You are here
Home > INFO & TIPS > 10+ Fakta dan Info Terumbu Karang yang Harus Kamu Tahu, Agar Kamu Semakin Bisa Menjaganya.

10+ Fakta dan Info Terumbu Karang yang Harus Kamu Tahu, Agar Kamu Semakin Bisa Menjaganya.

Latar belakang penulisan artikel ini awalnya datang dari mirisnya berita tentang terumbu karang di salah satu spot menyelam di Bali yang dijadikan media eksistensi dengan menuliskan nama dan tanda yang sangat gak penting banget.

Yah, dari kemirisan itu, sepertinya wisatawan dan mungkin kamu harus tahu fakta dan info tentang terumbu karang itu, biar paham, selajutnya bisa menjaganya.

More: Negara Yang Katanya Surganya Menyelam Dunia, Tetapi Data Terumbu Karangnya Mengkhawatirkan.

Keterlaluan.

1. Sebenernya apa sih terumbu karang itu?

軟珊瑚

Terumbu karang itu adalah bangunan ribuan karang yang menjadi tempat hidup, berkembangbiak, pertumbuhan, berlindung dari serangan dari pemangsa serta tempat mencari makan bagi berbagai ikan dan makhluk laut lainnya.

2. Kemudian, karang itu apa?

Karang yang hidup di laut itu tampak seperti batuan atau tanaman. Tetapi mereka sebenarnya adalah sekumpulan hewan hewan kecil yang dinamakan polip.

3. Lah, polip itu apaan lagi?

More Nemos

Polip itu adalah makhluk yang memiliki struktur sangat sederhana, dan dia termasuk ke dalam jenis hewan tak bertulang belakang. Polip masi merupakan sohib dari ubur-ubur dengan ukuran yang lebih kecil. Polip memiliki sebuah mulit yang dikelilingi oleh tentakel-ytentakel yang dapat menyengat.

4. Bagaimana cara makan karang?

Pada tentakel polip terdapat racun yang dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut yang sangat kecil atau disebut plankton sebagai makanan tambahannya. Karang batu berintraksi dengan alga yang disebut zooxanthellae yang “memasak” makanan bagi karang.

5. Berapa lama kira kira waktu yang dibutuhkan karang untuk tumbuh?

Sea of orange

Untuk membuat batu karang diperlukan waktu yang sangat lama. Selama satu tahun, rata-rata karang hanya menghasilkan batu karang sepanjang 1 cm saja. Jadi selama 100 tahun karang batu hanya tumbuh sekuitar 100 cm. 

Kalau kamu merusak atau matahin struktur karang sekitar 5 meter, diperlukan 500 tahun untuk membuat seperti semula. Lama banget bro. Makanya kalau kamu matahin 2 cm saja, sampai kamu wafat, karang iru belum kembali seperti semula.

6. Kamu tahu nggak kalau terumbu karang itu adalah salah satu ekosistem tertua di Bumi?

Isn't it a nice coral reef?

Nah, karena itulah, terumbu karang masuk ke dalam ekosistem yang paling tua di bumi ini. Waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh adalah 5000 sampai 10.000 tahun. Jadi, terumbu karang yang kita lihat sekarang bisa jadi terbentuk sekitar 10.000 tahun lalu.

7. Terus, Terumbu karang juga merupakan struktur hidup terbesar di planet bumi ini.

8. Nah, apa sih manfaat terumbu karang itu?

Coral landscape

a. Kerangka berpori karang batu kapur itu telah digunakan untuk mencangkok tulang manusia loh.

b. Ada 500 juta manusia di seluruh dunia ini yang mengandalkan terumbu karang mata pencaharian dan untuk bertahan hidup.

c. Walau Terumbu karang meliputi kurang lebih 1% permukaan bumi, tetapi mereka adalah rumah bagi 25% dari semua spesies ikan laut.

4. Terumbu karang merupakan penghalang alami yang melindungi garis pantai terdekat dari kekuatan erosi laut, sehingga melindungi pantai tempat tinggal, lahan pertanian dan pantai.

5. diperkirakan bahwa terumbu karang menghasilkan $375 M pertahun di seluruh dunia dalam penyediaan barang dan jasa.

6. Terumbu karang telah digunakan dalam proses pengobatan kanker, HIV, penyakit jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

9. Jika tingkat kerusakan karang sekarang berlanjut, 70% dari terumbu karang dunia akan hancur pada 2050.

sunova-surfboards-bert-burger-photography-lifestyle-travel-landscape-indonesia-lombok-desert-point-underwater

 

Sumber 

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments