnya panas, ada bau gak enak, kenapa lampunya gak nyaman di mata, air panasnya tidak berfungsi dengan baik, chanel TV yang buruk, WI-Fi yang lelet atau kekurangan layanan bisa bermanfaat bagi kamu.

Hotel tidak ingin rating hotel mereka turun karena ulasan negatif dari tamunya, sehingga mereka bisa menawarkan layanan tambahan atau diskon, fruit basket, free dinner, atau apapun yang bisa bikin tamunya puas dan tidak memberikan rating yang jelek.

Bicaralah dengan sopan, mintalah pemecahan solusi, dan hotel kadang memberikan “sesuatu” yang lumayanlah. Kalau tidak, ya kasih rating bintang 1 ajah. hahahahhahaha

“Mini-safes” itu malah gak aman.

Brangkas di kamar itu tidak sepenuhnya aman.

Ini mungkin jarang digunakan di Indonesia, tetapi kalau di luar negeri kadang ada. Nah, mungkin kamu berfikir ini sangat aman untuk menyimpan barang berhargamu.

Rahasianya, tidak sama sekali, mending simpan barang berhargamu di brankas hotel atau titipkan di receptionist, di sana akan lebih aman.

Bagaimana? sudah tau sedikit kan rahasia dari hotel? Sebenarnya masih banyak sih, tetapi karena ini menyangkit hajat hidup orang banyak, rahasia lainnya mungkin besok-besok saja. 🙂

 

Sumber: Brightside

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments

2 thoughts on “10 Rahasia Hotel yang Tidak Diketahui Tamu dan Mungkin Berguna Buat Kamu.

Leave a Reply

Top