You are here
Home > JALAN JALAN > 11 Air Terjun Paling Spektakuler di Indonesia yang Harus Kamu Datangi.

11 Air Terjun Paling Spektakuler di Indonesia yang Harus Kamu Datangi.

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah rumah bagi pantai yang keren dan pegunungan yang indah, tapi di negara kepulauan terbesar ini menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar tujuan liburan yang itu itu saja. 

Kamu harus mempertimbangkan untuk mengunjungi jenis objek wisata yang berbeda pada liburamu. Berikut ini ada 10 air terjun paling super awesome dan hiper pecah di Indonesia yang wajib dikunjungi bagi anda yang ngakunya petualang sejati.

Mulai dari air tejun yang bertingkat-tingkat seperti tangga, air terjun tempat bermeditasinya Gadjah Mada, air terjun yang bisa buat awet muda, sampai air terjun tertinggi di Indonesia. Diharapkan dengan melihat air terjun paling spektakuler di Indonesia ini akan menarik untuk berwisata ke sana, dan bisa menambah pengetahuan, dan menambah rasa cinta ke negara kita ini.

Baca juga:

1. Air Terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah.

Air terjun ini terletak di Desa Saluopa Leboni, Pusalemba Pamona, kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, hanya 12 km sebelah barat dari kota Tentena, dekat Danau Poso. Keindahan Saluopa adalah tujuan rahasia di kalangan wisatawan lokal tetapi dengan cepat mendapatkan pengakuan asing karena keindahannya.

Dari ketinggian 25 meter, air bergerak dari atas ke bawah melewati teras teras seperti anak tangga. Sebuah tangga batu menyediakan akses wisatawan untuk bisa menaiki berbagai tingkat dengan pemandangan yang lebih pecah lagi jika dilihat dari atas.

Bukan over lebay dan karena beta dari sana, tapi memang air terjun ini layak untuk dikunjungi, karena kita bisa memanjat air terjunnya tanpa alat bantu, karena batu di air terjunnya tidaklah licin, dan sensasinya, jangan ditanya lagi, bakal bikin gak mau pulang.

2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Sumatera Utara.

Ada di Desa Durin Sirigun, Sumatera Utara, ada di ketinggian 1.270 meter di atas permukaan laut. Nama air terjun ini terinspirasi oleh dua gradien warna yang dihasilkan oleh fosfor dan belerang tingkat di dalam air, keren banget kan? sehingga menjadikan berbagai nuansa abu-abu putih dan biru muda.

Wisatawan bisa berenang di air terjun ini, tapi jangan sampai meminum airnya, karena bahaya. Untuk sampai di air terjun ini kita butuh jalan menanjak kurang lebih 2-3 jam tapi jangan berkecil galau, meskipun tanjakannya menantang, semuanya aman koq, dan pasti keindahan yang bakal kamu temuin akan sepadan dengan usaha yang telah dilakuin.

3. Air Terjun Mursala, Pulau Mursala, Sumatera Utara.

Lagi lagi dari Sumatera Utara. Air terjun ini terletak di Mursala, antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, di Tapanuli. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air terjun Mursala meluncur dari atas batu granit hitam langsung ke Samudera Hindia dengan suara gemuruh yang kuat, nah bayangin aja tuh gimana kerennya.

Air langsung jatuh ke laut, rumah bagi berbagai jenis terumbu karang, ikan, dan beberapa spesies yang terancam punah. Kamu bisa menyaksikan air terjun ini dengan menyewa perahu sambil snorkeling di bawah air terjun ini. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan deh.

4. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara.

Kembali ke Pulau Sulawesi, keindahan air terjun yang layak disebutkan dalam list air terjun spektakuler adalah air terjun Moramo di Sulawesi Tenggara.

Air terjun ini bersumber dari Pegunungan Tambolosu dan terletak di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Sekitar 60 km dari kota Kendari ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Di sini kamu akan melihat pandangan yang spektakuler, air mengalir di atas batu-batu granit besar mulai dari setangah meter sampai 3 meter tinggi membentuk tangga. Moramo juga memiliki bentuk teras dengan 7 tingkat besar dan 60 tingkat kecil yang membuat kolam kolam kecil di setiap selanya.

Di sini kamu akan melihat pemandangan hijau yang indah, kamu juga dapat melihat beberapa spesies Sulawesi terancam punah, termasuk monyet hitam dan kerbau kerdil. Kebayang kan kalau main ke Moramo, terasa seperti petualang ke dunia lain.

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok, NTB.

Sekarang Kita ke Pulau Lombok, ke air terjun Sendang Gile berada dikabupaten Bayan, Lombok Utara, satu wilayah dengan Taman Nasional Rinjani. Terletak 600 meter di atas permukaan laut, dan memiliki ketinggian sekitar 31 meter.

Air terjun Sendang Gile adalah air terjun dua tingkat dengan tingkat pertama muncul di bagian atas tebing dan jatuh ke area kolam di bawahnya, baru jatu lagi ke bawah.

Ada kepercayaan lokal yang mengatakan bahwa bidadari setelah jatuh dari langit mendarat di sana dan mandi di kolam itu, keren kan? bisa mandi di tempat mandinya bidadari, siapa tau bisa ketemu sekalian.

Untuk mencapai air terjun terkeren se lombok ini, kamu harus mendaki 200 anak tangga dengan ketinggian 40 meter dan menyeberangi jembatan di atas lembah, atau mengambil jalur alternatif dengan berjalan di sepanjang tepi sungai sekitarnya, akan jadi petualang terkeren di hidup kamu deh.

6. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur.

Dari Pulau Jawa tentunya tidak akan absen menymbang keindahan air terjunnya. Ada Air terjun Madakaripura terletak di Desa Lumbang, Probolinggo.

Air terjun adalah air terjun yang dilindungi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. berada pada ketinggian 620 meter di atas permukaan laut, air terjun ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Legenda mengatakan bahwa di air terjun ini Patih Gajah Mada sering melakukan meditasi atau pertapaan, sehingga air terjun ini dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Hindu.

Jalan-jalan yang licin dan curam yang mengarah ke Madakaripura tidak mudah untuk dilewati melewati, jadi ingatlah untuk ke sana kamu harus bawa peralatan yang memadai. tapi gak bakal menyesal koq, Patih Gadjah Mada saja milih tempat itu untuk bertapa, pasti keren banget lah.

7. Air Terjun Benang Kelambu, NTB.

Balik maning nang NTB, Air terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rinjani, di Desa Aik Berik, Sebalah utara Lombok Tengah.

Air mengalir di antara pohon-pohon dan keluar dari bukit membentuk aliran yang sangat tipis lembut. Nama “Benang Kelambu” mengacu pada aliran lembut dan tenang yang menggambarkan Benang kelambu.

Ada dua bagian air terjun di sini, masing-masing sekitar 40 meter. curahan pertama jatuh ke tingkat yang lebih rendah di mana ada berada formasi batuan dan struktur, kemudian jatuh lagi ke bawah, keren banget deh.

Warga setempat percaya bahwa air terjun ini memberi khasiat, siapa yang mandi di air terjun ini katanya bakal awet muda, mantap bener, sudah dapat ar terjun yang keren, pulangnya jadi gak tua tua, kan keren.

8. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta.

Sebagai salah satu dstinasi favorit di Indonesia, tentunya Yogyakarta akan menyumbang air terjun spektakuler-nya untuk kita sambangi. Air terjun ini terletak di Menggoran Desa Beleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk berada di aliran sungai Oyo yang menampilkan keindahan tiga mata air yang membuat air terjun ini menjadi spektakuler, ada mata air Kedung poh, Ngandong dan ngumbul.

Untuk mengakses Sri Gethuk, Anda harus melewati hutan pohon minyak kayu putih, mendaki sedikit, yang akan membuat petualangan semakin menantang, atau kamu bisa mengambil jalur yang lebih syahdu yaitu berjalan di antara sawah sawah, atau menyewa rakit menyusuri sungai, dan pastinya tidak kalah mengasikkan.

 9. Air Terjun Sipiso-piso, Karo, Sumatera Utara.

Kembali Ke Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-piso merupakan air terjun tertinggi di Indonesia mencapai ketinggian hingga 120 meter, dinamakan Sipiso-piso karena kata masyarakat setempat air yang jatuh dari ketinggian itu tajamnya seperti pisau, yang kemudian diartikan dalam bahaa setempat menjadi piso (pisau).

Terletak di Karo, Sumatera Utara, tidak jauh dari Desa Tongging. Berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Sipiso dikelilingi oleh hutan pinus yang indah, yang membuat air terjun ini menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Sumatera Utara.

10. Pendung Semurup, Sumatera.

Air terjun Pendung Semurup air terjun, mempunyai ketinggian sekitar 15-20 meter, dapat ditemukan di bukit-bukit timur dekat kota Semurup, dan dicapai setelah mudah, kira-kira satu jam berjalan kaki melalui sawah sawah masyarakat yang sejuk.

Bersiaplah untuk berbasah-basahan, karena kamu akan melewati sungai untuk sampai ke air terjun.

To the Pendung Semurup Waterfalls
https://www.flickr.com/photos/wildsumatra/

11. Air Terjun Sekumpul, Bali.

Bali, sebagai destinasi no satu di Indonesia, tentunya akan menyumbang air terjun terspektakuler untuk wajib dikunjungi. Air terjun Sekumpul adalah yang terbaik di Bali, yang terletak 2 km dari desa Sekumpul.

Untuk sampai ke air terjun, kamu butuh beberapa usaha dengan perjalanan yang lumayan jauh dengan jalan berbatu, menyeberangi sungai dan mendaki ratusan anak tangga. Namun demikian, itu semua layak akan terbayar oleh pemandangan yang luar biasa super duper awesome banget deh.

Air Terjun  Sekumpul adalah sekumpulan air terjun, atau setidaknya ada tujuh air terjun di sekitar tempat yang sama, semua jatuh pada berbagai ketinggian, besar dan debitnya. Ini benar-benar pengalaman yang menakjubkan dan wajib kalau berlibur ke Bali.

 

Sumber

Bagikan artikel ini ke temanmu.

Comments

comments